iklan

Mengenal Dan Memakai Mikroskop

 Tahukah kau bahwa ada makhluk hidup yang berukuran sangat kecil Mengenal dan Menggunakan Mikroskop
Tahukah kau bahwa ada makhluk hidup yang berukuran sangat kecil? Tempat hidupnya di mana-mana, contohnya di dalam tanah, dalam air, dalam sisa-sisa makhluk hidup, dalam badan manusia, bahkan dalam sebutir debu. Pada Gambar 2.18 berikut kau sanggup melihat basil Escherichia c0l1 yang dilihat dengan mikroskop elektron  (a)  dan  dengan mikroskop  cahaya memakai pewarnaan Gram (b).


Pada  pengamatan  makhluk  hidup  yang  berukuran    kecil,  kamu  memerlukan alat bantu yang disebut mikroskop. Sebelum memulai acara ini, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu wacana mikroskop dan bagaimana cara memakai mikroskop tersebut. Perhatikan klarifikasi di bawah ini!

Mengenal dan Menggunakan Mikroskop 

a. Bagian-bagian Mikroskop 

Pada Gambar 2.19 dan Tabel 2.5 kau sanggup mempelajari mikroskop cahaya beserta bagian-bagian dan fungsinya. Selain itu, kau juga akan mengenal mikroskop elektron yang biasa dipakai untuk melihat mikroorganisme yang tidak sanggup dilihat dengan mikroskop cahaya.

 Tahukah kau bahwa ada makhluk hidup yang berukuran sangat kecil Mengenal dan Menggunakan Mikroskop

Tabel. 2.5. Bagian-bagian Mikroskop dan Fungsinya


b. Langkah-langkah Menggunakan Mikroskop 

Langkah-langkah memakai mikroskop  yaitu sebagai berikut. 

1) Ambillah mikroskop dari kotak penyimpanannya. Tangan kanan memegang penggalan lengan mikroskop dan tangan kiri memegang ganjal mikroskop. Kemudian, mikroskop diletakkan di kawasan yang datar, kering, dan mempunyai cahaya yang cukup. 

2) Putar revolver, sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai suara ”klik” pada revolver. 

3) Pasang lensa okuler dengan lensa yang mempunyai ukuran perbesaran sedang. Cahaya tampak terang berbentuk lingkaran (lapang pandang), menyerupai yang terlihat pada gambar. Hal tersebut sanggup diperoleh dengan cara berikut. 
  • Atur diafragma untuk mendapat cahaya yang terang. 
  • Atur cermin untuk mendapat cahaya yang akan dipantulkan ke diafragma sesuai kondisi ruangan. Pengaturan dilakukan dengan cara melihat melalui lensa okuler (apakah lapang pandang sudah terang/ jelas?). Ingat bahwa: beberapa mikroskop telah dilengkapi lampu, sehingga tidak perlu mencari cahaya, cukup mengatur posisi diafragma yang sesuai dengan kebutuhan cahaya terang dan  lurus dengan lensa okuler dan objektif. 
4) Siapkan  preparat  yang  akan  diamati,  kemudian  letakkan  di  meja.  Aturlah  supaya penggalan yang akan diamati sempurna di tengah lubang meja preparat. Kemudian, jepitlah preparat itu dengan penjepit objek. 

5) Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek dengan cara berikut. 
  • Putar pemutar bergairah (makrometer) secara perlahan sambil dilihat dari lensa okuler. Pemutaran dengan makrometer dilakukan hingga lensa objektif berada pada posisi terdekat dengan meja preparat. Ingat: Jangan memutar makrometer secara paksa sebab akan menekan preparat dan menjadikan peparat rusak/pecah/patah. 
  • Lanjutkan dengan memutar pemutar halus (mikrometer), untuk memperjelas bayangan objek.
  • Jika letak preparat belum tepat, beling objek sanggup digeser dengan lengan yang bekerjasama dengan penjepit. Jika tidak tersedia, preparat sanggup digeser secara langsung. 
6) Setelah preparat terlihat, untuk memperoleh perbesaran berpengaruh gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10 x, 40 x, atau 100 x dengan cara memutar revolver hingga suara klik. Usahakan supaya posisi preparat tidak bergeser. Jika hal ini terjadi, kau harus mengulangi dari awal. 

7) Setelah final memakai mikroskop, bersihkan mikroskop dan simpan pada kawasan penyimpanan.



Sumber http://gudangbukusekolah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Dan Memakai Mikroskop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel