iklan

Manfaat Jagung Bagus Bagi Kesehatan Dan Kandungan Gizinya

Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya


Sedulurtani.com Jagung manis merupakan salah satu komoditas pertanian yang begitu terkenal dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan jagung manis mempunyai rasa yang berbeda dari jagung biasa yaitu anggun dan lezat.


Baca juga : Klasifikasi dan Mofologi Lengkap Tanaman Jagung Manis


Jagung anggun biasa dihidangkan dan dijual dalam bentuk jagung bakar, jagung rebus, bahkan baru-baru ini dibentuk jasuke (jagung susu keju) yang rasanya bikin ketagihan setiap penikmatnya.


Dibalik rasanya yang anggun dan yummy ternyata jagung manis mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


Pada kesempatan kali ini, Sedulurtani.com ingin menyebarkan gosip terkait manfaat jagung anggun bagi kesehatan dan kandungan gizinya.


Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya
Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya


Sebelum Anda mengetahui manfaat dari jagung manis, akan lebih baik bila anda tahu terlebih dahulu kandungan gizi dari jagung manis.


Berikut ini ialah tabel komposisi kimiawi per 100 g biji jagung anggun :


Komposisi Kimiawi per 100 g Biji Jagung Manis






















































































































































SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)86,004,00
Karbohidrat (g)18,7014,00
Protein (g)3,276,00
Lemak total (g)1,357,00
Serat (g)2,005,00
Folat (µg)42,0010,50
Niasin (mg)1,77011,00
Asam Pantotenat (mg)0,71714,00
Piridoksin (mg)0,0937,00
Riboflavin (mg)0,0554,00
Tiamin (mg)0,15513,00
Vitamin A (IU)187,006,00
Vitamin C (mg)6,8011,00
Vitamin E (mg)0,07< 1,00
Vitamin K (µg)0,302,00
Natrium (mg)15,001,00
Kalium (mg)270,006,00
Kalsium (mg)2,00< 1,00
Besi (mg)0,526,50
Magnesium (mg)37,009,00
Magan (mg)0,6137,00
Seng (mg)0,464,00
Tembaga (mg)0,0546,00
Selenium (µg)0,601,00
Β-karoten (µg)47,00
α-karoten (µg)16,00
Β-kriptosantin (µg)115,00
Lutein-zaesantin (µg)644,00

Sumber. USDA National Nutrient Data Base.


Berikut ini ialah manfaat dari jagung anggun bagi kesehatan badan kita :


1. Mencegah Diabetes


Menurut Profesor dari University of Phillipphines Los Banos, Dr. Artemio Salazar yang dilansir dari Asia journal mengungkapkan hal menarik perihal jagung yang termasuk juga jagung manis. Beliau menyebutkan bahwa jagung bisa menjadi masakan pokok yang baik bagi penderita diabetes.


Hal tersebut dikarenakan jagung mempunyai kandungan amilosa yang tinggi daripada beras. Serat jagung anggun akan lebih lambat dicerna oleh badan manusia, sehingga gula darah dalam badan akan lebih terkontrol.


2. Menyehatkan Jantung


Tahukan anda bahwa mengonsumsi jagung manis bermanfaat didalam menyehatkan jantung. Pasalnya jagung manis kaya akan folat atau yang dikenal sebagai Vitamin B9. Dimana Vitamin ini berfungsi untuk menurunkan asam amino dalam pembuluh darah.


Naiknya asam amino tersebut sanggup mengakibatkan problem pada pembuluh darah yang lalu akan mengakibatkan problem pada jantung. Selain itu, jagung anggun juga mengandung kolesterol baik yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.


Oleh lantaran itu, mengkonsumsi jagung anggun secara rutin akan sanggup menyehatkan jantung dan juga mengurangi resiko serangan jantung.


3. Mengatasi Anemia


Anemia merupakan salah satu penyakit yang secara umum disebabkan lantaran kekurangan zat besi. Akan tetapi selain kekurangan zat besi sanggup juga disebabkan lantaran kekurangan Vitamin B12, folat, maupun mineral.


Untuk membantu mencegah atau mengatasi anemia disarankan semoga Anda mengonsumsi jagung anggun lantaran mengandung Vitamin B12 dan juga folat yang akan membantu zat besi membentuk sel darah merah dalam tubuh.


4. Sebagai Antioksidan


Jagung anggun merupakan sumber antioksidan fenolik, flavonoid, dan asam ferulat yang baik. Dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa asam ferulat berperan penting untuk mencegah kanker, peradangan pada manusia, dan penuaan.


Vitamin C yang dibantu oleh protein yang terkandung pada jagung anggun mempunyai fungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga berfungsi mencegah demam dan juga flu.


Oleh lantaran itu, sering mengkonsumsi jagung manis sanggup menjadi antioksidan bagi badan kita semoga tidak gampang terjangkit penyakit.


5. Bermanfaat Untuk Masa Kehamilan


Pada masa kehamilan perempuan begitu membutuhkan kandungan asam folat untuk menjaga kesehatan bayi yang berada didalam kandungan. Bagi anda yang sedang hamil dianjurkan mengonsumsi jagung manis, dimana jagung manis mengandung asam folat yang cukup tinggi.


Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung manis mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi. Ada juga Vitamin B yang terkandung dalam jagung berperan untuk membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem syaraf dan tulang belakang bayi.


6. Menyehatkan Tulang dan Gigi


Jagung manis mempunyai kandungan magnesium dan fospat yang berfungsi untuk menyehatkan tulang. Dimana magnesium mempunyai perananan penting bagi tulang yang mana berkontribusi untuk kepadatan dan membangun kembali pertumbuhan tulang.


Selain itu, berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa fospor dalam bentuk fosfat, sanggup membangun dan memperkuat gigi dan tulang dengan meningkatkan massa mineralnya.


7. Meredakan Kolesterol


Jika Anda mempunyai kolesterol yang tinggi, maka Anda sanggup menambahakan jagung anggun sebagai sajian harian untuk dikonsumsi. Dengan sering mengkonsumsi jagung anggun akan bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam badan Anda.


Jagung manis mengandung Vitamin C, karotenoid, dan bioflafonoid yang sanggup membantu badan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.


8. Pencegah kanker


Sering mengkonsumsi jagung anggun akan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh, menyerupai halnya mencegah badan kita dari terjadinya kanker.


Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jagung manis mengandung pytonutriens yang mempunyai fungsi sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker.


Dalam jagung anggun juga terdapat kandungan senyawa fenolik yaitu asma ferolic yang terbukti efektif dalam melawan tumor payudara dan juga hati.


9. Menyehatkan Pencernaan


Jagung anggun mengandung banyak nutrisi yang salah satunya bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan. Jika Anda mau mengkonsumsi secara teratur maka akan membawa dampak positif yang luar biasa bagi keshatan badan anda, terutama untuk akses pencernaan.


Jagung manis mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya wasir ataupun sembelit.


Baca juga :



Sekian artikel tentang, Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya. Semoga sanggup bermanfaat bagi anda.

Follow juga Facebook aku di Facebook



Sumber https://www.sedulurtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Jagung Bagus Bagi Kesehatan Dan Kandungan Gizinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel