iklan

6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui

 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui 6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui

ayoksinau.com – Eksposisi merupakan sebuah teks yang di pelajari pada pelajaran bahasa Indonesia yang berisi wacana isu penting dan suatu pengetahuan yang memuat secara singkat, padat dan jelas.

            Teks ekposisi bertujuan untuk memaparkan atau menjelaskan mengenai isu penting yang berada dalam teks yang di sajikan yang mempunyai kegunaan untuk menambah wawasan atau pengetahuan seseorang. Ada beberapa yang harus di perhatikan ketika menciptakan teks ekposisi yang benar, yaitu unsur kebahasaan dan struktur teks eksposisi.

            Teks eksposisi mempunyai beberapa unsur kebahasaan yang bisa membangun sebuah teks menjadi lebih lugas dan terang untuk di baca dan di pahami. Berikut kebahasaan yang terkandung dalam teks ekposisi.

  • Promina di sebut juga dengan kata ganti yang mempunyai kegunaan untuk mengganti nomina atau frasa nomina. Promina mempunyai 2 macam, yaitu.
  • Promina pesona, ada pesona tunggal dan pesona jamak. Yang termasuk dalam pesona tunggal contohnya ialah “dia, anda, kamu, aku, saudara”. Yang termasuk dalam promina jamak contohnya ialah “ mereka, kami, kalian” dan masih banyak lagi
  • Promina non pesona ialah sebuah kata ganti bukan orang atau tidak menawarkan seseorang, contohnya ialah “ ini, itu, sana, sini”
  • Nomina merupakan kata ganti benda yang mengacu pada suatu benda yang konkret atau benda yang kasat mata, terdapat dua macam nomina yang pertama yaitu nomina dasar menyerupai gambar, meja, rumah, bangku dan lain-lain sedangkan pada nomina turunan menyerupai perbuatan, pembelian, kekuatan, kelemahan.
  • Verba atau sering di sebut dengan kata kerja ialah suatu kata yang mengandung makna perbuatan, proses, atau keadaan atau suatu tragedi yang bukan termasuk dalam sifat.
  • Adjektive ialah kata sifat, dimana kata yang mengandung wacana sifat menyerupai bagus, baik, cantik, tampan, luas, lebar, dingin, hangat, istimewa, dan masih banyak lagi.
  • Adverbia atau kata keterangan ialah suatu kata yang mempunyai kegunaan untuk melengkapi suatu isu pada teks, contohnya keterangan waktu, keterangan tempat, keterangan suasana.
  • Konjungsi ialah kata gabung yang mempunyai kegunaan untuk menggabungkan kata satu dengan kata yang lainnya, ada beberapa macam konjungsi contohnya konjungsi waktu, tempat, tujuan dan masih banyak lagi.

Membuat teks ekposisi memanglah sangat gampang untuk di lakukan, tetapi masih ada beberapa orang yang merasa kebingungan dalam menciptakan atau menyusun teks ekposisi. Berikut akan di sajikan struktur teks ekposisi yang bisa di jadikan panduan ketika menciptakan teks eksposisi.

  • Yang pertama dalam teks struktur teks ekposisi ialah pernyataan pendapat, disini berisi wacana pernyataan pendapat dari penulis.
  • Argumentasi ialah bab yang berisi wacana apa alasan penulis menciptakan teks eksposisi.
  • Penegasan ulang pendapat ialah berada pada bab final teks yang berisi mengenai penegasan dari pendapat penulis yang di tuangkan dalam teks eksposisi.

Untuk menciptakan teks eksposisi yang baik dan benar seorang penulis harus benar-benar memperhatikan struktur teks ekposisi biar suatu teks yang di bangkit sanggup di pahami dan di mengerti oleh pembaca.

Demikian inforomsi penting mengenai 6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui, semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Struktur Teks Ekposisi Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel