iklan

Manfaat Ikan Gabus Untuk Manusia


Manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat fenomenal, hal ini dikarenakan kandungan protein pada ikan ini salah satu yang paling tinggi dibandingkan aneka macam daging ikan lainnya. Ikan gabus banyak terdapat di perairan di Indonesia, lantaran ikan jenis ini lebih banyak hidup di sungai, danau maupun rawa. Sekilas bentuk ikan gabus hampir  mirip dengan ikan lele. Perbedaan yang paling praktis diamati yaitu ikan gabus tidak mempunyai surai atau kumis. Warnanyapun tak segelap ikan lele. Ikan gabus juga sama-sama sanggup bertahan hidup di darat, dalam tempo yang cukup lama, lantaran ikan gabus diketahui sanggup bernafas secara eksklusif dengan udara luar.
Jika ikan gabus ini hidup di sebuah daerah yang kebetulan airnya berkurang sampai cenderung kering, maka sanggup dilihat ikan gabus ini akan membenamkan dirinya ke dalam lumpur daerah itu. Ini sebagai upaya biar sanggup tetap hidup. Tak jarang ikan gabus ini sanggup juga berpindah tempat, terutama di malam hari yang dilakukan dengan cara melompat-lompat di darat.
Banyak sekali manfaat yang sanggup diperoleh dengan mengkonsumsi daging ikan gabus. Kelebihan dan manfaat Ikan gabus yaitu :
1. Pembentukan & Pertumbuhan Otot
Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus sanggup diperoleh 25,2 gram protein. Coba bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan insan lantaran akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh.
2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Daging ikan gabus juga banyak mengandung albumin dalam kadar yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa albumin yaitu salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada badan manusia.
3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika kondisi badan kadar cairan berkurang, maka protein yang masuk dalam badan akan pecah sehingga tak sanggup berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam badan mencapai 60%.
4. Sehat untuk pencernaan
Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan lantaran ikan gabus sangat praktis di cerna. Hal ini lantaran ikan gabus mempunyai protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% sampai 5 % dari total kandungan protein kolagen .
5. Penyembuhan aneka macam penyakit
Dapat membantu proses penyembuhan aneka macam penyakit ibarat penyakit  hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll
6. Memperbaiki gizi buruk
Dapat memperbaiki gizi jelek yang banyak terdapat pada bayi , balita , anak maupun ibu hamil lantaran dalam 100 gr gabus saja sudah sangat cukup memenuhi aneka macam kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.
7. Membantu penyembuhan anak autis
Ikan gabus mempunyai kandungan yang sanggup berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.
8. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi
Ikan gabus sanggup mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi.  Ini lantaran kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus, sehingga secara cepat sanggup membantu proses pembentukan sel  dan jaringan gres pada bab badan yang telah rusak tanggapan proses operasi.
9. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh
Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga sanggup membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh.
10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengonsumsi ikan gabus secara rutin, akan menciptakan badan tidak praktis terjangkit aneka macam penyakit tanggapan perubahan cuaca maupun lantaran faktor lain.
Sumber : www.manfaat.co.id


Sumber http://santikajeng.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Ikan Gabus Untuk Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel