iklan

7 Cara Biar Terbiasa Tiba Sempurna Waktu

 merupakan salah satu kebiasaan karyawan sukses 7 Cara Agar Terbiasa Datang Tepat Waktu

Datang sempurna waktu (on time) merupakan salah satu kebiasaan karyawan sukses. Sayangnya, kebiasaan baik ini sulit dimiliki oleh sejumlah karyawan.

Mengapa menyerupai itu? Jawaban yang realistis yaitu alasannya yaitu tiba terlambat sudah menjadi kebiasaan sehingga butuh waktu untuk mengubahnya.

Jika Anda selama ini mempunyai kebiasaan tiba terlambat (baik itu masuk kerja, menghadiri rapat, bertemu orang, dan lain-lain), tujuh cara di bawah ini sanggup membantu Anda tiba sempurna waktu.

1. Pergi 10 menit lebih awal

Cara pertama yaitu pergi 10 menit lebih awal. Untuk menerapkan cara ini, Anda perlu mengevaluasi waktu pergi Anda terlebih dahulu.

Sebagai contoh, bila Anda terlambat tiba masuk kerja pada jam 7 pagi alasannya yaitu Anda pergi dari rumah jam 06:45, maka yang perlu Anda lakukan yaitu pergi dari rumah jam 06:30 (10 menit lebih awal dari biasanya).

2. Catat semua jadwal rapat atau pertemuan

Cara kedua yaitu dengan mencatat semua jadwal rapat atau pertemuan yang Anda miliki di buku harian atau catatan Anda.

Setelah itu, baca buku harian atau catatan itu minimal sekali sehari sehingga membantu Anda mengingat semua jadwal rapat dan pertemuan yang harus Anda hadiri.

Jika Anda tidak mempunyai buku catatan, tulis saja jadwal rapat atau pertemuan di sticky paper yang sanggup ditempelkan di dinding atau komputer Anda.

Anda sanggup juga menuliskannya di papan tulis yang ada di ruang kerja Anda.

3. Buat reminder

Cara lain yaitu dengan menciptakan pengingat (reminder) di telepon genggam cerdik Anda (smartphone) atau laptop kerja Anda.

Terkait laptop kerja, ada pengingat jadwal rapat di lokal area network yang mereka miliki. Pengingat ini akan memberi alert bergantung kepada waktu yang ditetapkan oleh si pembuat jadwal rapat.

Waktunya sanggup 10 menit atau 15 menit dari jadwal rapat.

4. Minta pemberian teman/bawahan untuk mengigatkan

Anda juga sanggup pemberian sahabat Anda untuk mengingatkan jadwal rapat atau pertemuan Anda dengan klien.

Jika Anda seorang atasan yang mempunyai sekretaris atau asisten, Anda sanggup menginstruksikan mereka untuk mengingatkan Anda.

5. Hormati orang lain

Ini yaitu pemahaman yang perlu Anda miliki untuk membiasakan diri tiba sempurna waktu.

Tanamkan di benak Anda bahwa tiba sempurna waktu itu berarti Anda menghormati orang lain, baik itu atasan, bawahan, atau klien baru.

Dengan mempunyai pemahaman ini, Anda akan bergerak lebih cepat daripada biasanya.

6. Prediksi waktu tempuh

Jika rapat atau pertemuan di luar kantor, prediksi waktu tempuh untuk mencapai daerah rapat tersebut.

Jika Anda masih belum tahu alasannya yaitu mungkin daerah rapat itu memang gres Anda kunjungi, cari di Google map lokasinya sehingga Anda sanggup memprediksi waktu yang diharapkan untuk mencapai lokasi tersebut.

Selain itu, Anda juga sanggup meminta informasi waktu tempuh kepada orang yang mengundang Anda. Ini lebih baik alasannya yaitu informasinya jauh lebih akurat.

7. Persiapkan semua peralatan yang mendukung

Ada kalanya penyebab terlambat tiba yaitu tidak siapnya alat-alat pendukung yang Anda perlukan. Sebagai contoh, ketika Anda hendak berangkat kerja, ban kendaraan beroda empat atau ban motor Anda kempes.

Untuk menghindari duduk kasus ini, cek kondisi kendaraan Anda sesaat sesudah Anda bangun. Misalnya, sesudah sholat subuh bagi Anda yang muslim.

Dalam hal rapat atau pertemuan, siapkan peralatan yang Anda perlukan (laporan, alat peraga, atau handout materi) sehari sebelumnya. Kebiasaan ini akan memberi Anda waktu yang cukup bila saja ada peralatan yang belum siap.

Penutup

Datang sempurna waktu merupakan kebiasaan baik yang harus dimiliki oleh setiap karyawan (atau setiap orang). Kebiasaan ini akan membantu Anda lebih sukses, contohnya reputasi baik atau mendapat klien baru.

Jadi, tidak ada salahnya bila Anda menerapkan satu atau lebih dari tujuh cara di atas. (Sumber gambar: Daniel Foster)


Sumber https://www.duniakaryawan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Biar Terbiasa Tiba Sempurna Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel