iklan

Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bab Ii )

Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki pecahan I : Cara Jitu Budidaya Ikan Mas Koki…


PENDEDERAN


Cara budidaya ikan mas koki selanjutnya ialah pendederan. Pendederan merupakan suatu aktivitas pemeliharaan bibit ikan yang bertujuan untuk mendapat bibit dengan ukuran tertentu. Pendederan ini menghasilkan bibit ikan mas koki yang siap ditebarkan ke kolam pembesaran.


Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki pecahan I  Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki  ( Bagian II )
Tahap Pendederan

Padat tebar benih


Pengaturan kepadatan tebar benih sanggup diatur dengan memperhatikan besar kecilnya benih. Semakin besar benih maka semakin kecil kepadatan tebarnya. Misal kalau bibit berumur 60 hari maka kepadatan sekitar 70 – 100 ikan/m2


Pemberian pakan


Awal pendederan sampai umur 40 hari sumbangan pakan ikan mas koki masih didominasi oleh mrutu atau moina sp serta cacing sutera (tubifek). Setelah lebih dari 40 hari, pakan ikan mas koki sanggup memakai pakan buatan. Karena pakan alami terkadang cukup sulit didapatkan dan harganya pun cukup mahal. Pemilihan pakan buatan usahakan mengandung protein minimal 40%.


Artikel terkait ikan mas : Ternak Ikan Mas Metode Pembenihan Dengan Lahan 1000 M


Ransum yang diharapkan ikan mas koki yang berumur dibawah 1 tahun ialah 2-5% berat tubuh harian. Sedangkan untuk ikan mas koki yang diatas 1 tahun, kebutuhan ransumnya ialah 1-3% berat tubuh harian.


Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki pecahan I  Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki  ( Bagian II )
Aneka Pakan Ikan Mas Koki

Seleksi


Tujuan dari seleksi ini ialah untuk mengelompokan ikan mas koki menurut kualitas serta menurut bentuk tubuh, warna, kualitas ekor dan sebagainya. Pada seleksi awal, dikelompokan ikan mas koki menurut bentuk ekornya. Benih dengan ekor mirip ikan karper (sentit) atau benih yang nyaris tak berekor, sebaiknya disingkirkan (diafkir). Sebab, ikan tersebut tidak laris di jual atau mempunyai nilai jual sangat rendah. Seleksi ialah cara budidaya ikan mas koki yang harus dilakukan untuk mendapat hasil yang baik.


Setelah seleksi ekor, dilanjutkan seleksi sirip ekor. Seleksi awal sanggup dilakukan dengan cara menjaring benih ikan mas koki memakai jaring yang halus atau lubang jaringnya kecil. Langkah selanjutnya, masukkan benih ikan mas koki tersebut kedalam sebuah mangkuk berwarna putih yang berisi air. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses penyeleksian. Penyelesian tahap awal ini dilakukan ketika benih ikan mas koki berumur 10 hari.


Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki pecahan I  Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki  ( Bagian II )
Proses Seleksi

Seleksi tahap kedua. Seleksi ini dilakukan sewaktu benih berusia tiga minggu. Ketika usianya 3 minggu, benih mempunyai ukuran sepanjang 2 cm. Tujuan dari seleksi kedua ini sama dengan seleksi awal. Setelah ikan mas koki berusia 1 bulan maka tubuhnya sudah mulai terbentuk dan ibarat induknya. Sewaktu ikan mas koki berusia 40-60 hari, warna hitam pada tubuhnya (melanophore) perlahan-lahan akan beruba atau berganti menjadi kuning (xantophore) dan juga berkembang menjadi merah (erythrophore).


Seleksi ketiga. Seleksi ini dilakukan sesudah ikan mas koki berusia 2-3 bulan. Seleksi ini bertujuan untuk mengafkir ikan mas koki yang berwarna putih polos. Tahap ini juga mempunyai tujuan untuk menyeleksi calon indukan yang berkualitas.


Hama dan penyakit


Seperti ikan air tawar lainnya, ikan mas koki juga sanggup terjangkit oleh hama dan penyakit. Hama pada budidaya ikan mas koki ini biasanya ialah anak capung (cekrutu), sundep dan kutu air. Waspadalah terhadap predator atau pemangsa ikan lainya. Misal, burung, ular dan kucing.


Penyakit pada budidaya ikan mas koki biasanya disebabkan oleh parasit, basil dan jamur.


Parasit merupakan suatu kelompok organisme yang tumbuh dan berkembang biak dengan cara menghisap masakan dari makhluk yang di tumpanginya. Penyakit yang disebabkan oleh benalu ialah penyakit bintik putih. Penyakit ini biasanya menyerang benih ikan mas koki yang sedang berusia 1 sampai 6 minggu. Adapun tanda-tanda yang timbul akhir serangan benalu ini ialah munculnya bintik-bintik putih pada sirip, lapisan kulit badan, lapisan insang dan pergerakan (berenang) abnormal atau tidak normal. Penyakit ini sanggup ditanggulangi dengan menawarkan roxin. Untuk takaran serta hukum pakai sudah tertera pada kemasan masing-masing obat.


Artikel ikan mas lainnya : Bisnis Budidaya Ikan Mas Dengan 8 Unit Keramba Jaring Apung, Untung Besar !!!


Bakteri merupakan suatu kelompok organisme mikroskopik yang disebut juga mikroorganisme yang mempunyai membran inti sel. Bakteri yang biasanya menyerang ikan mas koki ialah basil aeromonas sp Dan pseudomonas sp. Bagian yang diserang oleh basil ini ialah dada, pangkal sirip dan perut yang disertai dengan pendarahan.


Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki pecahan I  Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki  ( Bagian II )
Tubuh Ikan Terkena Penyakit

Gejala yang muncul akhir serangan basil ini yaitu lendir pada tubuh ikan berkurang, tubuh terasa agresif kalau di raba atau di pegang. Hal ini sanggup diatasi dengan menawarkan kalium permanganate (pk), chloromycetin dan oxytetracyklin. Untuk sumbangan chloromycetin, Anda sanggup mencampurkannya ke dalam pakan ikan mas koki dengan takaran 1,2 gram/kg pakan.


Ciri-ciri ikan mas koki yang terjangkit jamur yaitu terdapat luka di pecahan tubuh terutama pada sirip, pecahan punggung dan tutup insang. Pencegahan dilakukan dengan cara selalu menjaga kualitas air sesuai kebutuhan ikan.


PEMBESARAN


Pembesaran ialah cara budidaya ikan mas koki selanjutnya. Pembesaran ialah penebaran benih ikan ke kawasan yang lebih besar atau kolam yang lebih luas. Hal ini bertujuan supaya pergerakan ikan mas koki menjadi lebih leluasa. Yang paling penting dalam pembesaran ikan mas koki ialah intensitas sumbangan pakan. Dengan sumbangan pakan yang teratur sebanyak 2 sampai 5 kali sehari maka pertumbuhan dan perkembangan ikan mas sanggup optimal.  Untuk menjaga kualitas air dan menghindari serangan hama dan penyakit, lakukanlah pengurasan air kolam setiap 7 sampai 10 hari sekali.


PANEN


Cara budidaya ikan mas koki selanjutnya ialah proses pemanenan. Dalam memanen ikan mas koki dari kolam pembesaran, biasanya dilakukan dengan cara panen total. Umur dilakukan pemanenan pada ketika ikan mas koki berumur 3 – 4 bulan. Dengan berat kisaran 400 – 600 gram/ekor. Cara melaksanakan panen total ialah dengan cara mengeringkan kolam. Sisakan air dengan ketinggian 10 – 20 cm. Lakukan pemanenan pada pagi hari. Hindari pemanenan pada ketika terik matahari. Gunakan waring atau scoopnet halus untuk menangkap ikan. Lakukan dengan hati – hati biar ikan tidak terluka.


Sumber gambar : nevada goldfish, jualikankoki,aquariummaskoki,jendelahewan


 


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bab Ii )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel