iklan

Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi Dan Macam-Macamnya

Pengertian jaringan komputer – Pada kala kini ini sudah banyak alat-alat atau mesin berteknologi canggih yang sering dipakai sehari-hari dalam kehidupan kita. Baik itu untuk membantu pekerjaan ataupun hanya sebagai hiburan saja. Contohnya menyerupai radio, televisi, laptop, komputer, telepon dan perangkat keras lainnya.


Tentunya semua barang atau alat yang dipakai terkhususnya menyerupai telepon , laptop dan komputer biar sistem kerjanya sanggup berjalan dengan optimal, membutuhkan adanya sebuah jaringan yang terhubung. Supaya sanggup membantu meringankan pekerjaan insan dalam mencari suatu sumber informasi atau yang lainnya.


Salah satu kiprah pendukung komputer atau alat elektronik lainnya dalam membantu mencari informasi atau sebagai susukan telekomunikasi  yang paling sering kita dengar ialah internet. Apa itu internet? anda sanggup mengetahui lebih lengkapnya di sini.


Nah, sebelum berlanjut pada pembahasan utamanya, kalian harus mengetahui dulu wacana pengertian komputer , fungsi dan jenis-jenis komputer beserta sejarahnya. Karena pembahasan kali ini sangat bekerjasama dengan komputer.


Berbicara mengenai internet, sekilas internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sering digunakan. Namun apakah kalian sudah mengetahui pengertian dari jaringan komputer itu sendiri? keuntungannya dan macam-macamnya? kalau belum, mari disimak dengan baik pada klarifikasi berikut.



Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum


 Pada kala kini ini sudah banyak alat Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Macam-Macamnya

pixabay.com


Nama jaringan komputer mungkin sudah tidak abnormal lagi didengar, sebab hakikatnya jaringan komputer selalu terlibat dalam sebagian pekerjaan kita sehari-hari menyerupai yang sudah disinggung sebelumnya.


Nah, mudahnya memahami pengertian jaringan komputer begini. Ada 2 buah komputer yang digunakan, kedua komputer ini saling membuatkan data dan informasi dengan media komunikasi dan transmisi, pastinya kedua komputer itu saling terhubung, sistem yang menghubungkan itu disebut jaringan komputer.


Secara umumnya jaringan komputer ialah sebuah transmisi komputer atau sejumlah terminal komunikasi yang terdapat pada dua atau lebih komputer yang saling terhubung.


Agar lebih jelasnya lagi mengenai pengertian jaringan komputer anda sanggup menyimaknya lebih mendalam pada pembahasan selanjutnya.


Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli


 Pada kala kini ini sudah banyak alat Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Macam-Macamnya

pixabay.com


Sebelumnya anda sudah mengetahui pengertian jaringan komputer secara umum.  Agar anda lebih mengerti dalam klarifikasi jaringan komputer, maka simaklah dengan baik pengertian jaringan komputer berdasarkan para mahir sebagai berikut:


1. Zymon Machajewski


Zymon menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer ialah beberapa perangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan yang lainnya. Seperangkat alat komputer itu mempunyai tujuan yang sama yaitu sanggup membagikan keseluruh perangkat komputer berupa sumberdaya yang banyak dipakai menyerupai internet.


2. Techi Wire House


Jaringan komputer ialah suatu kumpulan sistem dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya, mempunyai sebuah koneksi tertentu.


3. Madcoms


Madcoms beropini bahwa jaringan komputer ialah kumpulan dari beberapa komputer dan alat penunjang lainnya yang saling terhubung dengan koneksi yang sama.


4. Izzas El Said


Izzas menyampaikan jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdapat pada beberapa komputer yang saling terhubung biar sanggup membuatkan sumberdaya yang dimilikinya dan informasi.


5. Kristanto (2003)


Kristanto menyimpulkan dalam Tiranda 2014, bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer ialah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain dengan memakai suatu protocol komunikasi sehingga semua komputer yang terhubung sanggup membuatkan informasi, sumberdaya dan program.


Serta sanggup memakai perangkat keras menyerupai printer, haridsk dan lain-lain secara bersamaan.


6. Tanaenbum (2002)


Tanaenbum menyampaikan bahwa jaringan komputer ialah kumpulan perangkat keras dan lunak yang berada di dalam sistem komputer yang mempunyai struktur sebagai pengatur seluruh perangkatnya dalam menjalankan sistem komunikasi.


Satu komputer yang terhubung dengan jaringan menjadi satu node dari jaringan tersebut. Adapun host merupakan komputer yang mendapat koneksi dari jaringan dan sanggup memperlihatkan layanan jaringan atau biasa disebut juga dengan nama network service.


7. Yudianto (2007)


Yudianto menyimpulkan, jaringan komputer merupakan bentuk interkoneksi atau korelasi antar komputer yang mempunyai beberapa jenis berdasarkan aspek tertentu. Yang nantinya akan dijelaskan pada macam-macam jaringan komputer.


8. Abdul Kadil (2003)


Abdul Kadil menyampaikan bahwa jaringan komputer ialah korelasi 2 buah komputer atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama yaitu melaksanakan pertukaran data.


9. Jafar Noor Yudianto


Jafar menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer ialah sebuah sistem yang terdiri atas komponen-kompenen komputer yang dirancang biar sanggup membuatkan sumber daya, komunikasi dan sanggup mengakses informasi.


Tujuan dari jaringan komputer ialah biar setiap pecahan jaringan komputer sanggup memperlihatkan dan meminta layanan. Bagian yang memperlihatkan layanan disebut server sedangkan yang meminta layanan disebut klien. Sistem ini juga sanggup disebut dengan klien-server.


10. Umi Proboyekti


Jaringan komputer ialah sekumpulan komputer berjumlah banyak yang saling bekerjasama dalam melaksanakan tugasnya akan tetapi secara terpisah. Bentuk koneksi antar komputer sanggup dilalui dengan kawat tembaga, serat optik, satelit komunikasi dan gelombang mikro. Komputer yang sudah terkoneksi akan sanggup saling bertukar informasi atau data.


11. Anonim


Anonim menjelaskan bahwa jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling bekerjasama melalui protokol komunikasi dan media komunikasi sehingga sanggup saling bertukar informasi, program, data dan sanggup memakai perangkat keras menyerupai printer, hardisk dan sebagainya secara bersamaan.


Jaringan komputer juga diartikan sebagai kumpulan beberapa terminal komunikasi yang berada di lokasi yang berbeda namun sanggup terhubung lebih dari satu komputer.


12. Yayasan Sandhykara


Jaringan komputer ialah suatu korelasi dua komputer atau lebih yang mempunyai sistem komputer secara terpisah melalui media komunikasi biar sanggup membuatkan satu dengan lainnya berupa sumberdaya dan komunikasi data.


Manfaat Jaringan Komputer


 Pada kala kini ini sudah banyak alat Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Macam-Macamnya

pixabay.com


Setelah anda mengetahui pengertian komputer selanjutnya anda juga harus tahu manfaat dari jaringan komputer itu sendiri. Agar sanggup menggunakannya dengan lebih bijak lagi. Berikut beberapa manfaat yang perlu anda ketahui:



  • Dapat mengakses informasi atau informasi dengan gampang melalui jaringan internet.

  • Jaringan komputer sanggup membantu melaksanakan komunikasi dengan gampang sekalipun beda negara.

  • Dapat melaksanakan proses pengiriman data atau informasi dengan cepat dan efisien.

  • Selain itu juga sanggup mengirim teks, audio, gambar dan video.

  • Dapat menyimpan dan mengakses file yang dimiliki baik file eksklusif maupun umum.

  • Dengan jaringan komputer juga sanggup menghemat banyak biaya dan tenaga, contohnya ada sebuah kantor yang membutuhkan printer, cukup dengan satu printer saja sanggup dipakai oleh semua orang yang ada di kantor tersebut dengan santunan jaringan komputer.


 Macam-Macam Jaringan Komputer


 Pada kala kini ini sudah banyak alat Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi dan Macam-Macamnya

dekaeuprosyn.blogspot.com


Berdasarkan teori Yudianto (2007) dalam pengertian jaringan komputer. Bahwa jaringan komputer dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan aspek yang dimilikinya. Aspek tersebut diantaranya sebagai berikut:



  • Berdasarkan jangkauan geografis

  • Berdasarkan distribusi sumber informasi

  • Berdasarkan media transmisi data

  • Berdasarkan kiprah dan korelasi dalam memproses setiap data

  • Berdasarkan topologi jaringan yang digunakan.


Untuk pembahasan lebih lengkapnya mengenai macam-macam jaringan komputer sanggup dilihat di artikel selanjutnya.


Demikianlah pembahasan terkait pengertian jaringan komputer secara umum maupun berdasarkan para ahlinya dan manfaat serta macam-macamnya. Ingin tahu lebih dalam wacana jaringan komputer? anda sanggup membaca sejarahnya.


Semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.


Sekian dan terima kasih.


 




Sumber https://mefahlan.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi Dan Macam-Macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel