iklan

Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer

Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer - Pada jaringan komputer, kita niscaya sudah tahu apa itu disebut Model Referensi Lapisan OSI. Ya, lapisan OSI yaitu sistem yang terdiri dari 7 lapisan atau lapisan, dimana setiap lapisan mempunyai fungsi dan fungsinya sendiri untuk meneruskan data dan isu ke jaringan.

Agar data yang bisa ditransmisikan ke jaringan, data harus melewati 7 buah sistem OSI, yaitu:

Application layer (Baca juga: Pengertian Application Layer)
Presentation layer
Session layer
Transport layer
Network layer
Data link layer
Physical layer (Baca juga: Pengertian Physical Layer)

Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer

 kita niscaya sudah tahu apa itu disebut Model Referensi Lapisan OSI Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer
Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer

Presentation Layer jaringan komputer yaitu lapisan yang ada pada lapisan lapisan OSI, yang berada pada tingkat kedua atau lapisan ketika data atau isu dikirim, dan berada pada lapisan keenam ketika data diterima oleh pengguna.

Presentation Layer ini mempunyai fungsi utama sebagai penerjemah, menerjemahkan aplikasi ke dalam bentuk data yang akan dikirim ke lapisan berikutnya, dan sebaliknya, yaitu menerjemahkan atau menerjemahkan data ke dalam formulir aplikasi.

Presentation Layer juga merupakan lapisan dimana data mulai dipaparkan dalam bentuk (format) tertentu menyerupai format JPEG untuk gambar, Doc, dan sebagainya.

Fungsi dari Presentation Layer
Presentation Layer, tentu saja, mempunyai beberapa fungsi dalam keseluruhan model lapisan OSI. Berikut yaitu beberapa fungsi dari Presentation Layer:

a. Mengenkripsi data atau pesan
Presentation Layer mempunyai fungsi untuk melaksanakan proses enkripsi data. Proses enkripsi data yaitu proses yang dilakukan untuk mengamankan data dan pesan yang akan ditransmisikan untuk menjaga keamanan pesan atau data. Saat bertindak sebagai penerima, Presentation Layer mempunyai fungsi untuk melaksanakan deskripsi, yang membuka enkripsi pesan atau data.

b. Melakukan proses kompresi dan dekompresi
Sama menyerupai proses enkripsi dan dekripsi yang dilakukan sebelumnya, fungsi kedua layer layer layer pada model layer OSI yaitu melaksanakan proses kompresi dan dekompresi.

Proses kompresi yaitu proses pemadatan atau degradasi data, sehingga data sanggup dengan gampang dilewatkan ke jaringan (yang merupakan proses yang terjadi ketika Presentation Layer bertindak sebagai pemancar).

Sedangkan proses dekompresi dilakukan untuk membuka dan mengklarifikasi data yang akan diterima dan akan diteruskan ke layer aplikasi. Proses ini terjadi ketika lapisan Presentation Layer akan mendapatkan data yang akan ditampilkan pada Application Layer (proses pengguna sebagai akseptor data).

c. Melakukan proses pemformatan pada bentuk grafis
Fungsi berikutnya dari Presentation Layer yaitu sebagai format bentuk grafis. Beberapa data ditransmisikan dalam bentuk grafis, atau beberapa aplikasi mengharuskan data ditampilkan dalam bentuk grafis, dan sebaliknya. Fungsi Presentation Layer yaitu memformat bentuk grafis yang masuk ke jaringan.

d. Mentranslate konten yang ada
Selain melaksanakan proses pemformatan dalam bentuk grafis, fungsi layer layer layer lainnya yaitu memproses terjemahan konten yang ada.

Proses penerjemahan ini dilakukan biar setiap data atau konten yang disalurkan melalui jaringan sanggup diidentifikasi dan didefinisikan oleh masing-masing lapisan pada model lapisan OSI dan dipahami oleh keseluruhan jaringan.

f. Menampilkan data
Selanjutnya, yang merupakan fungsi dari Presentation Layer yang penting yaitu menyajikan data. Presentation Layer membantu mengurai data yang ada, apakah akan ditampilkan ke Application Layer, atau bila diteruskan ke layer layer layer.

g. Menentukan tipe data yang ada
Setelah bisa menyajikan data, presentation layer juga mempunyai fungsi lain, yaitu untuk memilih tipe data yang ada. Jenis data yang akan ditransmisikan, apakah dikirimkan ke Application Layer, atau dikirim ke lapisan sesi didefinisikan oleh Presentation Layer.

Beberapa jenis tipe data yang didefinisikan oleh Presentation Layer ini yaitu tipe data berupa gambar, video dan juga teks, arahan enkripsi dari suatu data sampai perpanjangan data.

Presentation Layer intinya menyerupai gateway, yang membuka jalan ke Application Layer. Tanpa Presentation Layer, maka Application Layer akan mengalami kesulitan dalam menyajikan dan menampilakn data ke dalam format aplikasi tertentu. contohnya ketika kita mendapatkan data dalam bentuk gambar.

Application Layer tidak akan bisa menampilkan gambar kalau tidak mengetahui format yang dimiliki gambar. Oleh alasannya itu, Presentation Layer berperan sangat penting, alasannya dengan Presentation Layer, format gambar bisa didefinisikan dan bisa ditampilakn dalam bentuk aplikasi tertentu.

Protokol pada Presentation Layer

Sama menyerupai lapisan lain pada model lapisan OSI, Presentation Layer juga bekerja dengan memakai protokol. Salah satu pola protokol yang dipakai oleh Presentation Layer yaitu VTP atau yang merupakan kependekan dari Virtual Terminal Protocol. Terminal Virtual Protokol ini berfungsi sebagai:

a. Pemeliharaan struktur data yang melewati Presentation Layer
Melakukan proses penerjemahan atau menerjemahkan karakteristik terminal menjadi bentuk standar
Selain penggunaan VTP, Presentation Layer juga menyediakan layanan protokol lainnya. Layanan protokol yang disediakan oleh Presentation Layer yaitu enkripsi dan kriptografi.

b. Enkripsi yaitu proses yang dilakukan pada Presentation Layer untuk mengubah kode, dari arahan yang bisa dipahami menjadi arahan yang tidak sanggup dipahami dan tidak sanggup dibaca. Enkripsi bisa disamakan dengan apa yang kita ketahui dengan coding atau nama chipper.

Enkripsi dilakukan untuk membantu mengamankan isu dan data biar tidak dilihat oleh pihak lain atau pihak lain yang tidak terkait dan tujuan utamanya yaitu untuk mengamankan data.

c. Layanan Presentation Layer kedua yaitu kriptografi. Kriptografi yaitu proses yang dilakukan untuk mengetahui parameter sperangkat yang sanggup memilih transformasi pengkodean yang mengatur proses enkripsi dan proses deskripsi.

Makara secara umum, kriptografi ini dipakai untuk mengolah enkripsi, yaitu pengkodean isu atau data biar tidak gampang dilacak dan dilihat oleh orang lain, dan juga sebaliknya, untuk memecahkan kode, sehingga data dan isu pun bisa diakses dan juga bisa dilihat oleh orang lain.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Presentation Layer Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel