iklan

7 Langkah Sukses Ternak Ciblek Untuk Kicaumania Pemula

Burung ciblek sudah tidak absurd lagi ditelinga masyarakat apalagi bagi para kicaumania, lantaran burung yang satu ini mempunyai bunyi yang khas yaitu nge-bren dan nembak. Serta mempunyai gaya yang khas yang biasa disebut ngalung. Burung yang mulai langka ini sangat banyak peminatnya, hal ini disebabkan oleh suaranya yang tajam dan burung ini juga sangat baik untuk isian burung fighter. Berikut yaitu cara gampang dalam ternak ciblek atau membudidayakan burung ciblek.


Burung ciblek sudah tidak absurd lagi ditelinga masyarakat apalagi bagi para kicaumania 7 Langkah Sukses Ternak Ciblek Untuk Kicaumania Pemula
Ternak ciblek pemula

Calon Indukan


Adapun calon indukan yang anggun dalam ternak ciblek mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.


JantanPilihlah calon pejantan yang sehat, mempunyai sifat fighter yang tinggi, jinak, suaranya nembak, bunyi keras dan tajam, bertubuh bongsor  dan sehat fisiknya (tidak cacat). Sudah berumur diatas 1 tahun.


BetinaPilihlah calon indukan betina yang sehat, agresif/mau ngeper jikalau didekatkan pejantan. Usia minimal berumur 6 bulan. Lebih baik lagi indukan betina berusia 1 tahun.


artikel burung kicau: Panduan Khusus Ternak Cucak Rowo, Baca Disini


Kandang penangkaran 


Pembuatan sangkar penangkaran dalam ternak ciblek minimal berukuran 60 x 90 x 90. Kandang ciblek sanggup dilengkapi dengan flora semak supaya terkesan alami. Apabila Anda melaksanakan ternak ciblek dalam jumlah yang banyak, usahakan antar sangkar ciblek saling tertutupi. Hal ini dimaksudkan supaya antar pasangan indukan tidak saling melihat.


Proses Penjodohan Ternak Ciblek 


Dekatkan ciblek jantan dengan betina pada sangkar ciblek yang berbeda selama 1 hari. Jika belum saling merespon, jauhkan kedua burung sehingga tidak saling melihat. Ulangi lagi di hari berikutnya dengan menambahkan makanan ciblek EF berupa ulat hongkong 1 sendok teh di pagi hari, kroto 0,5 sendok makan di siang hari, jangkrik di sore hari sebanyak 2 ekor. Calon indukan yang dijodohkan jikalau sudah mulai merespon akan ditandai dengan berkicau saut-menyaut irama dengan kompak. Jangan terburu-buru menyatukan dalam satu kandang. Jagalah jarak antara ciblek jantan dan ciblek betina, namun tetap sanggup saling melihat. Sesekali didekatkan dan di jauhkan kembali.


Lakukan metode penjodohan ini dalam ternak kacer Anda secara berulang-ulang, jikalau pasangan tersebut sudah saling pertanda ketertarikan cobalah untuk menurunkan porsi makanan ciblek EF dengan dosis 5 ekor ulat hongkong saja, sedangkan betina tidak diberikan EF sama sekali. Amati baik-baik jikalau betina berusaha meminta EF dan pejantan mau memperlihatkan sebagian EF nya, ini pertanda pasangan tersebut benar-benar sudah berjodoh. Pada sore harinya cobalah untuk dilepaskan dalam satu sangkar ternak, namun tanpa diberikan EF dengan tujuan menekan birahi supaya indukan tersebut tidak terlalu berangasan yang menjadikan pertarungan. Ciblek mempunyai sifat dasar petarung yang cukup kuat.


Setelah dua hari tanpa diberikan EF dan benar-benar sudah berjodoh, berikan makanan ciblek EF lagi dengan dosis 2 cendok teh ulat hongkong pada pagi hari, 1 cendok makan kroto di siang hari dan sore harinya 4 ekor jangkrik / 1 cendok makan sedang, poer tetap diberikan setiap hari ibarat biasa selalu tersedia. Bila birahi cilbek sudah stabil, maka perkawinan akan terjadi dan tidak usang kemudian betina mulai bertelur.


Burung ciblek sudah tidak absurd lagi ditelinga masyarakat apalagi bagi para kicaumania 7 Langkah Sukses Ternak Ciblek Untuk Kicaumania Pemula
Teknik perjodohan dalam ternak ciblek

Kotak Sarang Ternak Ciblek 


Tempat bertelur atau kotak sarang sanggup memakai gelas plastik  atau kotak kayu yang seukuran gelas. Isi gelas plastik dengan serat nanas atau rumput kecil-kecil yang telah kering ataupun daun cemara kering.


Pengeraman Ternak Ciblek 


Telur akan menetas sehabis 11 hari pengeraman. Hal yang perlu diperhatikan yaitu ketenangan burung jangan hingga terganggu dan berikan EF sebanyak 6 ekor ulat hongkong di pagi hari, kroto sebanyak 1 sendok teh di siang hari, 2 ekor jangkrik / 2 cendok teh limbah jangkrik untuk mencegah  birahi muncul ketika pengeraman.


Penyapihan Ternak Ciblek


Penyapihan piyikan sanggup dilakukan pada usia 4-5 hari (panen dini) lantaran jikalau disapih sehabis usia 5 hari, maka sangat beresiko untuk piyikan dibuang oleh induknya. Hal ini disebabkan lantaran tingkat birahi ciblek sangat labil.


Ransum Untuk Piyik/Anakan 


Setelah disapih, piyikan mulai usia 8 hari sanggup diberikan kroto segar dengan dicampur serutan kalk (bisa dibeli di Apotik). 1 butir kalk cukup untuk 7 hingga 10 hari. Setelah usia diatas 8 hari barulah piyik dikenalkan pakan perhiasan berupa poer yang encerkan hingga berbentuk campuran (kroto kristal mactel halus) yang dicampur dengan serutan kalk dan kroto segar. Untuk meningkatkan kekuatan tulang berikan 5 hingga 7 kali dengan porsi kecil. Setelah usia 22 hari umumnya piyikan mulai mencar ilmu makan sendri, oleh risikonya siapkan kroto segar ditempat pakan piyikan tersebut.


Jika piyikan sudah bisa makan sendiri, sebaiknya campurkan kroto dengan sedikit poer kering. Setelah piyikan berusia 1 bulan, piyikan sudah bisa diberikan pakan berupa poer.


artikel pakan burung: Tips Membuat Kroto Super


Catatan Tambahan


Selain tidak mau mengerami telurnya atau membuang telur sendiri bahkan terkadang indukan betina ciblek memakan telurnya sendiri. Terdapat beberapa faktor yang menciptakan indukan burung ciblek mempunyai sikap menyimpang dalam ternak ciblek, diantaranya sebagai berikut:


Kekurangan nutrisi dalam tubuh



  • Kekurangan kalsium ( Ca)

  • Kekurangan fosfor (P)

  • Kekurangan vitamin A dan D


Solusi: Berikan Bird Mature (tinggi mineral dan vitamin)


Sarang terlalu terang


Di alam liar daerah bersarang burung ciblek selalu berada ditempat yang cenderung gelap. Usahakan untuk menciptakan suasana sekitar sarang supaya cenderung gelap. Misal dengan menambahkan flora disekitar sarang ternak ciblek, baik flora sungguhan maupun flora dari plastik.


Tempat bersarang terlalu rendah


Pindahkan sarang ke daerah yang lebih tinggi, idealnya daerah bersarang untuk ternak ciblek yaitu 2 meter dari atas lantai.


Indukan betina kurang berpengalaman


Biasanya permasalahan ini terjadi pada betina yang gres masuk usia sampaumur (6 hingga 7 bulan). Carilah indukan untuk ternak ciblek betina yang telah berusia 1 tahun, yang telah matang semua organ reproduksinya.


Jika terlanjur memakai indukan yang belum berusia 1 tahun ada solusi yang sanggup Anda lakukan yaitu :



  • Mengambil setiap telur yang di keluarkan oleh indukan betina

  • Mengganti telurnya dengan telur palsu (dapat dibeli di toko asesoris burung)

  • Telur yang orisinil sanggup ditetaskan dengan memakai inkubator atau mesin tetas


Burung ciblek sudah tidak absurd lagi ditelinga masyarakat apalagi bagi para kicaumania 7 Langkah Sukses Ternak Ciblek Untuk Kicaumania Pemula
Piyikan ciblek – ternak ciblek

Sarang terlalu sempit


Kondisi ini menjadikan beberapa telur mengalami keretakan atau pecah, dan Anda menerka bahwa indukan memakan telurnya sendiri. Buatlah sarang ternak ciblek yang cukup lebar semoga hal tersebut sanggup dihindari.


Sumber gambar: omkicau, ternak burung




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Langkah Sukses Ternak Ciblek Untuk Kicaumania Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel