iklan

10 Jangan Ketika Anda Melaksanakan Presentasi

Presentasi yakni sebuah acara berbicara di depan publik  10 Jangan Saat Anda Melakukan Presentasi

Presentasi yakni sebuah acara berbicara di depan publik (banyak orang) atau kalangan terbatas. Tujuannya, memperlihatkan isu atau memengaruhi orang lain.

Contoh presentasi yang memperlihatkan isu yakni presentasi pelaksanaan proyek, sedangkan tumpuan presentasi dengan tujuan memengaruhi orang lain yakni presentasi produk asuransi atau multi level marketing.

Apa pun tujuannya, presentasi Anda ingin berlangsung dengan baik, kan? Untuk membantu Anda mencapai hal tersebut, hindari sepuluh jangan berikut.

1. Jangan tiba terlambat

Jangan tiba terlambat alasannya yakni Anda akan kerepotan mempersiapkan presentasi Anda. Selain itu, penerima juga mungkin akan kecewa alasannya yakni harus menunggu.

Datanglah lebih awal, contohnya 30 menit sebelum presentasi dimulai. Dengan tiba lebih awal, Anda sanggup mengenali tempat, mengetahui latar belakang peserta, dan menyidik semua alat bantu yang hendak digunakan.

2. Jangan membagikan bahan sebelum presentasi

Anda ingin penerima fokus memperhatikan presentasi Anda? Jika ya, salah satu triknya yakni dengan tidak membagikan bahan (handout) sebelum presentasi.

Jika dibagikan sebelum presentasi, penerima akan terfokus membaca bahan daripada mendengarkan presentasi Anda.

3. Jangan gugup

Jangan gugup jika ada hal yang tidak diperkirakan, contohnya lampu mati atau penerima hirau tak acuh. Jika lampu mati, bersikaplah hening alasannya yakni panitia akan bertindak.

Jika penerima hirau tak acuh, alihkan perhatian mereka kepada hal-hal yang menarik atau buatlah humor ringan yang memancing mereka untuk memperhatikan Anda.

4. Jangan membuat humor secara berlebihan

Terkait humor, jangan membuat humor secara berlebihan alasannya yakni akan membuat presentasi Anda menjadi ajang melawak.

Anda sebaiknya mengeluarkan humor jika penerima mulai mengantuk atau lelah.

Selain itu, upayakan humor yang Anda lontarkan ada hubungannya dengan bahan yang sedang dipresentasikan.

5. Jangan bangun kaku menyerupai patung

Saat melaksanakan presentasi, Anda jangan hanya bangun menyerupai patung. Mengapa? Karena bahasa tubuh menyerupai itu memperlihatkan perilaku Anda yang dingin.

Solusinya? Cobalah bergerak dan berjalan, contohnya menghampiri peserta.

6. Jangan memasukkan tangan ke dalam saku celana

Anda sering memasukkan tangan ke dalam saku celana Anda ketika melaksanakan presentasi? Jika ya, mulai kini jangan lakukan lagi.

Memasukkan tangan ke dalam saku celana memperlihatkan perilaku Anda yang tidak erat dan merasa terancam.

7. Jangan menghindari kontak mata

Jangan menghindari kontak mata ketika Anda melaksanakan presentasi. Mengapa? Karena memperlihatkan rasa tidak percaya diri, gugup, dan tidak siap.

Oleh alasannya yakni itu, lakukan kontak mata dengan penerima secara sopan. Ingat, kontak mata sanggup diartikan sebagai perhatian Anda kepada peserta. Selain itu, Anda tidak melulu memperhatikan slide bahan presentasi Anda.

8. Jangan menggerakkan anggota tubuh secara berlebihan

Meskipun Anda sebaiknya tidak mematung, namun jangan menggerakkan anggota tubuh Anda secara berlebihan, contohnya berjingkrak-jingkrak atau menggaruk-garuk kepala.

Ini memperlihatkan bahwa Anda tidak sanggup mengendalikan diri atau tidak menguasai topik presentasi.

9. Jangan menirukan gaya orang lain

Jangan menggandakan gaya orang lain. Jadilah diri sendiri sehingga Anda nyaman, tanpa terbebani harus menyerupai gaya orang lain.

Selain itu, dengan menjadi diri sendiri, Anda akan lebih percaya diri alasannya yakni tahu kelebihan dan kekurangan penampilan Anda.

10. Jangan membungkukkan badan

Jika Anda membungkukkan tubuh ketika melaksanakan presentasi, Anda terkesan tidak berani dan tidak percaya diri.

Oleh alasannya yakni itu, hindari gaya tubuh menyerupai itu. Berdirilah tegak dan posisikan kaki selebar bahu.

Penutup

Dengan menghindari sepuluh jangan di atas, presentasi Anda akan bertambah baik sehingga tujuan presentasi Anda tercapai. Selamat mempraktikannya! (Sumber gambar: Michael Kappel)


Sumber https://www.duniakaryawan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Jangan Ketika Anda Melaksanakan Presentasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel