iklan

Peran Akuntansi Yang Begitu Krusial Pada Bisnis Dan Ukm

Membicarakan perihal bisnis, tentunya akan berbicara mengenai akuntansi. Bisnis dan akuntansi yakni kedua hal yang tidak sanggup dipisahkan. Sebuah bisnis membutuhkan tugas akuntansi untuk mengelola bisnis semoga sanggup lebih berkembang dan maju. Bisnis tanpa akuntansi, sudah niscaya tidak akan sanggup berjalan.


Secara tidak eksklusif akuntansi bukan sekedar data-data yang berisi mengenai angka-angka saja. Lebih luas dari itu, akuntansi mempunyai fungsi yang penting pada setiap bisnis. Bahkan ada yang menyampaikan kalau akuntansi merupakan bahasa bisnis. Berarti tanpa akuntansi, bisnis tidak sanggup berkata-kata. Dengan kata lain, bisnis tidak akan sanggup berjalan tanpa akuntansi.


Bisnis skala besar sampai bisnis skala kecil selalu membutuhkan akuntansi di dalamnya. Bahkan, ada yang menyampaikan dalam mengatur keuangan rumah tangga saja diharapkan ilmu akuntansi. Wow, segitu pentingnya kah akuntansi dalam kehidupan sehari-hari?


Mengapa akuntansi begitu penting? Pertanyaan itu secara tidak eksklusif selalu muncul di benak Anda. Tanpa disadari banyak orang yang dalam hidup sehari-hari telah mengaplikasikan ilmu akuntansi. Hal-hal berkaitan dengan perhitungan keuangan sehari-sehari termasuk dalam tugas akuntansi.


Mengapa Akuntansi Penting?                


Jika kita menelisik pada pengertian akuntansi yang diberikan oleh American Accounting Association (AAA), akuntansi yakni suatu proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan gosip mengenai keadaan ekonomi. Hasil laporan tersebut akan menjadi suatu materi untuk pengambilan keputusan.


Sehingga sanggup kita definisikan mengapa akuntansi penting bagi kehidupan sehari-hari, hal ini sebab dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membutuhkan dan berinteraksi dengan uang. Uang yang kita miliki harus sanggup kita kelola dengan bijak, dan sanggup mencukupi beberapa cita-cita yang kita butuhkan dalam periode tertentu.


Agar kehidupan keuangan sehari-hari sanggup teratur, terarah, dan juga mempunyai tujuan maka perencanaan keuangan yang Anda jalankan pun harus sebaik-baik mungkin. Disinilah akuntansi berperan dalam kehidupan.


Namun kita tidak membahas hal tersebut lebih jauh, sebab kita hanya akan membahas tugas dari akuntansi untuk bisnis dan UKM yang sangat vital. Sebagai pemilik bisnis dan UKM Anda wajib mempelajari mengenai akuntansi untuk kelangsungan berjalannya bisnis dan UKM Anda.


Melihat Pentingnya Peran Akuntansi Pada Bisnis dan UKM


Saat Anda mendirikan UKM, mungkin pelajaran dasar yang harus Anda pelajari selain seni administrasi pemasaran yakni akuntansi. Karena akuntansi ini yang akan menciptakan Anda akan mengambil keputusan apa yang sanggup Anda ambil untuk bisnis Anda.


Untuk melihat fungsinya, akuntansi sering dipakai untuk dua tugas sekaligus dalam menjalankan bisnis. Pertama akuntansi manajemen dan kedua akuntansi keuangan. Keduanya haruslah sinkron diterapkan.


Peran Akuntansi dalam Manajemen


Dalam manajemen, terdapat sekitar empat tugas dari akuntansi itu sendiri. Keempat tugas tersebut harus dijalankan untuk mendapat hasil yang tepat dalam mengelola sebuah bisnis dan perjuangan milik Anda.


Menjalankan Manajemen Biaya


Peran dari akuntansi yang pertama yakni mengatur segala macam jenis biaya yang ada. Uang yang dimiliki dalam bisnis dan perjuangan harus dijalankan dengan baik, dan terarah. Terutama untuk mengatur bagaimana produk atau jasa yang kita berikan kepada konsumen sanggup berkualitas meskipun dengan biaya yang terbatas.


Sebagai Pengendalian Manajemen


Sebagai alat pengendali jalannya administrasi usaha, akuntansi berperan sebagai sistem untuk mendongkrak tugas dari SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada semoga memaksimalkan kinerja mereka. Dalam UKM peran accounting sangat dibutuhkan, bagaimana semoga UKM sanggup terus berjalan semoga kepentingan dan tujuan dari bisnis dan UKM sanggup dijalankan dengan baik.


Sebagai alat Informasi


Kehadiran akuntansi dalam bisnis dan UKM dipakai untuk alat gosip yang sanggup dipakai sebagai alat kepentingan bagi pemilik, investor, dan para pegawainya. Mereka akan selalu menimbulkan akuntansi sebagai alat untuk bertukar pikiran mengenai kondisi yang terjadi dari bisnis yang mereka kelola.


Sebagai alat Analisis


Dalam administrasi akuntansi berfungsi sebagai alat analisis. Analisis dipakai menurut dari laporan keuangan yang ada. Laporan harus dibentuk sesuai dengan data dan transaksi yang terjadi dalam periode tertentudan diserahkan kepada pihak internal yang berkepentingan.


Dalam Keuangan Bisnis dan UKM


Selain sebagai alat manajemen, akuntansi berperan dalam keuangan. Karena akuntansi memang lebih condong terhadap kasus keuangan yang ada pada bisnis dan UKM. Keuangan merupakan kasus yang krusial dalam setiap bisnis.


Sebagai Alat Pengontrol dan Pengendali


Akuntansi berperan untuk mengontrol setiap gosip yang berkaitan dengan keuangan. Hal ini berkaitan dengan apakah bisnis dan UKM mendapat laba atau tidak dalam periode tertentu.


Selain itu, akuntansi keuangan juga berperan sebagai alat untuk pengendali apakah para konsumen dan vendor membayar dengan tepat waktu, dan pihak administrasi pun sanggup mengetahui berapa jumlah transaksi yang terjadi setiap harinya.


Sebagai Alat Pengambilan Keputusan


Dengan adanya laporan keuangan yang menurut jurnal keuangan harian, dan dikala jurnal tersebut sudah menjadi sebuah laporan maka akan menjadi alat pengambil keputusan. Perusahaan-perusahaan besar, selalu menimbulkan akuntansi sebagai sumber pengambil banyak keputusan. Hal ini sanggup menjadi rujukan bagi pengusaha UKM untuk mulai menerapkan akuntansi sebagai pilar pengambil keputusan dalam mengembangan usaha.


Peran Akuntansi Sebagai Alat Informasi Pihak Ketiga


Mungkin tugas dari akuntansi yang disebutkan di atas sangat kuat pada administrasi internal saja. Baik itu pemilik usaha, karyawan, dan pihak-pihak penting yang hanya ada di dalam perusahaan atau bisnis tersebut.


Tetapi hal yang jarang diketahui, bahwa akuntansi mempunyai tugas yang cukup krusial dipakai sebagai alat gosip pada pihak eksternal. Salah satunya sebagai alat penghubung dengan pihak pajak.


Peran akuntansi inilah yang jarang diketahui oleh pemilik usaha. Sebagian besar dari mereka selalu gusar dikala mendapat surat dari kantor pajak. Padahal, apa yang perlu dilaporkan kepada pihak pajak, sanggup dipersiapkan jauh-jauh hari.


Salah satu cara yang sanggup Anda lakukan yakni dengan derma software akuntansi. Memang cukup sulit menemukan software akuntansi yang sanggup terintegrasi dengan sistem pajak di Indonesia, sebab sebagian besar software akuntansi yakni milik asing.


Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada satu software akuntansi yang banyak direkomendasikan untuk para pemilik bisnis dan UKM yang gundah dengan kasus perpajakan. Anda sanggup memakai Accurate Online (AOL) sebagai agenda akuntansi pada bisnis dan UKM milik Anda. AOL sudah terintegrasi dengan sistem perpajakan di Indonesia sehingga Anda pun tidak perlu kuatir dikala harus menciptakan laporan pajak untuk perjuangan Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peran Akuntansi Yang Begitu Krusial Pada Bisnis Dan Ukm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel