iklan

Ciri-Ciri Enzim Dan Cara Kerjanya Dalam Proses Metabolisme Tubuh

Ciri-ciri Enzim – Sebelum mengenali ciri-ciri enzim, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa bergotong-royong enzim itu. Enzim adalah senyawa protein yang bertindak selaku biokatalisator yang berarti senyawa tersebut bisa mempercepat suatu reaksi kimia, akan tetapi zat itu sendiri tak ikut bereaksi.


Dikutip dari Wikipedia, enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik.


Umumnya sebuah enzim tersusun dari dua bagian, yaitu apoenzim yang di dalamnya mengandung protein, dan koenzim yang di dalamnya tak mengandung protein. Lalu, apa sajakah ciri-ciri dari suatu enzim, berikut pemaparannya.



Ciri-ciri Enzim dan Penjelasannya


wikiwand.com

1. Enzim bekerja secara spesifik


Artinya enzim tak sanggup bekerja pada semua substrat, akan tetapi hanya sanggup bekerja pada substrat-substrat tertentu saja.


2.Enzim berupa koloid


Artinya dalam larutan, enzim akan membentuk suatu koloid sehingga aktivitasnya menjadi lebih besar.


3. Enzim sanggup bereaksi dengan substrat asam dan basa.


Artinya, sisi aktif enzim memiliki gugus R residu asam amino yang spesifik.


4. Termolabil


Artinya acara enzim sangat dipengaruhi oleh suhu. Jika suhu rendah, maka acara enzim akan melambat. Semakin tinggi suhu, maka reaksi kimia yang dipengaruhi enzim semakin cepat. Namun, jikalau suhu terlalu tinggi, makan enzim akan mengalami denaturasi.


5. Cara kerja enzim bersifat bolak-balik (reversible),


Artinya enzim tak sanggup memilih arah reaksi, namun hanya sanggup mempercepat laju reaksi sampai mencapai sebuah keseimbangan.


Cara Kerja Enzim


ufjf.br

Enzim mengkatalis reaksi dengan meningkatkan kecepatan suatu reaksi. Hal tersebut dilakukan dengan menurunkan energi aktivasi (energi yang diperlukan untuk melaksanakan reaksi). Penurunan energi aktivasi dilakukan dengan membentuk kompleks dan substrat.


Sederhananya, kerja enzim sanggup digambarkan sebagai berikut:


Substrat + Enzim –> Kompleks Enzim – Substrat –> Enzim Produk


Setelah produk dihasilkan dari suatu reaksi, maka enzim kemudian dilepaskan. Enzim kemudian bebas untuk membentuk kompleks yang gres beserta substrat yang lainnya.


Secara umum, cara kerja enzim sanggup dijelasknan dengan memakai dua teori, yakni teori gembok dan kunci dan teori kecocokan terinduksi.


1. Teori Gembok dan Kunci (Lock and Key Theory)


pintarbiologi.com

Teori menyatakan bahwa enzim dan substrat akan menyatu bersama kemudian membantuk kompleks, layaknya kunci yang masuk ke gemboknya. Dalam kompleks, substrat sanggup bereaksi dengan energi aktivasi yang rendah. Setelah bereaksi, kompleks akan lepas berikut produknya serta membebaskan enzim


2. Teori Kecocokan yang Terinduksi (Induced Fit Theory)


wizamisasi.com

Sisi aktif sebuah enzim bersifat fleksibel sehingga sanggup berubah-ubah bentuk sesuai dengan bentuk substratnya. Saat substrat memasuki sisi aktif dari enzim, maka bentuk sisi aktif akan termodifikasi membentuk kompleks. Saat produk lepas dari kompleks, maka enzim kembali tak aktif menjadi bentuk lepas, sampai substrat lain sanggup bereaksi dengan enzim tersebut.


Faktor yang Mempengaruhi Reaksi Enzim


Ada banyak faktor yang mensugesti prosedur reaksi enzim, yakni mencakup diantaranya:


1. Suhu dan pH


Enzim hanya sanggup bekerja secara maksimal pada kisaran suhu antara 38-40 derajat Celcius dan kadar pH antara 6-8.


2. Konsenstrasi enzim dan substrat


Penambahan konsentrasi antara keduanya berakibat peningkatan pada kecepatan reaksi sehingga kemudian dicapai kecepatan yang konstan. Tambahan dari zat kimia tertentu juga sanggup meningkatkan acara kerja suatu enzim.


3. Ada atau tidaknya inhibitor


Ada dua jenis inhibitor enzim yakni inhibitor kompetitif dan inhibitor non-kompetitif. Inhibitor kompetitif adalah molekul penghambat yang saat bekerja ia akan bersaing dengan substrat untuk mendapat sisi aktif enzim. Sementara inhibitor non-kompetitif adalah molekul penghambat enzim yang cara kerjanya dengan melekatkan diri pada sisi luar aktif, sehingga bentuk enzim akan berubah dan sisi aktifnya menjadi tak berfungsi.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Enzim Dan Cara Kerjanya Dalam Proses Metabolisme Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel