iklan

Uji Kualitas Mikrobiologi Air Menurut Nilai Most Probable Number (Mpn) Coliform

Uji Kualitas Mikrobiologi Air Berdasarkan Nilai Most Probable Number  Uji Kualitas Mikrobiologi Air Berdasarkan Nilai Most Probable Number (MPN) Coliform

Tujuan: 
Praktikum ini bertujuan untuk mendeteksi adanya basil c0l1form dalam sampel air minum 

Alat: 
  1. Botol pola steril 
  2. Cawan Petri steril 
  3. Pipet ukur 10 ml dan 1 ml steril 
  4. Pembakar Bunsen 
  5. Inkubator 
  6. Mikroskop 
  7. Tabung reaksi 
  8. Tabung Durham
  9. Vortex mixer 
  10. Timbangan, Mortal dan pengerus 

Bahan: 
  1. Sampel air minum 
  2. Aquades steril 
  3. Media laktosa broth  steril 
  4. Media Briliant Green Bile Lactose Broth) 
  5. Media EMB (Eosin Methylene Blue Agar) dan EA (sudah steril) 
  6. Alkohol 
  7. Kapas, karet, korek api 
Langkah  Kerja: 

1. Uji Penduga 
  • Sediakan 100 ml sampel air minum yang akan diperiksa. Siapkan juga 3 buah tabung reaksi berisi 9 ml aquadessteril dan 9 buah tabung reaksi berisi tabung durham terbalik yang telah diisi 3 ml media Lactose Broth. 
  • Secara aseptic, inokulasikan 1 ml sampel air minum ke dalam tabung reaksi berisi 9 ml aquades steril kemudian kocoklah tabung tersebut sehingga diperoleh pengenceran sebesar 10-1. 
  • Lakukan pengenceran dengan cara yang sama sehingga diperoleh pengenceran 10-2 dan 10-3. 
  • Siapkan 9 tabung rekasi berisi media Lactose Broth dengan aba-aba A1, A2, A3, B1, B2, B3, C1, C2, dan C3. Masukkan 1 ml sampel dengan pengenceran 10-1 ke dalam tabung A1, A2, A3. Masukkan 1 ml sampel dengan pengenceran 10-2 kedalam tabung B1, B2, dan B3. Masukkan 1 ml sampel dengan pengenceran 103 kedalam tabung C1, C2, dan C3. 
  • Inkubasi semua tabung reaksi pada suhu 370C selama 1 x 24 jam. Jika timbul gas dalam tabung durham, maka uji dilanjutkan ke uji penegasan. Jika tidak ada gas, inkubasi lagi selama 1 x 24 jam. Jika tetap tidak ditemukangas pada tabung durham, maka sampel air minum tersebut tidak perlu dilanjutkan sebab tidak terdapat basil c0l1form didalam sampel tersebut. 
2. Uji Penegasan 
  • Lakukan pros inokulasi air minum yang menghasilkan gas pada tes pendugaan. Cara kerja pada uji penegasan, sama ibarat cara kerja pada uji penduga. Namun pada uji ini, media yang dipakai yaitu BGLBB (Brilliant Green Lactose Bile Broth).
  • Inkubasi semua tabung  dalam incubator pada suhu 440C selama 1 x 24 jam. Jika terdapat gas pada tabung durham, berarti dalam sampel air minum ini mengandung basil Coliform fekal. Jika tidak ditemukan gas dalam tabung durham, lanjutkan inkubasi hingga 2 x 24 jam. Untuk mengetahui nilai MPN basil c0l1form yang terkandung dalam sampel air minum tersebut, kita sanggup menghitungnya memakai rumus dan table MPN. Selain itu, tabung yang kasatmata c0l1form fekal kita gores dalam media EMBA di uji kepastian. 
3. Uji Kepastian 
  • Ambillah  1 ml sampel air minum yang kasatmata c0l1form pada pengenceran 10-1, 10-2, dan 10-3. Lalu ambil satu lop biakan tersebut  dan goreskan pada media EMBA memakai jarum ose. 
  • Inkubasi pada suhu 370 Cselama 1 x 24 jam atau 2 x 24 jam.  
  • Perhatikan koloni basil yang tumbuh pada pemukaan medium 

Sumber http://gudangbukusekolah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Uji Kualitas Mikrobiologi Air Menurut Nilai Most Probable Number (Mpn) Coliform"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel