iklan

Alasan Mengapa Bintang Di Langit Berkedip

Mengapa Bintang di Langit Berkedip - Setelah anda membaca klarifikasi yang dikemukan dalam postingan kali ini, anda menjadi tahu mengapa atau apa yang mengakibatkan bintang-bintang di langit kelihatan berkedip-kedip.

Apa itu Bintang ?

Bintang ialah benda langit yang memancarkan cahaya. Dalam klasifikasinya, bintang itu sendiri terdapat dua jenis yaitu :
  • Bintang semu .
    Bintang semu ialah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain.
  • Bintang nyata.
    Bintang kasatmata ialah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. 
Pengertian Bintang berdasarkan para ilmuwan Astronomi ialah :
Bintang ialah semua benda masif (bermassa antara 0,08 hingga 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

Nah pernahkan anda melihat bintang-bintang berkedip-kedip di malam hari. Tentunya semua dari kita pernah melihatnya, baik yang berkedip-kedip secara terang maupun agak samar-samar.

Lalu kira-kira apa yang mengakibatkan bintang-bintang tersebut berkedip-kedip ?

Alasan Bintang tampak Berkedip-kedip ? 

Walaupun bagi kita tampak bintang berkedip-kedip ketika melihatnya di malam hari, namun intinya bintang-bintang tersebut tidak berkedip.

Fenomena bintang berkedip tersebut sanggup kita jelaskan dengan perumpamaan dengan dengan sebutir koin yang jatuh di dasar bak renang. Saat koin dilemparkan ke bak renang hingga koin itu menyentuh dasar kolam, koin akan tampak bergelombang. Hal tersebut disebabkan lantaran adanya pembelokan cahaya yang dipantulkan dari koin.yang  terjadi pada air di bak .

Tentunya sama juga dengan apa yang terjadi pada bintang-bintang di langit.  Seperti yang disebutkan di atas, bahwa bintang ialah benda langit yang memancarkan cahaya. Agar cahaya bintang tersebut sanggup hingga ke mata manusia, cahaya dari bintang tersebut harus melalui beberapa mil dari atmosfer Bumi sebelum hingga ke mata kita.

Hal itu seperti kita melihat langit dari dasar bak renang. Atmosfer Bumi mengalami pergolakan dengan angin yang berhembus, dan pusaran yang terbentuk berputar serta menyebar sepanjang waktu.

Aktivitas ini bertindak menyerupai lensa prisma yang membelokkan cahaya bintang dari satu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Untuk benda-benda yang terlihat besar menyerupai Bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga terlihat tak berkedip.

Tetapi bintang terletak lebih jauh dan sumber cahayanya berupa titik, sehingga ketika masuk dalam atmosfer pribadi dibelokkan dengan intensitas yang cepat dan mengakibatkan bintang tampak berkedip.

Planet menyerupai Mars, Venus, dan Jupiter, jikalau dilihat dari Bumi tampak menyerupai bintang terang, alasannya letaknya lebih akrab dengan Bumi sehingga cahayanya tidak terbelokkan. Namun terkadang terjadi pula kerlap-kerlip yang bervariasi dalam jumlah cahaya yang berasal dari planet ini.

Sumber http://www.kontensekolah.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan Mengapa Bintang Di Langit Berkedip"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel