iklan

✔ Kiprah Dan Pekerjaan Karyawan Di Indomaret Lengkap!

Apa saja kiprah dan pekerjaan karyawan di indomaret dibagi berdasarkan jabatan dari masing-masing personil baik itu kasir kemudian pramuniaga kemudian MD ataupun kepala toko dan supervisor yang ada di dalam toko tersebut.Dalam artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap apa saja jobdesk mereka biar anda mengerti.

Sebenarnya untuk kiprah dan pekerjaan mereka sudah dibagi-bagi berdasarkan jabatan masing-masing.Tetapi pada kenyataan dan realitasnya tidaklah se simple itu.Apalagi kalau dalam hari itu ada anggota yang tidak masuk,kerja akan menumpuk dan biasanya kerja petugas akan lebih capek dan melelahkan.



Pekerjaan dan Tugas Dari Karyawan Indomaret Berdasarkan jabatan Masing-Masing




Apa saja kiprah dan pekerjaan karyawan di indomaret dibagi berdasarkan jabatan dari masing ✔ Tugas dan Pekerjaan karyawan di Indomaret Lengkap!



Apakah kerja di ondomaret berat dan capek? bersama-sama tidak,jika antar sesama personilnya saling kerjasama dan tidak ada yang inginya menang sendiri.Hal tercela ini sangat sering terjadi terutama untuk mereka yang mempunyai jabatan lebih tinggi dan lebih senior.

Masih ada dan banyak para senior yang mempunyai tanggung jawab besar,dimana mereka tidak memakai senioritas mereka sebagai alat untuk menindas para ingusan dan anak gres di sana.Jika anda berminat mendaftar kerja di indomaret,silahkan fahami beberapa hal penting dibawah ini biar anda jauh lebih faham san mengerti :


Apa saja jabatan yang ada di Indomaret?


Dalam satu toko indomart,terbagi dari beberapa posisi jabatan yang berbeda dengan kiprah yang berbeda-beda pula.berikut saya urutkan mulai dari yang paling tinggi kedudukanya hingga yang paling bawah :

  1. Manager toko
  2. Supervisor toko
  3. Kepala toko
  4. Asisten kepala toko
  5. MD ( marchentdaisher )
  6. Kasir toko
  7. Pramuniaga toko


Ini ialah pembagian posisi yang ada di toko tersebut.Seperti yang saya katakan sebelumnya,tanggung jawab dari masing-masing posisi ini juga berbeda.Silahkan lanjutkan membaca untuk klarifikasi lebih rinci.


Tugasnya Pramuniaga apa?


Pembahasan pertama ialah pramuniaga atau lebih dikenal dengan istilah " pramu " saja.Anda yang mungkin ingin melamar untuk posisi ini tidak perlu takut dan gengsi.Walaupun ini merupakan posisi paling awal,tetapi kenyataanya mereka-mereka para pramu ialah UJUNG TOMBAK dari sebuah toko.

Kenapa sanggup menyerupai itu? ini berkaitan dengan tanggung jawab yang mereka emban.Bisa dibilang sangat banyak,tetapi tidak seberat yang anda bayangkan kalau anda melakukanya dengan penuh tanggung jawab.

Kemudian,jobdesk mereka apa saja? kurang lebih menyerupai berikut :
  1. Kebersihan toko ( teras,halaman,kamar mandi,ruang utama,gudang )
  2. Kelengkapan alat promosi ( pernah lihat baliho-baliho atau papan promosi di depan toko,itu yang masang pramunya )
  3. Menukarkan uang recehan untuk kembalian kasir
  4. Kebersihan rak-rak produk yang ada di dalam ( biasanya ini dibagi-bagi )
  5. Membantu kasir ketika pembeli membludak
  6. Mengasawai pembeli ( pencegahan terhadap maling barang )
  7. Melayani pembeli
  8. Mengecek produk expired atau kadaluarsa


Ya TUHAN,kok berbagai mas? memang banyak,itu saja belum semuanya.Tetapi menyerupai yang saya katakan sebelumnya,anda tidak perlu khawatir,karena selain pekerjaan itu ada beberapa yang dibagi,para senior niscaya akan membantu anda kalau memang nasib anda baik.


Tugasnya kasir apa?


Posisi yang lebih banyak didominasi didominasi wanita ini jobdesknya memang terlihat ringan dan tidak capek.Tapi tanggung jawab mereka sangat besar khususnya wacana selisih uang yang terjadi ketika perhitungan di final sift.

Makara ketika pergantian shift,personil pada sshift sebelumnya akan menghitung jumlah uang yang ada dan dicocokan dengan jumlah barang yang terjual.Jika terjadi uang kurang disana,kasirlah yang bertanggung jawab menggantinya ( tapi biasanya mereka patungan ) sebagai bentuk kerjasama.

Selain itu,jobdesk mereka sebagai berikut :
  1. Menawarkan promosi yang berlangsung kepada pembeli ( wajib )
  2. Menjaga kebersihan area kasir
  3. Meneliti uang untuk mencegah uang palsu masuk
  4. Bertanggung jawab atas selisish uang ( menyerupai yang sudah saya jelaskan diatas )
  5. Rokok biasanya juga diserahkan ke kasir tanggung jawabnya
  6. Harus ramah kepada pembeli


Memang kalau dilihat sekilas,kerjanya cuma bangun saja di meja kasiran,tetapi nyatanya tidaklah semudah dan seenak itu.Untuk anda calon kasir,tidak perlu khawatir,biasanya anda ialah orang yang paling disayang di sebuah toko ( kalau personil lainya pria ) hehe.Jadi ketika anda kesulitan,pramunya dan MDnya akan membantu kok.


Tugasnya MD apa?


MD ialah jabatan yang diperoleh ketika anda diangkat menjadi karyawan tetap.Jika anda diangkat karyawan tetap,secara otomatis anda akan menjabat sebagai MD.Bisa dibilang,ini meruapakan posisi awal untuk mereka pada kartap.

Jobdesk mereka antara lain :
  1. Bertanggung jawab pada shift dimana mereka masuk ketika itu ( kalau ada problem apapun entah itu shift pagi,siang,malam ) orang pertama yang akan dicari kepala toko dan supervisor ialah MDnya.
  2. Menggantikan personil lainya ketika mereka istirahat shift
  3. Membantu personel lain ketika keteteran


Saya berani katakan kalau posisi ini kerjanya tidak berat,tetapi tanggung jawabnya sangat besar.Pokoknya kalau ada problem apapun itu,anda para MD,siap-siap sanggup ceramah komplemen dari supervisor atau bahkan meneger anda,hehe.


Tuganya tangan kanan kepala toko apa?


Saat anda menjadi MD,lambat laun anda akan diangkat ke posisi yang lebih tinggi yaitu tangan kanan kepala toko.Dari namanya saja tentunya anda sudah ada sedikit citra ya,intinya posisi ini sebagai pengganti kepala toko kalau orangnya sedang tidak ada.

Untuk jobdesknya kurang lebih menyerupai ini :
  1. Pengganti rapat kepala toko kalau orangnya tidak sanggup hadir
  2. Penanggung jawab brangkas toko ( orang kedua sehabis kepala toko )


Posisi ini lebih sedikit yummy dari pada posisi sebelum-sebelumnya.Tetapi lagi-lagi,merekalah yang mempunyai tanggung jawab besar,khususnya ketika ada masalah.Anda para tangan kanan kepala toko harus siap tubuh kalau kepala toko anda tidak ada.


Tugasnya kepala toko apa?


Sebenarnya sanggup dikatakan kalau posisi ini merupakan posisi paling tinggi di toko ( di toko saja,bukan keseluruhan perusahaan ) alasannya ialah diatasnya masih ada supervisornya dan yang lainya.Untuk jobdesknya ialah :
  1. Membuat agenda shift personil
  2. Membuat agenda libur personil
  3. Mengatur cuti personil
  4. Menjaga sasaran penjualan toko
  5. Meminimalisir NKL toko


Didalam sebuah toko,posisi ini mungkin yang kerjanya paling yummy ( dalam artian segi fisik ) tidak capek.Tapi sangat pusing memikirkan terget-terget yang diberikan.Anda jangan salah,di masing-masing toko dibebankan TERGET penjualan yang harus tercapai lohh.Jadi kalau tidak terget,kepala toko yang bakal kena kepret supervisor.


Tugasnya supervisor apa?


Ini ialah salah satu orang yang mungkin mempunyai wewenang untuk memarahi kepala toko.Jadi kalau anda ada problem denga kepala toko atau senior yang lain,adukan saja ke mereka yang berada di posisi ini,hehe.

Untuk jobdesknya sangat banyak dan saya tidak sanggup sebutkan semua disini.Intinya,satu orang supervisor mempunyai tanggung jawab setidaknya 5 hingga 10 toko.Yaa,jika kepala toko ialah ketua dari 1 toko,maka supervisor ialah ketua dari 5 hingga 10 kepala toko ( tergantung pembagian dari pusatnya ).


Tugasnya manager apa?


Secara sederhana,satu orang manager biasanya memegang 3 hingga 5 supervisor.Silahkan anda hitung sendiri,jika satu supervisor saja memegang 5 hingga 10 toko,lah ini manager bertanggung jawab atas 3 hingga 5 supervisor.

Lebih jelasnya lagi,jobdesk 1 orang manager ialah memegang tanggung jawab hingga 50 toko,dimana dibawah mereka ada posisi suprvisor,dibawah suprvsor ada kpala toko,dan seterusnya.Dan mungkin artikel berikut juga sanggup sedikit membantu anda :

Silahkan Baca :


- Tips biar diterima kerja dan lolos tes di indomart


- Cara melamar kerja di alfamart


- Cara menjadi karyawan tetap di indomart


Saya harap dengan sedikit klarifikasi diatas,anda ada sedikit citra mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk masing-masing posisi yang ada di sebuah toko.Jika ada yang ingin ditanyakan,silahkan tanyakan lewat komentar.

Demikian pembahasan mengenai kiprah dan apa yang harus dikerjakan oleh karyawan atau personil indomaret.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Kiprah Dan Pekerjaan Karyawan Di Indomaret Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel