iklan

Cara Menggabungkan Fungsi If Dan Vlookup Microsoft Excel

Fungsi IF yaitu salah satu rumus excel yang berfungsi sebagai rumus kebijaksanaan / untuk memilih suatu perkiraan tertentu. Contoh sederhananya kita asumsikan sebuah pernyataan "Jika anak berusia 4 tahun, maka disebut "Balita" (0 - 5 tahun), dan jikalau bukan 4 tahun "bukan balita". Dari pernyataan tersebut, maka rumus IF yang sanggup dibentuk yaitu =IF(cellX;"Balita";"bukan balita"). Cell x yaitu nilai yang diketahui untuk suatu argumen.

Lalu bagaimana cara memakai Rumus VLOOKUP ? Fungsi rumus ini hampir sama dengan fungsi IF. Perbedaannya yaitu dalam memakai rumus VLOOKUP dihentikan memakai dasar angka / nilai yang sama. Karena jikalau dasar angka / nilai sama maka hasil yang didapat yaitu suatu data hasil yang terakhir.

Berikut pola rumus VLOOKUP yang sanggup anda terapkan, termasuk kemungkinan yang terjadi jikalau tidak terdapat data yang ada :

Pada pola tersebut diatas terdapat suatu data yang berisi Nama, ID, Tanggal Lahir dan No KTP. Dari tabel tersebut kita asumsikan sebagai data master. Dan untuk memudahkan saya berikan pola rumus yang terlihat di bawah tabel tersebut, dimana saya beri tanda dengan warna kuning, hijau dan merah muda.

Berikut klarifikasi rumus yang saya berikan dari masing-masing warna :
1. Rumus yang saya beri warna kuning yaitu untuk mencari NO ID dari Agus, sehingga rumus yang dipakai yaitu : =VLOOKUP(B11;$B$4:$F$7;2). Dimana
 menyatakan no urut kolom yang tercantum pada tabel bab no ID.

2. Rumus yang saya beri warna Hijau yaitu untuk mencari Tanggal Lahir dari Tono, sehingga rumus yang dipakai yaitu : =VLOOKUP(B11;$B$4:$F$7;3). Dimana angka tiga menyatakan no urut yang tercantum pada tabel bab tanggal lahir.

3. Rumus yang saya beri warna Merah Muda yaitu mengatakan hasil yang tidak sesuai alasannya yaitu nama Dedi tidak terdapat dalam data. Lalu mengapa tetap mendapat hasil ? Karena pada rumus VLOOKUP jikalau tidak terdapat nilai yang sama pada sumber data, maka akan memakai data terakhir yang ada.

Oleh alasannya yaitu itu, kita sanggup memakai fungsi IF sebagai rumus yang sanggup membantu untuk menuntaskan dilema tersebut yaitu :

Cara Menggabungkan Fungsi IF dan VLOOKUP



Dengan mengetahui dasar rumus IF dan VLOOKUP yang telah saya jelaskan sebelumnya, maka untuk menuntaskan permasalahan hasil yang tidak sesuai dengan sumber data maka hal perlu anda lakukan yaitu memakai rumus IF dan VLOOKUP menjadi satu.

Pada gambar diatas terdapat dua tabel dimana tabel sebelah kiri sebagai data sumber dan sebelah kanan yaitu rumus IF dan VLOOKUP yang digunakan.
1. Buat data master pada Sheet lain yang saya beri nama DATA.
2. Gunakan Sheet lain (HASIL) sebagai tabel dalam memilih rumus IF dan VLOOKUP. Untuk rumus yang sanggup anda gunakan yaitu =IF(B3=VLOOKUP(B3;DATA!$B$3:$E$6;1);VLOOKUP(B3;DATA!$B$3:$E$6;4);"Cek Nama") ibarat yang saya beri highlight kuning.
Dan bila diperhatikan jikalau anda memasukan nama Dedi maka hasil yang didapat yaitu "Cek Nama".

Dan jikalau anda telah memahami penggunaan rumus vlookup, maka anda juga sanggup mempelajari bagaimana cara Mengganti Table Array dengan Define Name pada excel yang merupakan bab dari rumus vlookup. atau sering disebut sebagai tabel array.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggabungkan Fungsi If Dan Vlookup Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel