2 Tips Sederhana Menuntaskan Pekerjaan Kantor Sempurna Waktu
Pekerjaan kantor seringkali terasa sulit untuk diselesaikan TEPAT WAKTU.
Apa penyebabnya?
Secara umum ada 2 penyebabnya, yaitu faktor dari dalam diri sendiri dan faktor eksternal, sanggup rekan kerja atau pihak di luar perusahaan.
Bila kesulitan menuntaskan pekerjaan kantor tersebut dibiarkan terus menerus dan dalam jangka panjang, tentunya akan menyulitkan diri sendiri dan rekan kerja.
Bahkan akan terus merembet ke duduk masalah keluarga.
Tidak ada yang menginginkan hal menyerupai itu menimpa kita kan?
Oleh alasannya ialah itu, sebelum insiden yang tidak menyenangkan karena tidak/terlambatnya pekerjaan kantor itu menimpa kita, mari kita mengantisipasinya dengan 2 cara berikut ini:
- Memudahkan situasi Anda dengan Memudahkan Situasi Bagi orang Lain,
- Kenali orang-orang yang bekerja pada tingkat yang lebih rendah.
Bagaimana detilnya? Yukkk ditelisik satu-per-satu…
A. Cara #1: Menyelesaikan Pekerjaan Kantor – Memudahkan Situasi Bagi Orang Lain
Cara pertama untuk menuntaskan pekerjaan kantor sempurna waktu ialah dengan memudahkan pekerjaan orang lain.
Bila anda membutuhkan sesuatu dari belahan lain, maka segera tanyakan pada diri sendiri :
“apa yang sanggup dilakukan untuk memudahkan mereka memberikannya kepada saya”
Bila anda contohnya sedang berusaha menuntaskan pekerjaan kantor danmemerlukan data-data penjualan, janganlah bersikeras untuk berbicara hanya dengan manajer penjualan.
Cobalah untuk berafiliasi dengan orang-orang dari banyak sekali bagian.
Bila anda mempunyai duduk masalah dengan belahan lain, usahakan supaya belahan itu menyadari duduk masalah itu sebelum anda mendesak balasan dari mereka.
Tunjukkan kepada orang-orang di belahan lain, bahwa anda ingin bekerja sama dengan mereka.
Dan jangan memperlihatkan perilaku seakan-akan mereka yang bekerja untuk anda, Anda akan melihat bahwa ketika anda memerlukan kontribusi rekan kerja, anda akan segera memperoehnya.
Ada sebuah teladan anggun ihwal hal ini, yaitu ketika ada seorang karyawan di sebuah perusahaan yang sering mengeluh ihwal belahan Legal di perusahaan tempatnya bekerja.
Menurut pendapat karyawan satu ini, waktu yang diharapkan untuk menciptakan konsep atau menandatangani kontrak sangat menganggu efektifitasnya.
Walaupun pendapatnya tidak sepenuhnya salah, namun belahan Legal juga mempunyai Standard Operating Procedur (SOP) sendiri yang mungkin saja proses pekerjaan dari karyawan satu itu masih dalam daftar antrian dan belum menjadi prioritas yang harus segera diselesaikan.
Dan dengan berteriak-teriak dan murka terus menerus bekerjsama akan semakin menjauhkan dari terselesaikan pekerjaannya.
Suatu saat, manajer belahan Legal bertemu dengan karyawan satu itu dan beliau memberikan sesuatu :
“ Akan saya tunjukkan bagaimana cara bekerja sama dengan belahan Legal”
Bila kontrak-kontrak masuk, tinjaulah sendiri terlebih dahulu dan kemudian sebelum menyerahkannya ke belahan legal, lampirkan sebuah MEMO yang mencantumkan semua duduk masalah yang ada dan rekomendasi anda ihwal CARA MENGATASINYA.
Selanjutnya kita amati, apakah cara menyerupai ini sanggup mempercpat semuanya?
Bila tidak, kita akan coba cara lain”
Dan sesudah sekian lama, kebutuhan untuk mencoba cara-cara lain tidak pernah dilakukan lagi.
Intinya, mudahkan pekerjaan orang lain supaya pekerjaan anda pun akan dimudahkan.
( Baca juga : Mengintip 4 Kebiasaan Karyawan Hebat )
B. Cara #2: Menyelesaikan Pekerjaan Kantor – Kenali orang-orang yang bekerja pada tingkat yang lebih rendah
Cara kedua untuk menuntaskan pekerjaan kantor sempurna waktu ada dengan mengenali orang-orang yang berada satu atau dua tingkat lebih bawah sanggup membuka mata kita.
Seringkali mereka akan mempunyai pandangan yang menyegarkan atas hal-hal yang sedang berlangsung dan hal-hal yang dikatakan orang kepada kita.
Pandangan-pandangan ini boleh jadi berat sebelah atau hanya untuk kepentingan sendiri menyerupai pendapat pendapat orang-orang lain, namun lebih baik mempunyai serangkaian pandangan daripada satu macam yang itu-itu saja.
Chris Lewington, seorang direktur perusahaan Vilkinson Sword menyampaikan :
“Kenalilah orang-orang yang berada dua tingkat di bawah anda, di situlah terletak masa depan anda dan mereka sanggup menawarkan pandangan gres yang lebih baik mengenai masa sekarang”
Para direktur di perusahaan seringkali terkucil dari hal-hal yang sedang berlangsung dalam perusahaan kawasan mereka bekerja.
Mereka hanya berbicara dengan orang-orang yang sama berulang-ulang, biasanya dengan orang-orang dalam satu divisi.
#1: Mengenali karyawan yang selama ini terabaikan berkaitan dengan pekerjaan kantor
Cobalah untuk mengenali karyawan yang selama ini tidak atau kurang anda kenal.
Dari belahan manapun dan dari banyak sekali tingkatan, office boy, staf dan manajer. Banyak insight yang sanggup diperoleh ketika kegiatan ini dilakukan.
Sedikit waktu yang disisihkan untuk melaksanakan kegiatan ini tidak akan terbuang sia-sia. Semua akan terbayar indah pada waktunya.
Mungkin tidak secara eksklusif mereka akan membantu menuntaskan pekerjaan kantor anda, namun suatu ketika anda akan mencicipi manfaatnya.
Sebuah teladan kasatmata dari mengenali orang-orang yang bekerja pada tingkat yang lebih rendah terjadi di sebuah perusahaan distribusi minuman brand populer di kota terbesar kedua di Indonesia.
Sebagaimana dikisahkan oleh yang empunya cerita, seorang direktur muda yang bekerja di perusahaan distribusi.
Saat bekerja, ia sangat jarang berinteraksi dengan selain rekan-rekannya di kantor, baik sesama direktur atau bawahannya.Termasuk ketika jam istirahat dan makan siang.
Jadi selama sehari kerja, mudah berinteraksi dengan rekan-rekan kerja yang itu-itu saja.
Seiring dengan berjalannya sang waktu, perubahan pun tak terelakan terjadi di kantornya.
Singkat cerita, entah alasannya ialah politik kantor atau alasannya ialah pengurangan karyawan, ia terkena pemutusan kekerabatan kerja atau PHK.
Saat berkemas untuk meninggalkan kantor, hanya office boy yang selama ini kurang dikenal yang membantu mengemasi barang-barang pribadi hingga mengantarkan ke kendaraannya.
Ada rasa ‘tidak enak’ dan canggung ketika ia mengucapkan ‘terima kasih’ dan permohonan ma’af.
Dalam hati terdalamnya menyampaikan “kenapa dulu sangat kurang berinteraksi dengan mereka”.
Dan lima tahun kemudian, kondisi perusahaan pun berubah lagi, ia diminta kembali ke perusahaan.
Ia pun menyanggupi dan kembali bekerja di perusahaan tersebut.
Ia kembali bertemu dengan beberapa rekan kerja yang masih tersisa di perusahaan tersebut, salah satunya adalah office boy yang setia dengan profesinya.
Sikap ia terhadap sang office boy berubah total, tidak menyerupai 5 tahun kemudian yang hambar dan kurang peduli dengan karyawan di luar bagiannya.
Sekarang ia santun dan berbicara halus dengan sang office boy.
C. Kesimpulan
Demikian pembahasan mengenai 2 Cara Sederhana untuk Membantu Menyelesaikan Pekerjaan Kantor Anda Tepat Waktu.
Jadi inti dari poin #1, kita sanggup mengambil kesimpulan bahwa perbuatan baik akan menerima akhir kebaikan.
Sedangkan point #2 ini ialah untuk mengenal dan menjalin kekerabatan baik dengan semua orang, dari level tertinggi hingga yang terendah. Yakinlah selalu ada manfaat besar di balik semua itu.
Ada yang ingin ditambahkan?
Terima kasih
***
Sumber https://manajemenkeuangan.net
0 Response to "2 Tips Sederhana Menuntaskan Pekerjaan Kantor Sempurna Waktu"
Posting Komentar