iklan

Macam-Macam Sumber Energi

Macam-macam sumber energi- Berjumpa lagi dalam blog penuh ilmu ini. Masih membahas materi Fisika asyik tentunya. Setelah pertemuan kemarin kita membahas wacana macam-macamenergi, maka pertemuan kali ini Pak Guru akan membahas wacana kelanjutan konsep energi yakni macam-macam sumber energi dan contohnya.

Seperti yang telah kita ketahui energi yaitu suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.

Adapun macam-macam sumber energi yaitu sebagai berikut:
1.      
   Energi Potensial yaitu energi yang tersimpan dalam benda atau objek alasannya yaitu suatu posisi atau ketinggian objek tersebut terhadap pola tertentu, biasanya ketinggian tertentu terhadap permukaan tanah (jadi energi potensial di permukaan tanah dianggap nol). Semakin jauh posisi benda tersebut terhadap permukaan bumi/ tanah, maka energi potensialnya semakin tinggi, begitu pula sebaliknya.
Ep=m.g.h
Dengan Ep= energi potensial (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              g= percepatan gravitasi (m/s2)    
              h= ketinggian (m)
Selain itu energi potensial juga terdapat dalam sistem pegas yang dikenal sebagai energi potensial pegas, sanggup drumuskan:
Epp= ½ kx2
Dengan Epp= energi potensial pegas (joule)
k= konstanta pegas (N/m)
x= pertambahan panjang pegas (m)
Contoh sumber energi ini yaitu energi dalam sistem bendungan, energi dalam gerojokan yang jatuh ke permukaan air, energi dalam buah yang tergantung di pohon, energi yang tersimpan dalam sistem pegas.

2.      Energi Kinetik yaitu energi yang muncul akhir benda tersebut bergerak dengan kecepatan lebih dari nol (jika kecepatannya nol maka energi kientiknya bernilai nol/ hanya mempunyai energy potensial), semakin besar kecepatan suatu objek atau benda, maka energi kinetiknya semakin besar, begitu pula sebaliknya.
Ek=1/2 mv2
Dengan Ek= energi kinetik (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              v= kecepatan (m/s)
Contoh sumber energi ini yaitu energi yang dihasilkan dari turbin bergerak, generator dalam sepeda, energi dalam kincir angina alasannya yaitu digerakkan oleh angin.

3.      Energi Listrik yaitu energi yang muncul akhir interaksi muatan listrik dalam jarak tertentu maupun magnetik dalam konsep elektromagnetik.
W=V q2
Dengan k= konstanta (9x109 N/C2m2)
q1= muatan satu (C)
q2= muatan dua (C)
r= jarak antara dua muatan
V= beda potensial (volt)
Contoh sumber energi ini yaitu energi yang tersimpan dalam kapasitor dan inductor, energi dari gelombang elektromagnetik yang dipcancarkan oleh matahari.

4.      Energi Panas/ kalor yaitu energi yang dihasilkan dari pemanasan suatu benda yang nantinya dalam menggerakkan suatu sistem atau melaksanakan perjuangan dalam konsep termodinamika, biasanya berupa energi dalam U.
Contoh sumber energi ini yaitu energi panas dari matahari, pemanasan pada benda

5.      Energi Cahaya yaitu energi yang dihasilkan berupa kuatnya intensitas cahaya yang dihasilkan dari perubahan energi tertentu.
Contoh dari sumber energi ini yaitu energi dari matahari, nyala lampu

Nah setiap energi di atas sanggup merubah menajdi bentuk energi yang lain dengan memenuhi aturan kekekalan energi.



Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi wacana macam-macam sumber energi. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Sumber Energi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel