8 Pertanyaan Yang Sering Terlontarkan Dalam Memilih Taktik Pemasaran
Anda merasa bahwa penjualan produk yang Anda ciptakan tidak signifikan. Meskipun bisnis yang sudah Anda jalankan telah cukup lama. Kira-kira apa yang menjadi hambatan dalam bisnis yang telah Anda jalankan ini. Apakah Anda sudah melaksanakan aneka macam penilaian terhadap langkah-langkah bisnis yang telah Anda jalankan? Bagaimana dengan seni administrasi pemasaran yang sudah Anda terapkan, apakah telah efektif dan sesuai dengan sasaran?
Strategi marketing yaitu salah satu hal yang paling fundamental dan harus dilakukan penilaian ketika terdapat kesalahan dalam pemasaran. Dan sebagai contoh dasar, ketika penjualan produk semakin menurun. Sebagai pemilik usaha, Anda harus kembali memutar otak untuk sanggup melaksanakan seni administrasi gres demi meningkatkan volume penjualan, ketika penjualan mengalami penurunan.
Strategi yang dijalankan harus selalu di evaluasi. Baik itu secara mingguan, bulanan, maupun tahunan. Anda harus selalu meracik strategi-strategi baru demi mendapat seni administrasi yang sempurna dan benar-benar efektif untuk meningkatkan penjualan.
Marketing yaitu pada jadinya bagaimana produk sanggup laris dan konsumen puas dengan produk yang Anda jual. Jangan sampai, produk hanya laris di pasaran, tetapi konsumen Anda tidak puas dengan produk yang Anda berikan. Hal inilah yang penting dijalankan oleh para marketer.
Pertanyaan apa saja yang harus Anda jawab sebagai seni administrasi marketing yang efektif demi mendongkrak penjualan produk Anda. Berikut beberapa pertanyaan yang sering terlontarkan dan sering terabaikan.
Sudah Kenalkah Anda Dengan Konsumen Anda?
Pertanyaan ini harus sanggup dijawab oleh setiap pebisnis yang sedang mengalami penurunan penjualan. Sudah benarkah seni administrasi pemasaran yang dilakukan, apakah konsumen yang Anda sasar sudah tepat. Dan Anda sudah mengenali aksara konsumen.
Mengenali aksara konsumen merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh pebisnis. Dengan begitu Anda mengetahui produk menyerupai apa yang diinginkan oleh konsumen. Banyak pebisnis yang tidak sanggup mengenali konsumennya, sehingga produk yang mereka jual pun tidak sempurna sasaran, sehingga tidak mendorong peningkatan penjualan.
Apa Tujuan Bisnis Anda?
Setiap bisnis harus mempunyai tujuan. Tanpa ada tujuan, maka bisnis tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Mungkin pada awalnya berdiri, Anda sanggup menjual produk hingga ratusan item dalam beberapa bulan. Tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama.
Apa yang salah disini? Bisa saja hal ini terjadi disebabkan oleh kesalahan Anda dalam menetapakan tujuan bisnis dan seni administrasi pemasaran. Tujuan hampir sama dengan sasaran yang ingin Anda capai. Dengan sasaran tersebut, maka Anda sanggup melihat apa yang sudah Anda lakukan. Apakah hal tersebut sempurna dilakukan untuk bisnis Anda atau hal itu malah menjadi boomerang bagi bisnis Anda.
Sudah Tepatkah Promosi yang Dilakukan?
Promosi yaitu hal yang paling penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Promosi apa yang selama ini sudah Anda lakukan bersama tim. Apakah promosi tersebut sudah dilakukan dengan sempurna atau malah tidak sempurna sama sekali.
Cara paling gampang melihat apakah promosi yang dilakukan sudah sempurna atau belum, dengan adanya feedback ketika melaksanakan promosi. Apakah feedback yang diberikan konsumen kepada produk kita sudah sesuai atau malah tidak sesuai sama sekali.
Bagaimana melaksanakan promosi yang tepat? Saat ini promosi dengan menunjukkan produk secara pribadi dan hanya mengatakan isu mengenai keunggulan produk yang dijual kepada konsumen sudah tidak tepat. Anda harus sanggup mengatakan suatu produk yang memang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap produk tersebut.
Saat ini, pemasaran yang hanya mengatakan keunggulan produk sudah tidak lagi diminati oleh masyarakat. Strategi pemasaran yang sempurna dalam promosi yaitu dengan melaksanakan promosi secara halus dan natural.
Bahkan, dengan berkembangnya internet ketika ini. Produsen dan agen lebih menentukan untuk melaksanakan promosi melalui media sosial, blogging, dan video melalui kanal Youtube. Cara inilah yang ketika ini terbilang efektif sebagai salah satu seni administrasi pemasaran yang sempurna untuk mendapat kepuasan terhadap konsumen.
Harga Menentukan Kualitas
Harga merupakan hal krusial dari suatu produk. Jangan hingga Anda memasang harga hanya untuk mendapat laba belaka. Tetapi tidak memikirkan apakah konsumen yang Anda sasar sangat cocok dengan harga yang Anda berikan. Harga harus menjadi sebuah representasi dari produk yang Anda jual.
Jika Anda memasang harga cukup tinggi, namun kualitas produk yang diberikan tidak sesuai dengan harga tersebut maka sanggup mengakibatkan konsumen meninggalkan produk milik Anda. Mereka akan beralih kepada produk pesaing yang harga sesuai dengan kualitas yang diberikan.
Bagaimana Pelayanan yang Anda Berikan?
Selain harga, konsumen juga sering melihat suatu produk dari pelayanan yang diberikan. Pelayanan merupakan salah satu kepingan dari seni administrasi pemasaran, dengan pelayanan yang baik, akan menciptakan konsumen puas. Hal tersebut akan menciptakan konsumen selalu mencari produk Anda, dan mereka akan selalu berkunjung ke toko Anda bila Anda berjualan dengan offline, atau mereka juga akan mencari Anda melalui layanan online bila tersedia.
Siapa Pesaing Anda?
Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak hanya konsumen yang Anda kenali. Anda juga harus mengenali siapa pesaing Anda. Dengan mengenali pesaing Anda, maka Anda sanggup menerapkan seni administrasi pemasaran yang lebih baik dibandingkan oleh pesaing yaitu, menentukan harga yang sesuai, dan meningkatkan kualitas produk. Berikanlah satu fitur pembeda yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Sehingga Anda sanggup menarik konsumen untuk lebih menentukan produk yang Anda miliki.
Sudahkah Anda Memanfaatkan Teknologi Untuk Pemasaran?
Penggunaan teknologi dalam bisnis sangatlah penting. Di kurun internet menyerupai ini, para pebisnis sudah melihat peluang yang begitu besar dengan marketing online. Bahkan perusahaan besar pun jadinya menentukan penjualan online untuk sanggup menjangkau konsumen lebih luas lagi.
Dengan sistem online, Anda sanggup menjangkau konsumen lebih jauh lagi dan tidak mengenal batas geografis. Mungkin selama ini agen atau reseller produk Anda tidak sanggup menjangkau konsumen yang jauh dipelosok, tetapi dengan adanya internet konsumen yang berada jauh secara geografis sanggup Anda jangkau. Inilah salah satu laba yang sanggup Anda raih dari menerapkan seni administrasi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi.
Sudahkah Anda Menjalin Hubungan Dengan Konsumen?
Apakah selama ini Anda hanya menjual produk, tanpa harus mengetahui siapa pelanggan Anda, apa pekerjaan dia, berapa nomor handphonenya, dan apakah ia mempunyai email? Jika belum maka inilah kesalahan besar yang Anda lakukan.
Dalam marketing, mempertahankan pelanggan usang yaitu hal yang sulit. Dengan kurun teknologi, tentunya untuk menjalin hubungan dengan konsumen akan lebih mudah. Anda sanggup memakai email untuk menunjukkan produk gres atau diskon-diskon gres yang ada, dan mengakibatkan email sebagai sarana untuk tetap menjalin hubungan baik dengan konsumen Anda. Sebagai pebisnis jangan pernah lupakan pelanggan Anda.
Sumber http://solusiukm.com
0 Response to "8 Pertanyaan Yang Sering Terlontarkan Dalam Memilih Taktik Pemasaran"
Posting Komentar