iklan

Contoh Soal Aturan Pascal Dan Pembahasan Lengkap

Ketika berguru fluida berupa air, kita mengenal bahwa salah satu sifat dari partikel-partikel zat cair yaitu senantiasa bergerak bebas. Perhatikan gambar di samping. Gambar tersebut mengatakan bahwa dikala pengisap pada pompa paskal diberi tekanan, air akan memancar keluar dari setiap lubang di sekeliling bola pascal ke segala arah dengan kekuatan yang sama. Percobaan ibarat gambar tersebut pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuwa kelahiran Clemont-Ferrant berjulukan Blaise Pascal. Berdasarkan percobaan tersebut ia lalu pada tahun 1652 mengeluarkan sebuah aturan yang disebut aturan pascal.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak aplikasi dari aturan pascal salah satunya yaitu pada pembuatan dongkrak hidrolik maupun pompa hidrolik. 





Contoh Soal Hukum Pascal I

Ada dua buah tabung yang berbeda luas penampangnya saling berafiliasi satu sama lain. Tabung ini diisi dengan air dan masing-masing permukaan tabung ditutup dengan pengisap. Luas pengisap A1 = 50 cm2 sedangakan luas pengisap A2 yaitu 250 cm2. Apabila pada pngisap A1 diberi beban seberat 100 N. Berpakah besar gaya minimal yang harus bekerja pada pada A2 supaya beban tersebut sanggup diangkat?

Jawab :

Diketahui :

A1 = 50 cm2
A2 = 250 cm2
F1 = 100 N

Ditanya F2 = … ?

Jawab :

F1/A1 = F2/A2
100/50 = F2/100
F2 = 100. 100 /50
= 200 N


Contoh Soal Hukum Pascal II

Mesing pengankat kendaraan beroda empat hidrolik pada gambar disamping mempunyai luas penampang masing-masing 10 cm2 dan 100 cm2. Pada pengisap kecil diberi gaya 500 N maka berapa berat beban maksimal yang sanggup diangkat pada pengisap besar?

Diketahui :

A1 = 10 cm2
A2 = 100 cm2
F1 = 500 N

Ditanya F2 = …?

Jawab :

F2 = A2/A1 x F1
F2 = 100/10 x 500
= 5000 N

( sumber : https://rumushitung.com/2014/10/30/hukum-pascal-berikut-contoh-soal/ )

Dalam praktek penerapannya selain dipakai pada dongkrak dan pompa hidrolik aturan pascal juga diterpakan pada bebagai alat-alat teknik seperti

1. Mesin Pengepres Hidrolik
Mesin ini berfungsi untuk mengepres materi atau materi tertentu sanggup berupa materi baku makanan, kertas, karet, kain, bahkan sampah. Mesin pengepres hidrolik sangat bermacam-macam tinggal sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

2. Rem Piringan Hidrolik
Rem hidrolik sangat luas penggunaannya. Hampir semua kendaraan transportasi bermesin memakai rem hidrolik. Rem ini memanfaatkan aturan pascal sehingga untuk melaksanakan pengereman (menjepit as dengan kampas rem) sanggup dilakukan dengan gaya yang relatif kecil tapi tetap sanggup menghasilkan gaya yang besar untuk melaksanakan pengereman.

3. Mesin Pemotong Hidrolik
Beberapa mesin potong memakai sistem hidrolik yang memanfaatkan prinsip aturan pascal.

Latihan Untuk Anda


Sebuah dongkrak hidrolik terdiri dari dua pipa berbentuk tabung (alas lingkaran). Jari-jari pipa kecil yaitu A dan jari-jari pipa besar yaitu 7A. Jika pengisap pada pipa besar diletakkan beban seberat 1500 N berapa gaya minimum yang harus diberikan pada pengisap kecil akan benda tersebut sanggup terangkat?

Silahkan dicoba dengan memakai rumus aturan pascal di atas.

Sumber http://www.contohsoaljawab.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Soal Aturan Pascal Dan Pembahasan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel