iklan

Ciri-Ciri Unta, Manfaat, Dan Keunikannya Dari Binatang Lain

Ciri-ciri Unta – Unta atau onta merupakan spesies binatang berkuku belah dari genus Camelus. Unta berpunuk tunggal mempunyai nama Latin Camelus dromedarius dan unta berpunuk ganda berjulukan Latin Camelus bactrianus. Hewan ini hidup dan sanggup ditemukan di wilayah kering atau gurun di benua Asia dan tempat Afrika Utara. Rata-rata umur unta bisa mencapai 30-50 tahun.


Domestikasi unta yang dilakukan insan sudah dimulai semenjak kurang lebih 5.000 tahun silam. Hingga sekarang unta masih dimanfaatkan untuk diambil susunya yang diyakini mempunyai nilai gizi yang jauh lebih tinggi dari susu sapi. Selain itu, unta juga diambil dagingnya untuk konsumsi serta dijadikan binatang pekerja.


Ciri-ciri Khusus Unta


pixabay.com



  • berpunuk, berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan kuliner berbentuk lemak,

  • memiliki bulu mata yang panjang dan dua lapis kelopak, berfungsi sebagai pelindung mata dari debu,

  • banyak minum dan sangat sedikit sekali berkeringat, yang yaitu cara mereka bertahan hidup,

  • memiliki kaki dan telapak kaki yang tebal, berfungsi semoga kaki unta tak gampang terperosok di pasir serta melindungi dari panasnya pasir.


Manfaat Unta


pixabay.com

Unta tidak hanya dimanfaatkan untuk diambil tenaga sebagai binatang pekerja atau pengangkut, namun beberapa penggalan tubuhnya bisa dikonsumsi oleh insan yang mana banyak mengandung banyak nilai gizi. Daging unta sendiri selain enak juga mempunyai gizi dan lemak yang baik untuk tubuh serta tak mengandung kolesterol.


Susu unta pun berdasarkan penelitian lebih banyak mengandung nilai gizi dibanding susu sapi. Hati unta juga bisa mengobati aneka macam macam penyakit menyerupai asma dan bisa menghitamkan dan melebatkan rambut pengkonsumsinya.


Keunikan Unta


pixabay.com


  • Unta sudah didesain sedemikian rupa secara khusus semoga bisa hidup di padang pasir.

  • Kaki unta mempunyai dua jari yang saling terkait dengan alas yang fleksibel. Sebab itulah kaki unta bisa bertahan dan berpijak dengan besar lengan berkuasa di atas pasir.

  • Unta bisa bertahan hidup selama 3 ahad lamanya tanpa air, namun akan kehilangan 33% berat badannya.

  • Unta mempunyai punuk sebagai tempat persediaan makanan. Punuk ini berisikan lemak yang menyediakan zat kuliner secara teratur.

  • Bulu-bulu di tubuh unta terdiri dari rambut tebal dan bulu kempa yang melindungi tubuhnya dari sengatan panas serta bisa mencegah tubuh unta kehilangan banyak air.

  • Faktanya, unta bisa mengkonsumsi 130 liter air hanya dalam waktu 10 menit.

  • Bulu mata pada unta berbentuk menyerupai dua sisir terpisah yang juga saling melekat. Dengan bentuk itu, butir pasir sekecil apapun tidak akan sanggup masuk ke mata unta.

  • Bibir unta sangatlah besar lengan berkuasa layaknya karet bahkan bisa memakan duri dengan mudahnya.




Demikian pembahasan perihal ciri-ciri unta, manfaat, serta keunikannya. Jika kau ada pertanyaan atau ingin mengetahui ciri-ciri binatang yang lain, silakan ketikan kata kunci di kolom pencarian ya. Terima kasih sudah berkunjung di Ciriciri.ID 😀




Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Unta, Manfaat, Dan Keunikannya Dari Binatang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel