iklan

Tahap Awal, Tahap Paling Sulit Memulai Usaha

Memulai memang menjadi sesuatu yang menyulitkan. Sebab, memulai yaitu sesuatu yang dilakukan semenjak awal yang  akan penuh perjuangan. Setiap hal yang dimulai dari awal, terasa sulit. Termasuk dikala memulai bisnis, Anda niscaya akan gundah bagaimana cara memulai usaha dari nol sampai berkembang sampai besar.


Namun, bila kita bisa melewati tahap awal, berani mengambil risiko semenjak awal maka untuk selanjutnya akan terasa gampang bagi kita. Dalam membangun sebuah bisnis ditahap awal akan sangat menyulitkan, bila Anda tidak mempunyai mental sekeras baja maka Anda akan tersingkir dari persaingan bisnis yang begitu ketat.


Banyak pebisnis pemula yang tidak bisa menghadapi tantangan di tahap awal, pada hasilnya mereka harus mengalah dan tidak berani lagi untuk memulai kembali. Padahal pebisnis sukses selalu berpesan kepada para pengusaha pemula bahwa, “kegagalan yaitu jalan untuk menuju kesuksesan.” Ketika kita gagal sekali, kita harus mencoba kembali sampai jatah gagal yang kita miliki habis. Setelah jatah gagal Anda habis, maka jalan Anda menuju kesuksesan berada di depan mata.


Membangun atau memulai usaha yaitu salah satu cara yang cukup sulit bagi orang-orang yang tidak tahan banting. Tidak ada entrepreneur yang sukses hanya dalam satu kali percobaan, kesuksesan mereka dapati sehabis berulang-ulang kali mengalami kegagalan.


Bagaimana cara memulai sebuah bisnis biar Anda bisa bertahandan Anda bisa menikmati hasil yang sudah Anda harapkan selama ini. Apa saja yang harus Anda awali untuk memulai bisnis. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan.


Cara Memulai Usaha


Modal Utama Bukan Materi Tapi Cara Berpikir


Banyak orang yang menganggap bahwa modal utama dalam sebuah bisnis yaitu materi berupa uang. Dengan uang Anda bisa melaksanakan sesuatu dengan gampang ibarat membangun daerah usaha, membeli materi baku produk, dan membayar orang untuk menciptakan produk yang Anda inginkan.


Padahal cara memulai usaha yang pertama kali harus Anda lakukan yaitu dengan mempunyai sebuah contoh pikir sebagai pengusaha, bukan sekedar modal materi. Meskipun Anda mempunyai modal materi, namun Anda tidak mempunyai mindset sebagai seorang pengusaha, maka usaha yang Anda dirikan akan sangat sulit berkembang.


Umumnya para pengusaha yang berhasil, yaitu mereka yang sudah mempunyai visi semenjak awal untuk jangka pendek, menengah, dan juga jangka panjang. Tanpa adanya misi, maka akan sangat sulit mereka menjalankan usaha tersebut.


Apa yang Akan Anda Jual


Setelah Anda mempunyai suatu mindset, maka saatnya Anda berpikir apa yang akan Anda jual dan Anda tawarkan kepada calon-calon konsumen dan bagaimana cara Anda menunjukkan produk yang akan Anda jual tersebut kepada calon konsumen.


Ketika Anda memulai bisnis maka cara memulai bisnis yang paling sempurna untuk dilakukan yaitu dengan mengetahui produk atau jasa apa yang ingin Anda jual. Kepada siapa produk atau jasa tersebut akan Anda jual.


Disinilah jiwa sales Anda akan diuji. Karena memulai usaha yaitu menjadi sales untuk produk Anda sendiri. Sehingga bagi Anda yang benci dunia sales, sangat sulit untuk mendirikan usaha yang harus melaksanakan penjualan. Pola pikir ini harus Anda rubah, biar bisa menjadi seorang pengusaha yang handal.


Miliki Ide yang Unik


Selanjutnya, Anda harus mempunyai wangsit bisnis yang unik. Keunikan inilah yang menjadi pembeda produk Anda dengan produk lain. Memang sulit untuk menjadi pembeda, hal yang paling penting bisa Anda lakukan biar mempunyai nilai pembeda yaitu dengan melaksanakan banyak penemuan dengan bisnis yang ingin Anda jalankan.


Dengan sentuhan penemuan dan kreatifitas, maka itu Anda akan mempunyai pembeda dari kompetitor. Cara inilah yang akan menggiring Anda untuk bisa menuju kesuksesan yang selama ini Anda inginkan.


Buatlah Bussiness Plan


Sangat jarang Anda menemukan para pengusaha pemula yang mendirikan bisnis dengan bussiness plan. Padahal memulai usaha yang paling efektif yaitu dengan mempunyai bussiness plan. Dengan adanya bussiness plan, maka Anda akan mempunyai rencana yang ingin Anda capai dari usaha milik Anda.


Cara menciptakan bussinees plan cukup mudah, Anda harus memilih apa saja yang ingin Anda kerjakan, berapa usang harus dikerjakan, berapa biaya yang dikeluarkan, dan siapa pasar potensial yang ingin Anda sasar dengan bisnis Anda ini.


Model Pemasaran


Setelah semua itu sudah ada dibenak Anda, maka sudah saatnya Anda mencari model pemasaran yang paling sempurna dengan bisnis yang ingin Anda lakukan. Disinilah yang cukup sulit, alasannya yaitu Anda harus mengatur bagaimana manajemen pemasaran yang akan Anda lakukan biar bisnis Anda bisa dengan gampang dikenal luas oleh para konsumen yang Anda sasar.


Model pemasaran dikala ini yang paling sempurna untuk melaksanakan pemasaran usaha yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial sampai dikala ini masih dikenal sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk memasarkan segala jenis usaha. Anda bisa mencoba memasarkan usaha yang ingin Anda jalankan memakai media sosial.


Selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan blog atau situs untuk memasarkan usaha milik Anda. Peran internet dikala ini cukup vital. Seperti halnya, restoran-restoran gres yang sekarang sukses pada awal kemunculannya memanfaatkan media sosial.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahap Awal, Tahap Paling Sulit Memulai Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel