iklan

Pengertian Antivirus Fungsi Serta Jenisnya

Pengertian AntiVirus Fungsi serta Jenisnya - Antivirus ialah jenis perangkat lunak yang dipakai untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus juga disebut perangkat lunak pemberian virus.

Program ini bisa memilih apakah sistem komputer sudah terinfeksi virus atau tidak. Umumnya software ini berjalan di latar belakang dan memindai semua file yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus terbaru kini tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus kini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi perangkat surveilans, perangkat, akar, dan perangkat berbahaya lainnya.

Tidak hanya itu, antivirus tersebut kini dilengkapi dengan firewall untuk melindungi komputer dari serangan h4ck dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan / atau virus ke inbox pengguna.
Pengertian AntiVirus Fungsi serta Jenisnya Pengertian AntiVirus Fungsi serta Jenisnya
Pengertian AntiVirus Fungsi serta Jenisnya


Cara kerja Antivirus
Secara umum, cara kerja antivirus adalah:
Deteksi dengan memakai database signature virus (database signature virus): Cara kerja antivirus ialah pendekatan yang banyak dipakai oleh antivirus tradisional, yang mencari gejala adanya virus dengan memakai sebagian kecil isyarat virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalisis berdasarkan jenis, ukuran, destruktivitas dan beberapa kategori lainnya.

Metode ini cepat dan handal untuk mendeteksi virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, namun belum bisa mendeteksi virus gres hingga database tanda tangan virus gres terinstal ke sistem.

Database virus signature ini bisa didapat dari vendor antivirus dan umumnya bisa didapatkan secara gratis via d0wnl0ad atau via subscription.

Deteksi dengan melihat cara kerja virus: Cara kerja antivirus menyerupai ini ialah pendekatan gres yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan pada Intrusion Detection System (IDS).

Baca juga: Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

Metode ini sering disebut sebagai Behavior-blocking detection. Metode ini memakai kebijakan (policy) yang harus diterapkan untuk mendeteksi adanya virus.

Jika ada sikap perangkat lunak yang "tidak biasa" sesuai dengan kebijakan yang diterapkan, serta perangkat lunak yang mencoba mengakses buku alamat untuk mengirim email secara massal ke daftar e-mail yang ada di buku alamat (ini sering dipakai oleh virus untuk mengirimkan virus via email), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh software.

Antivirus juga bisa mengisolasi isyarat virus yang dicurigai hingga direktur memilih apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Keuntungan dari cara ini ialah antivirus bisa mendeteksi adanya virus gres yang belum dikenali oleh database signature virus. Kelemahannya, yang jelas, ialah bahwa antivirus memonitor bagaimana perangkat lunak bekerja sepenuhnya (tidak memonitor file), sehingga antivirus menciptakan alarm palsu (jika konfigurasi antivirus terlalu "keras"), atau bahkan membiarkan virus berkembang biak di sistem bila antivirus konfigurasi terlalu "lunak"), faktual palsu terjadi.

Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai pemindaian heuristik. Teknologi pemindaian heuristik ini telah berkembang sejauh ini. Beberapa antivirus mengusut file dengan definisi yang biasa. Jika lolos dari deteksi reguler, ia berjalan di lingkungan virtual. Semua perubahan file menyerupai virus, jadi pengguna akan diperingatkan.

Jenis antivirus
Antivirus berbasis penggunanya dibagi menjadi 2, yaitu pengguna rumahan dan pengguna jaringan / pengguna korporat. Untuk pengguna rumahan, antivirus berjalan menyerupai biasa. Untuk versi jaringan, antivirus bisa melaksanakan pemindaian pada komputer klien dan drive jaringan.

Selain itu, update komputer client. Proses dalam jaringan tidak harus pribadi dari internet. Komputer client bisa melaksanakan update secara pribadi dari server jaringan.

Antivirus berdasarkan cara mendapatkannya dibagi menjadi sebagai berikut:

Antivirus gratis (antivirus gratis): antivirus didapat secara gratis,
Uji coba antivirus (antivirus trial): antivirus didapat secara gratis namun diberi batasan waktu,
Sumbangan antivirus (donasi antivirus): antivirus diperoleh dengan menyumbang, dan
Paid Antivurs (antivirus berbayar): antivirus didapat dengan cara beli.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Antivirus Fungsi Serta Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel