iklan

Mengukur Kinerja Komputer

Pernah merasa bingung, komputer anda berjalan lambat tapi tidak tahu apa yang harus di upgrade? Jangan khawatir, jikalau anda memakai sistem operasi Windows 7 anda sanggup mengakses sajian Performance information and Tools pada control panel (start->control panel->performance information and tools).

Berikut tampilannya :


 komputer anda berjalan lambat tapi tidak tahu apa yang harus di upgrade Mengukur kinerja komputer


Seperti terlihat pada gambar, sajian “performance information and tools” akan menampilkan informasi mengenai nilai kinerja dari komputer dan sajian untuk melaksanakan adaptasi supaya kinerja komputer maksimal. Pada panel utama (sebelah kanan) berisi rincian informasi kinerja dari komponen hardware yakni : Processor, RAM, Graphics (VGA), Gaming Graphics (jika ada) dan Harddisk. Masing-masing komponen ini akan diberi nilai dengan skala dari 1.0-7.9. Nilai ini disebut sebagai “Windows Experience Index”.


Windows Experience Index (WEI) sanggup dipakai oleh user untuk melaksanakan penyesuaian/pengaturan penggunaan software. Misalnya nilai WEI grafik dengan nilai lebih besar atau sama dengan 3, maka fitur aero dari Win7 sanggup di aktifkan .Sebaliknya jikalau nilai WEI nya dibawah 3 fitur aero Win7 tidak sanggup dijalankan. Nilai WEI sanggup juga dipakai untuk memilih komponen apa yang perlu diupgrade dari komputer.


Pada sajian sebelah kiri panel, terdapat link untuk melaksanakan penyesuaian. Misalnya jikalau kita mempunyai nilai WEI yang rendah, maka kita sanggup melaksanakan adaptasi contohnya dengan mengklik sajian adjust visual effect (nilai WEI graphics rendah) atau adjust indexing option (nilai WEI processor rendah).


Ada dua tipe evaluasi WEI yakni subscore yaitu merupakan nilai untuk masing-masing komponen dari komputer tersebut yakni processor, memory, grafik (2D, 3D) dan harddisk. Kemudian satu lagi yakni basescore, yakni nilai WEI terendah dari subscore yang ada. Misalnya pada gambar diatas (nilai WEI laptop saya) nilai basescore nya yakni 5.9 yang merupakan nilai WEI terendah dari semua komponen subscore pada komputer aku yakni nilai WEI untuk harddisk.


Nah, gak galau lagi kan apa yang harus di upgrade jikalau mengalami duduk perkara lemot dengan komputernya? punya tips yang menarik mengenai kinerja komputer? silahkan isi komentar dibawah.



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengukur Kinerja Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel