iklan

Belajar Merakit Pc Sendiri

Bagaimana sih cara mencar ilmu merakit PC (personal computer) sendiri ? Untuk sanggup merakit PC intinya ada dua kondisi :
1. Anda belum mempunyai PC.
2. Anda sudah mempunyai PC.

Dengan dua kondisi ini sesungguhnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bab / hardware dalam satu unit pc, dimana ada :
a. Motherboard
b. RAM
c. Processor dan kipas pendingin
d. Hard disk
e. CD-Rom / DVD-Rom (optional)
f. Power Supply
g. Casing CPU
h. Keyboard
i. Mouse
j. Monitor

Lalu bagaimana jikalau kita ingin mencar ilmu Cara Merakit PC sendiri ?
Berdasarkan pengalaman langsung aku mencar ilmu merakit dimulai dengan memisahkan bab / hardware dari PC yang aku miliki.
Dimana teknisnya yaitu dengan cara menyiapkan kertas, label stiker (jika ada) dan pena. Tentunya anda akan bertanya, untuk apa fungsi kertas, label stiker dan pena ? alat tulis itu akan aku tulis sebagai nomor urut atas komponen dari bab CPU.

Jika diurutkan untuk membuka CPU :
1. Buka baut sisi casing CPU
2. Pisahkan kabel yang menghubungkan antara Harddisk ke Mainboard.
3. Pisahkan kabel yang menghubungkan antara CD-Rom ke Mainboard.
4. Pisahkan kabel power supply yang terhubung ke :
a. Mainboard.
Biasanya ada dua soket / jack yang terhubung ke mainboard, jack yang bersahabat dengan processor (kabel warna kuning) dan jack dengan jumlah 20 pin.
b. Pisahkan Harddisk dan CDRom / DVDRom dan kabel yang berisi 4 pin (2 hitam, merah, dan kuning) yang terhubung ke harddisk.
5. Pisahkan Power Supply dengan Casing CPU.
Tujuannya yaitu untuk memudahkan memisahkan Mainboard dari casing CPU.
6. Pisahkan kabel power, reset Casing CPU yang melekat ke Mainboard. Beri tanda mana pin (kabel power, reset, lampu led dan kabel speaker). Bila perlu gunakan pinjaman kamera untuk melihat letak penempatan masing-masing kabel.
7. Pisahkan Mainboard dari casing CPU.
8. Pisahkan Kipas Processor, dengan cara memutar sesuai arah yang ada pada dudukan kipas processor tersebut. Selanjutnya lihat bab belakang mainboard. Disana terdapat plastik yang berbentuk kerucut. Dorong plastik tersebut dengan menguncupkan kerucut supaya sanggup terpisah dari mainboard.
9. Pisahkan Processor dari socket mainboard dengan menggeser kawat sebagai pin processor.

Dari 9 langkah tersebut, anda telah memisahkan semua bab CPU. Jangan lupa setiap langkah beri nomor urut pada kertas yang telah disediakan. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pemasangan kembali CPU yang anda miliki.

Untuk memasang / merakit kembali CPU, anda sanggup melaksanakan langkah yang dimulai dari nomor simpulan ke nomor awal. Cara ini yang aku gunakan untuk mencar ilmu merakit CPU sendiri. Jika anda ragu, dampingi dengan sobat yang mengerti dalam merakit CPU.

Setelah anda memasang kembali, biasanya ada tampilan untuk melaksanakan setting BIOS. Anda tidak perlu panik, alasannya yaitu anda sanggup masuk ke bios sesuai perintah yang di layar monitor anda. Biasanya dengan notifikasi untuk menekan tombol F2, Del atau ESC. Notifikasi ini hanya sebagai perubahan dalam hal tanggal dan waktu.
Semoga mencar ilmu merakit CPU ini sanggup bermanfaat bagi anda.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Merakit Pc Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel