iklan

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat


Sampai jumpa kembali dengan Sedulurtani.com, pada pertemuan kali ini Admin ingin menyebarkan warta tentang, syarat tumbuh tumbuhan kentang yang tepat.


Umbi kentang merupakan salah satu umbi sayur yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya kentang mempunyai nilai hemat yang tinggi dan juga banyak digemari oleh masyarakat kita.


Dalam melaksanakan budidaya kentang, pastinya ada yang disebut dengan teknis-teknis budidaya. Dimana teknis budidaya ini bertujuan untuk mendapat produksi yang maksimal dengan  mutu produk yang baik.


Baca juga : Faktor-Faktor Penting dalam Pemeliharaan Tanaman Kentang


Teknis budidaya yang utama untuk tumbuhan kentang, yaitu memilih syarat tumbuhnya.


Hal tersebut dikarenakan apabila kentang ditanam pada tempat yang sesui dengan syarat tumbuhnya, maka akan sanggup menghindari kerugian akhir ketidaksesuaian lingkungan.


Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat


Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat


Berikut ini ialah faktor-faktor ekologi tanah dan iklim yang perlu diperhatikan untuk budidaya umbi kentang.

1. Tanah

Dalam pertumbuhanya tanaman kentang menghendaki tanah yang subur dan gembur serta drainase yang baik.


Kentang akan tumbuh dengan baik pada tanah-tanah lempung berpasir, lempung, lempung liat berpasir ataupun tanah gambut dengan kedalaman sekitar 60cm.


Tanaman kentang sanggup hidup pada pH 4,5- 8, akan tetapi pH yang optimum untuk pertumbuhan tumbuhan ini yaitu pH 5- 6,5. Sedangkan pada pH dibawah 5 tumbuhan kentang akan menghasilkan mutu yang kurang baik dan gampang terjangkit penyakit kudis.


Budidaya tumbuhan kentang sebaiknya jagan dilakukan pada tanah-tanah berat menyerupai halnya tanah liat. Jika hal tersebut dilakukan maka akan sanggup mensugesti bentuk umbinya menjadi tidak normal.


Untuk perkecambahan umbi kentang sangat dipengaruhi oleh suhu tanah. Dimana suhu optimum untuk perkecambahan umbi kentang, yaitu sekitar 22oC.


Apabila suhu dibawah 12oC maka pertumbuhanya akan sangat lambat, sebaliknya kalau suhu diatas 22oC maka pertumbuhanya juga akan mengalami hambatan.


Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat


2. Iklim

Di Indonesia tumbuhan kentang banyak diusahakan di dataran tinggi paling tidak 500 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi ketinggian optimum untuk pertumbuhan tumbuhan kentang antara 1000-2000 meter diatas permukaan laut.


Pada ketinggian yang identik dengan kondisi sub tropis tersebut tumbuhan kentang akan tumbuh dan berproduksi secara optimum pada suhu harian 16-18oC.


Selain itu, pembentukan umbi kentang sangat dipengaruhi oleh suhu dimalam hari. Dimana suhu yang terlalu tinggi akan menjadikan pembentukan umbinya menurun.


Sebaliknya suhu yang tinggi ini justru akan menciptakan pertumbuhan menyerupai daun, cabang, dan stolon meningkat.


Suhu yang dikehendaki untuk pembentukan umbi di siang hari yaitu 17-22oC, sedangkan pada waktu malam hari 6-12oC.


Tidak hanya suhu, inisiasi pembentukan umbi kentang juga dipengaruhi oleh fotoperiodesitas.


Pada tempat yang mempunyai hari panjang pembentukan umbi juga masih sanggup berjalan pada suhu 20oC, akan tetapi optimumnya tetap pada suhu 12oC.


Kebutuhan air tumbuhan kentang berkisar antara 500-700 mm selama masa pertumbuhanya. Selain itu, intensitas cahaya yang tinggi, N dalam jumlah rendah, suhu malam rendah, dan fotoperiodesitas juga sanggup mendukung dan mempercepat pembentukan umbi kentang.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat. Semoga sanggup bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya diFacebook.



Sumber https://www.sedulurtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel