iklan

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik- Hellow fellas, kalian masih berada di blog penuh ilmu ini. Masih membahas materi Fisika asyik. Siapa di antara kalian yang suka menonton TV? Atau mendengarkan radio? Pernahkan kalian berfikir bagaimana cara kerja radio hingga sanggup terdengar ke pendengar? Atau bagaimana kalian berkomunikasi melalui handphone? Semua piranti di atas memanfatakan gelombang elektromagentik dalam kerjanya. Tahukah kalian apa itu gelombang elektromagnetik? Apa pula itu spektrum elektromagentik? Nah pertemuan kali ini pak guru akan mengupas tuntas pengertian, spektrum gelombang elektromagnetik. Check this out!

 Siapa di antara kalian yang suka menonton TV Spektrum gelombang elektromagnetik


Gelombang elektormagnetik ialah perambatan berpengaruh medan listrik (E) dan berpengaruh medan magnetik (H) yang saling tegak lurus satu sama lain yang tidak lain merupakan perambatan energi berupa radiasi dan tidak memerlukan medium dalam perambatannya dengan kecepatan rambat sebesar c= 3 x 108 m/s (kecepatan cahaya), berupa gelombang transversal.

Adapun spektrum gelombang elektromagnetik ialah jangkauan atau rentang dari semua radiasi gelombang elektromagnetik yang mungkin. Dalam spektrum gelombang elektromagnetik biasanya diungkapkan dalam frekuensi gelombang (f), panjang gelombang (λ) dan tenaga per foton (partikel cahaya). Spektrum ini secara pribadi berkaitan saling berkaitan dan saling tumpah tindih untuk batas antar spektrumnya. Spektrum elektromagnetik sanggup dibagi dalam beberapa tempat yang terentang dari sianr gamma dengan panjang gelombang pendek berenergi tinggi hingga pada gelombang radio engan panjang gelombang sangat panjang. Pembagian ini sesungguhnya tidak begitu terang dan tumbuh dari penggunaan mudah yang secara historis berasal dari aneka macam macam metode deteksi. Dalam mengungkapkan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV), dalam panjang gelombang untuk energi menengah, dan dalam frekuensi untuk energi rendah (λ ≥ 0,5 mm). Manfaat spektrum gelombang elektromagnetik cukup banyak dan sangat vital dalam kehidupan sekarang.

Adapun jenis spektrum gelombang elektromagnetik menyerupai yang diperlihatkan dalam gambar di atas dari frekuensi terendah ke prekuensi tertinggi atau dari panjang gelombang terpanjang hingga panjang gelombang terpendek yakni:
1.    Gelombang radio
Merupakan spektrum gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang terpanjang dan energi radiasi terendah. Skala asumsi panjang gelombangnya ialah bumi atau bangunan/gedung-gedung di bumi. Dapat menembus atmosfer bumi, sehingga biasa dipakai untuk komunikasi via satelit atau komunikasi frekuensi rendah. Biasanya dibangkitkan oleh osilator listrik.
2.    Gelombang mikro
Spektrum gelombang elektromagnetik sehabis gelombang radio dengan skala panjang gelombangnya sesuai dengan ukuran manusia. Tidak sanggup menembus atmosfer bumi. Digunakan juga untuk via komunikasi di atas permukaan bumi.
3.    Radiasi inframerah / infrared
Spketrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya seukuran lubang jarum dan tembus pada lapisan atmosfer.
4.    Gelombang/ cahaya tampak
Merupakan spektrum gelombang elektromagnetik yang sanggup dilihat dengan mata telanjang, dan berkhasiat bagi penglihatan di muka bumi ini. Dimulai dari spekrum cahaya ungu (frekeunsi tertinggi) hingga cahaya merah (frekeunsi terendah). Skala panjang gelombangnya berupa ukuran binatang protozoa. Tembus pada lapisan atmosfer.
5.    Sinar ultraviolet (UV)
Spektrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya berupa ukuran molekul. Tidak tembus lapisan atmosfer.
6.    Sinar X (rontgen)
Spektrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya seukuran dimensi atom. Daya tembus cukup tinggi pada material. Tidak tembus pada lapisan atmosfer. Biasanya dibangkitkan dengan electron dipercepat.
7.    Sinar gamma
Spektrum gelombang elektormagnetik dengan panjang gelombang terendah, energi tertinggi dan daya tembus materi paling besar. Skala ukuran panjang gelombangnya seukuran dimensi inti atom. Muncul pada proses peluruhan dan reaksi pengereman (Bremsrahlung) elektron dalam inti atom.



Bagaimana uraian penjelasannya? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi wacana Spektrum gelombang elektromagentik. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Spektrum Gelombang Elektromagnetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel