iklan

Kelompok Monera Dan Protista

 mari kita lanjutkan acara berikut ini Kelompok Monera dan Protista

Setelah mempelajari mikroskop, mari kita lanjutkan acara berikut ini.

Kegiatan 2.7 Mengamati makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam 

Siapkan alat dan materi berikut ini.

  1. Air kolam yang warnanya hijau 
  2. Mikroskop 
  3. Pipet tetes 
  4. Kaca objek dan penutupnya

Lakukan acara berikut.

  1. Ambilah setetes air kolam yang warnanya hijau. 
  2. Teteskan pada beling objek dan tutuplah dengan gelas penutup. 
  3. Amatilah makhluk hidup yang ada pada setetes air kolam tersebut dengan mikroskop dimulai dari perbesaran lemah hingga perbesaran kuat. 
  4. Jika kau belum menemukan makhluk hidup yang dicari, ulangilah kembali dari langkah 1. 
  5. Jika sudah menemukannya, gambarlah pada buku tugas.

Ingatlah 

Pada pengamatan tersebut di atas, kau akan menemukan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Selnya mempunyai membran inti (eukariotik), bersel tunggal (uniseluler), dan yang bisa berkembang biak. Makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri tersebut ialah kelompok Protista. Beberapa rujukan kelompok Protista ialah Amoeba, Euglena, Paramecium, Dictyostelium discoideum, Saprolegnia sp., Physarium polycephalum, Phytophtora infestans. Perhatikan Gambar 2.21.

 mari kita lanjutkan acara berikut ini Kelompok Monera dan Protista
Selain kelompok Protista yang bersifat mikroskopis, terdapat juga Protista yang bersifat makroskopis (dapat dilihat tanpa memakai mikroskop) mirip di Gambar 2.22.

Protista juga ada yang mirip hewan. Kelompok Protista ini disebut Protozoa. Kelompok Protozoa di antaranya ialah Paramecium, Entamoeba histolytica yang terdapat pada usus besar yang sanggup menimbulkan penyakit diare, dan Plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah merah yang menimbulkan penyakit malaria.

 mari kita lanjutkan acara berikut ini Kelompok Monera dan Protista

Selain dari kelompok di atas, masih banyak makhluk hidup yang bersifat mikroskopis yang hanya sanggup dilihat dengan memakai mikroskop. Kelompok makhluk hidup tersebut mempunyai ciri-ciri mirip selnya tidak mempunyai membran inti (prokariotik), bersel satu (uniseluler), dan bisa berkembang biak dengan membelah diri. Makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri tersebut ialah kelompok Monera. Contoh kelompok Monera ialah basil dan alga biru. Bakteri terdapat di lingkungan kita, ada yang bermanfaat bagi kehidupan insan mirip basil Escherichia c0l1 yang berperan membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makanan. Ada pula basil yang berbahaya bagi kehidupan insan mirip Mycobacterium tuberculosis yang menimbulkan penyakit TB (tuberculosis paru). Bahkan ada beberapa kelompok makhluk hidup mikroskopis yang tidak sanggup dilihat hanya dengan mikroskop biasa (mikroskop cahaya) tetapi harus dengan mikroskop elektron. Perhatikan Gambar 2.24.


Beberapa rujukan anggota Monera dari ganggang biru sanggup kau perhatikan pada Gambar 2.25 berikut.


Klasifikasi  terhadap  makhluk  hidup  diperlukan  sehingga  memudahkan  kita untuk mempelajari jenis-jenis makhluk hidup. Di antara makhluk hidup yang ada, terdapat kelompok basil dan jamur. Menurut kamu, apa yang akan terjadi di bumi ini kalau tidak ada basil dan jamur?



Sumber http://gudangbukusekolah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelompok Monera Dan Protista"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel