iklan

Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer

Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer - Dalam struktur sistem komputer, Sistem Operasi merupakan perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di komputer. Sementara itu software lainnya berada padai lapisan ke dua. Gambar dibawah ini menjelaskan sistem operasi dalam struktur sistem  komputer

Perangkat keras komputer (hardware) yaitu semua bab fisik dari komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan aba-aba untuk perangkat keras dalam menuntaskan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau berbicara mengenai firmware, alasannya yaitu firmware ini yaitu perangkat lunak yang "dibuat" atau di tanam ke dalam perangkat keras.
Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer
Utilities merupakan software yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Utilitas memfokuskan penggunaannya pada optimalisasi fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Fungsi tersebut antara lain backup data, pemulihan sistem atau data, kompresi data, penanganan virus dll.

Aplication programs yaitu perangkat lunak aplikasi yang memanfaatkan kemampuan komputer pribadi untuk melaksanakan tugas-tugas yang diinginkan pengguna. Pengguna sanggup melaksanakan banyak sekali hal dengan komputer menyerupai mengetik, melaksanakan permainan, merancang gambar dll. Beberapa jadwal aplikasi digabung bersama menjadi suatu paket yang disebut paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya yaitu Microsoft Office dan Open Office.org.

Fungsi Sistem Operasi Komputer
Sistem Operasi memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Peranan dan fungsi sistem operasi tersebut antara lain ialah :

1. Sebagai kernel, yaitu jadwal yang secara terus-menerus berjalan (running) selama komputer dijalankan.

2. Sebagai Guardian: yaitu menyediakan kontrol jalan masuk yang melindungi file dan memperlihatkan pengawasan kepada proses pembacaan, penulisan atau sanksi data dan program..

3. Sebagai Gatekeeper: mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang sanggup mereka kerjakan saat telah log dalam sistem.

4. Sebagai Optimizer: Mengefisienkan perangkat keras  komputer sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh pengguna, menjadwal input oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
5. Sebagai Coordinator : menyediakan akomodasi sehingga acara yang kompleks sanggup diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.

6. Sebagai Programm Controller jadwal pengontrol yaitu jadwal yang dipakai untuk mengontrol jadwal aplikasi lainnya.

7. Sebagai Server: untuk menyediakan layanan yang sering diperlukan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, menyerupai prosedur jalan masuk file, akomodasi interupt.

8. Sebagai Accountant: mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.

9. Sebagai interface (antar muka) yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang dekat dan gampang dipakai (User Friendly). Sehingga pengguna tidak dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah

10. Sistem  resources  manager : yaitu sebagai  pengelola  seluruh sumber daya sistem komputer.

11. Sebagai Virtual Machine, yang menyediakan layanan menyerupai menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan akomodasi yang lebih gampang untuk memakai hardware.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peranan Sistem Operasi Dalam Struktur Sistem Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel