iklan

3 Jenis Taktik Pemasaran Dan Pola “Lengkap”

AkuntansiLengkap.comJenis Strategi Pemasaran dan Contoh | Supaya produk yang kita hasilkan bisa laku dan mencapai sasaran pemasaran tentu kita harus memperhatikan siapa yang akan kita tuju sebagai pemakai produk kita nantinya.

Strategi pemasaran dalam prakteknya termasuk salah satu tugas marketing. (Baca juga: Komunikasi pemasaran)

Tahukah kamu?

Salah satu cara mencapai sasaran (segmen) pasar yang cukup efektif yakni dengan memakai dasar demografis kependudukan seperti, umur, jenis kelamin, penghasilan daerah, penghasilan keluarga dan sebagainya.

Informasi berikut sangat berkhasiat dalam hal produksi dan distribusi, sebab kita bisa terperinci mem-petakan  bagaimana pangsa pasar produk kita. 

Supaya produk yang kita hasilkan bisa laku dan mencapai sasaran pemasaran tentu kita harus 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”

Jenis Strategi Pemasaran


Assauri (2008 : 163) menyatakan bahwa taktik pemasaran sanggup dibedakan tiga jenis taktik pemasaran yang sanggup ditempuh perusahaan yakni :

1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).

2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).

3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).

Lebih lengkap nya akan diuraikan sebagai berikut :

1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).


Strategi ini menganggap pasar sebagai keseluruhan, jadi perusahaan hanya memperhatikan kebutuhan secara umum. Produk yang dihasilkan dan dipasarkan biasanya hanya satu macam produk saja dan berusaha menarik konsumen dengan satu rencana pemasaran saja.

Contoh pemasaran tanpa membedakan pasar

Produk Coca-Cola yang disukai oleh banyak orang tidak memandang kelas sosialnya. Dengan taktik pemasaran ini tentu akan menghemat biaya, sebab dengan satu jenis aksara produk dan segmen pasar akan mengurangi biaya penyediaan, biaya periklanan, biaya produksi dan bisa mengurangi biaya riset pemasaran dan manajemen produk. 

Baca juga:

  1. 10 Strategi Pemasaran Produk
  2. Tujuan dan Fungsi Strategi Pemasaran Ringkas dan Jelas
  3. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel

2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).


Strategi pemasaran ini melayani kebutuhan beberapa kelompok tertentu dengan satu jenis produk tertentu pula. Makara produsen atau perusahaan menghasilkan produk yang berbeda sesuai dengan segmen pasar.

Dengan kata lain produsen dan perusahaan mengatakan banyak sekali variasi produk yang diubahsuaikan kebutuhan dan cita-cita kelompok pembeli atau konsumen yang berbeda-beda, dengan kegiatan pemasaran yang khusus diperlukan sanggup dicapai tigkat keberhasilan penjualan pada masing-masing segmen tersebut.

Contoh

Perusahaan Coca–Cola yang juga memproduksi Fanta, Sprite, bahkan Lemon Tea. Biaya-biaya yang dikorbankan tersebut antara lain, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya administrasi, biaya promosi, biaya penyimpanan dan biaya-biaya yang lainnya.

Tujuan dari pemasaran ini yakni untuk menambah kepercayaan kelompok konsumen tertentu terhadap suatu produk bervariasi sesuai kebutuhan dan cita-cita konsumen.

3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).


Strategi pemasaran ini yakni dengan mengkhususkan pemasaran produknya ke dalam beberapa segmen pasar dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.

Dalam hal ini produsen menentukan segmen pasar tertentu dan mengatakan produk yang sesuai kebutuhan kelompok konsumen sesuai segmen pasar itu, tentunya lebih spesifik. Makara perusahaan produsen memusatkan perhatian dan seluruh kegiatan akan mengatakan laba yang optimal.

Keuntungan taktik ini yakni perusahaan akan memperoleh posisi yang berpengaruh pada segmen pasar yang dipilih. Karena perusahaan akan lebih fokus dan memiliki pengalaman yang lebih baik dalam melaksanakan pendekatan guna pemenuhan kebutuhan dan cita-cita konsumen.

Kelemahan taktik ini yakni produsen harus waspada terhadap resiko besar apabila hanya tergantung pada satu atau beberapa segmen pasar saja. Karena dikhawatirkan terjadi perubahan kebutuhan (selera) konsumen atau meningkatnya kemampuan daya saing perusahaan lain yang lebih baik.

 

Contoh

Produsen kendaraan beroda empat Lamborgini yang hanya dipasarkan kepada kelompok tertentu saja (orang kaya) yang memiliki selera yang tinggi. Team pemasaran gampang terkonsentrasi untuk mengatakan produknya sebab lebih banyak pengetahuan wacana kebutuhan segmen.

Produsen juga menikmati banyak penghematan operasional menyerupai spesialisasi produksi, distribusi dan promosi. Namun bisa saja menghadapi resiko tinggi sebab perubahan selera konsumen atau dari produsen pesaing lainnya.

Demikianlah pembahasan 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terkait:

  1. 3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”
  2. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  3. Pengertian Sistem Informasi Pemasaran “Jenis dan Manfaat”
  4. Pengertian dan 5 Konsep Strategi Pemasaran
  5. Pengertian, Karakteristik serta Strategi Pemasaran Jasa

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Jenis Taktik Pemasaran Dan Pola “Lengkap”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel