iklan

12 Profesi Yang Cocok Untuk Orang Pendiam

Menjadi orang yang pendiam niscaya bukan impian pribadi seseorang 12 Profesi yang Cocok untuk Orang Pendiam

Menjadi orang yang pendiam niscaya bukan impian pribadi seseorang. Sifat ini biasanya sudah bawaan dari semenjak lahir.

Meski demikian, abjad pendiam bisa berkembang atau bertahan, bergantung pada orang-orang di sekitarnya.

Mereka yang pendiam cenderung kurang percaya diri atau pemalu. Seperti takut bersaing dalam mendapat pekerjaan yang diinginkan.

Jika Anda termasuk orang pendiam atau introvert, tak perlu berkecil hati.

Ada sejumlah profesi atau pekerjaan yang justru lebih cocok ditangani oleh orang pendiam alias tak banyak bicara. Mau tahu apa saja profesi tersebut?

Berikut 12 profesi yang cocok untuk orang pendiam, yang mungkin saja salah satunya pas untuk Anda.

1. Akuntan

Saat bekerja, seorang akuntan akan sering bertemu dengan angka dan angka. Jarang bertemu dengan orang lain yang memaksa beliau untuk berbicara.

Hal yang diharapkan seorang akuntan yakni akurasi dan ketelitian. Salah menghitung, maka neraca keuangan perusahaan yang ditanganinya bisa berantakan.

Profesi ini juga butuh konsistensi semoga setiap hasil pekerjannya punya perhitungan yang seimbang.

Karena butuh fokus yang sangat besar, akuntan memang cocok bagi mereka yang pendiam. Mereka akan bekerja tanpa banyak cakap dan hanya berusaha menuntaskan kiprah dengan baik.

2. Penulis

Zaman dulu para penulis bermodalkan mesin tik manual, buku catatan, dan pensil. Kini, buku dan komputer menjadi “senjata” andalan para penulis.

Ditambah modem atau koneksi internet yang dipakai untuk mencari materi dan inspirasi mengenai topik yang akan ditulis.

Semua alat yang dipakai para penulis bersifat pribadi. Nyaris tidak bekerjasama dengan orang lain.

Karena tidak banyak interaksi dengan orang lain, menjadi penulis menjadi pilihan pas sebagai profesi untuk orang pendiam.

Saat beraktivitas, penulis umumnya butuh ruangan yang hening dan nyaman. Mereka akan membisu dan banyak berpikir untuk membuat goresan pena yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak.

3. Pustakawan

Mungkin tidak banyak yang tahu profesi yang satu ini. Padahal, sudah ada acara studi librarian atau pustawakan di sejumlah Universitas Negeri di Indonesia.

Dalam kiprah kesehariannya, pustakawan akan lebih banyak bergelut dengan buku dan rak penyimpanan.

Mereka hanya sesekali berinteraksi dengan orang lain dikala ada yang membutuhkan pemberian untuk menemukan buku. Di luar itu, seorang pustawakan nyaris menghabiskan hari-harinya dengan buku dan buku.

Karena itu, profesi ini cocok bagi Anda yang punya abjad pendiam.

4. Desainer Grafis

Para desainer grafis akan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer.

Mereka memakai seluruh kemampuan dan imajinasinya untuk menghasilkan sebuah desain grafis yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pihak lain.

Interaksi yang dilakukan para desainer grafis dengan orang lain gres terjadi dikala melaksanakan meeting dengan klien atau sesama desainer grafis lainnya.

Pertemuan ini biasanya bertujuan untuk menyamakan persepsi dan maksud dari desain yang akan dirancang.

Selanjutnya, mereka akan kembali berkutat di depan komputer. Kadang kala mereka lupa waktu alasannya yakni terlalu asyik merancang sebuah desain.

5. Pelukis

Pelukis merupakan pekerjaan yang sangat individualis. Jarang ditemukan pelukis yang bekerja bersama beberapa orang sekaligus untuk menghasilkan satu lukisan.

Pasti kecenderungannya yakni satu kanvas untuk satu lukisan dari satu pelukis.

Saat bekerja, para pelukis juga biasanya membutuhkan satu daerah yang hening dan nyaman bagi dirinya semoga semua imajinasi yang dimiliki bisa muncul dengan maksimal.

Mereka tak membutuhkan kehadiran orang lain dikala itu.

Dari mulai bekerja sampai menuntaskan satu lukisan, tak ada interaksi yang dilakukan dengan orang lain. Interaksi gres terjadi dikala mereka melaksanakan festival dan menerangkan makna dari lukisan yang dibuatnya.

6. Penerjemah

Menjadi orang yang pendiam niscaya bukan impian pribadi seseorang 12 Profesi yang Cocok untuk Orang Pendiam

Salah satu profesi untuk orang pendiam yang cukup pas yakni menjadi penerjemah.Bagaimana tidak, penerjemah hanya akan bertemu dengan kertas dan tulisan.

Kalaupun ada versi lain yakni berlembar-lembar halaman di layar komputer.

Bahkan pekerjaan ini nyaris tidak melaksanakan interaksi pribadi dengan orang lain. Komunikasi hanya dilakukan sebatas telepon atau mengirim email.

Selebihnya fokus menerjemahkan kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain.Tentu saja dengan melaksanakan pembiasaan semoga lebih yummy dibaca dan dimengerti.

7. Analis Keuangan dan Saham

Pernah melihat para pekerja di pasar mata uang atau bursa efek?

Meski suasana ruangan sangat ramai dan dipadati orang, tapi mereka bahwasanya bekerja masing-masing. Karena setiap analis bekerja untuk perusahaan dan klien yang berbeda.

Mereka akan lebih banyak berkutat dengan angka dan data. Terutama mengenai saham dan obligasi yang nilainya berubah nyaris setiap detik. Hampir tak ada waktu untuk berinteraksi dengan orang lain dikala mereka bekerja.

Interaksi dilakukan seperlunya saja. Seperti alasannya yakni harus menginformasikan satu hal penting kepada klien.

Selebihnya, mereka akan kembali memelototi data di layar komputer sambil menganalisis kemungkinan nilai-nilai saham yang mereka tangani.

8. Programmer

Entah kenapa, sosok programmer selalu terkesan pendiam dan kaku. Faktanya, pekerjaan ini memang cocok bagi Anda yang pendiam.

Merancang acara komputer ataupun aplikasi butuh fokus yang kuat, sehingga sangat jarang melaksanakan interaksi yang bisa membuyarkan konsentrasi.

Apalagi, mereka cenderung lebih suka menghabiskan waktunya dengan mengotak-atik bahasa pemrograman yang rumit dan memusingkan.

Tidak hanya rumit bagi orang awam, tapi terkadang juga memusingkan bagi para progammer sendiri.

Karena itu mereka lebih menentukan jarang bertemu orang dibanding jarang bertemu komputer.

9. Ahli Teknologi Informasi

Tak jauh beda dengan progammer, mereka yang bekerja di bidang teknologi gosip juga lebih sering punya sifat dan abjad yang pendiam.

Saat bekerja, mereka akan asyik dengan komputer dan sistem jaringan yang harus mereka jaga semoga bisa tetap berjalan dengan baik.

Mereka akan melaksanakan komunikasi dengan orang lain ketika membutuhkan saja.

Seperti berkomunikasi dengan sesama hebat IT yang berada di pusat server atau ruang pengendali yang berbeda daerah dengan lokasi mereka bekerja.

10. Teknisi Laboratorium

Profesi untuk orang pendiam yang lain yakni teknisi laboratorium. Mereka lebih banyak bekerja dengan materi kimia atau alami yang akan dibentuk untuk satu materi tertentu.

Meski bisa saja bekerja secara bersama-sama, faktanya setiap teknisi laboratorium akan melaksanakan tugasnya secara indvidual.

Memang ada komunikasi yang dilakukan dengan orang lain. Tapi ini biasanya tak lebih dari mendiskusikan satu materi atau materi yang akan digunakan.

Untuk kemudian kembali bergelut dengan aneka macam percobaan untuk menandakan sebuah hipotesis.

Seorang teknisi laboratorium tak akan banyak berbasa-basi. Fokus pada pekerjaannya yang menuntut ketelitian tinggi.

11. Editor Film atau Audio

Mereka yang bekerja sebagai editor film atau audio juga jarang melaksanakan interaksi. Kalaupun ada biasanya hanya di awal dan di final pekerjaan.

Di awal dikala mendapat brifing soal materi film yang harus diedit, dan kemudian memperlihatkan kesudahannya dikala sudah selesai.

Sepanjang hari, mereka akan lebih fokus dengan mengamati dan melaksanakan editing film yang diminta klien.

Dalam bekerja, sebuah headphone niscaya akan terpasang di telinganya. Sehingga nyaris tidak membuka kesempatan bagi orang lain untuk berinteraksi dengan dirinya.

12. Arsiparis

Seorang arsiparis memang sekilas seolah-olah dengan pustakawan. Tapi kiprah dan tanggung jawab yang diemban ternyata lebih berat.

Pasalnya, seorang arsiparis harus bisa menyimpan dan menyusun arsip dari perusahaan tempatnya bekerja di posisi yang tepat.

Saat ada orang lain yang meminta bantuannya untuk menemukan file tertentu, biasanya mereka pun tak banyak berbicara.

Karena jikalau bekerja sambil banyak bicara, beliau akan cenderung tidak fokus dan kesulitan untuk menemukan file yang dicari.

Penutup

Itulah sejumlah profesi untuk orang pendiam yang bisa jadi pertimbangan Anda dikala mencari pekerjaan. Mungkin tidak semuanya pas dengan keinginan.

Maka itu, pilih pekerjaan yang pas dengan abjad dan kemampuan yang dimiliki. Sehingga Anda pun bisa menghasilkan sesuatu yang berkualitas dan diakui banyak orang.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "12 Profesi Yang Cocok Untuk Orang Pendiam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel