iklan

123+ Daftar Istilah Dalam Internet Dan Artinya [Lengkap]

Daftar Istilah dalam Internet –  Internet ialah sebuah jaringan komputer yang terhubung dengan dengan komputer lainnya dan saling berkomunikasi serta bertukar data dan informasi tanpa terbatasi wilayah teritorial negara atau global.


Terdapat banyak istilah di dalam dunia internet yang kini banyak kita jumpai. Di antaranya bahkan kadang tidak sama sekali kita tahu apa artinya. Selain itu, kadang sebagian kita mungkin pernah memakai istilah tersebut namun tak benar-benar paham apa artinya dan fungsinya.


Kebanyakan istilah-istilah tersebut terbentuk dari kata-kata yang berasal dari bahasa asing, umumnya dari bahasa Inggris kemudian kemudian dijadikan istilah dalam dunia internet Indonesia. Berikut yakni 123+ istilah dalam internet beserta penjelasannya.


Daftar Isi


Istilah dalam Internet beserta Arti dan Fungsinya


1. 3G


2. 4G


3. Account


Sebuah data atau informasin dari seseorang yang biasanya terdiri dari username/nama pengguna dan juga password/kata sandi beserta beberapa keterangan embel-embel lainnya.


4. Archive


Sebuah alat untuk melaksanakan peng-indeks-an arsip yang berada dalam FTP/File Transfer Protocol yang menjadikan seseorang sanggup melaksanakan pencarian secara lebih spesifik.


5. Attachment


Bentuk pesan yang di dalamnya dilampirkan atau disertakan file dari komputer, umumnya dipakai dalam sebuah layanan e-mail.


6. Bandwidth


Artinya lebar pita, yang yakni besaran yang memperlihatkan suatu kapasitas transfer banyaknya data dan informasi yang dilewatkan dalam suatu koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatannya sanggup berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan bandwdith ialah Mbps/Mega bit per second atau Kbps/Kilo bit per second.


7. Banned


Tindakan yang dilakukan untuk memblokir akun seseorang oleh pihak pengatur dan pengelola (moderator). Biasanya tindakan ini dilakukan melalui penyampaian secara tegas melalui chat, e-mail, atau milis lantaran dugaan identitas atau akun tersebut terbukti melaksanakan pelanggaran, baik berupa penyalahgunaan perjanjian, mengganggu pihak lain, merusak atau mengacau acara internet.


8. Banner


Sebuah media informasin yang biasanya berbentuk gambar untuk menampilakn suatu iklan bergambar tertentu di website. Banner berfungsi sebagai ajang untuk melaksanakan promosi suatu produk, merek, layanan, jasa, atau daerah dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis.


9. Blog


Singkatan dari Web Log yang dipakai sebagai situs pribadi milik seseorang. Namun, kini ini blog bisa mengatakan banyak sekali macam informasi,bisa berupa kesehata, pendidikam, tutorial, kesehatan, dan lain sebagainya yang mana keberadaannya sudah layaknya sebuah website terpadu.


10. Blogger


Sebutan atau panggilan bagi seseorang yang membuat blog kemudian kemudian mengelola, merawat, dan memoderasinya untuk tujuan tertentu.


11. Blogging


Kegiatan yang dilakukan oleh blogger baik berupa mengisi konten, mendesain, mempraktekkan teknik SEO, mengunjungi situs lain, dan lain sebagainya.


12. Bookmark


Menyimpan halaman web tertentu yang disukai ke browser supaya dilain waktu bisa dibuka kembali dengan mudah.


13. Browser/Web Browser


Sebuah aplikasi yang dipakai pengguna untuk menjelajahi dunia internet atau bisa dikatakan sebagai wadah atau kendaraan untuk membuka halaman website dari seluruh dunia yang ada di jaringan internet. Contoh dari browser ialah Google Chrome, Safari, Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan lain-lain.


14. Browsing


Kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menjelajahi banyak sekali halaman situs dengan tujuan tertentu menyerupai mencari informasi dengan mengikuti link-link ke halaman web.


15. Buffering


Suatu kondisi dikala acara menonton video terhenti disebabkan kecepatan internet yang lambat atau akhir paket internet yang habis


16. Captcha


Suatu aba-aba verifikasi untuk melanjutkan proses yang berkhasiat untuk memastikan pengguna tersebut bukanlah robot.


17. CGI/Perl


Salah satu bahasa komputer yang dipakai untuk membuat suatu acara interaktif dalam sebuah laman web. Bahasa ini dikembangkan oleh pengguna sistem operasi berbasis UNIX/Linux


18. Chat


Sebuah layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk sanggup saling berinteraksi satu sama lain melalui teks tanpa adanya waktu tunggu/realtime.


19. Chatting


Istilah yang mengacu pada acara chat itu sendiri, dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam waktu yang bersamaan memakai layanan chat tertentu.


20. Communication Protocol (Komunikasi Protokol)


Sebuah bentuk komunikasi satu set dengan aturan standar tertentu yang sudah dirancang sehingga sesama komputer bisa saling menyebarkan informasi dan data dengan meminimalisir kesalahan yang kemungkinan akan terjadi.


21. Connect


Yaitu menghubungkansebuah komputer ke koneksi internet.


22. Close Tab


Aktivitas menutup tab yang terbuka pada sebuah web browser.


23. Cookie


Suatu informasi mengenai client dari komputer server yang kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.


24. Cyberlaw


Sebuah aturan atau aturan yang berlaku di dunia internet.


25. Cryptography


Bentuk penyampaian sebuah pesan memakai aba-aba atau sandi tertentu supaya pesan tersebut bisa dikirim dengan lebih aman.


26. CSS (Cascading Style Sheet)


Sekumpulan kode/script yang tersusun rapi untuk mempercantik tampilan sebuah laman web serta sanggup mempercepat waktu loading web tersebut disebabkan struktur aba-aba HTML yang lebih singkat. CSS terdiri dari 3 komponen yakni selector, property, dan value.


27. Cybercrime


Semua bentuk tindak kriminalitas yang terjadi dan dilakukan di dunia internet.


28. Cyberspace


Istilah yang dipakai untuk menggambarkan internet/dunia maya. Istilah ini dipopulerkan pertama kali oleh William Gibson dalam novelnya yang berjudul Neuromancer.


29. Cybersquatting


Yakni suatu acara pembelian nama domain di internet yang mana mempunyai kesaamaan dengan sebuah perusahaan, nama produk, atau naam seseorang. Sebab kesamaan itulah kemudian pembeli kemudian menjual domain tersebut ke perusahaan yang bersangkutan dengan harga yang relatif lebih mahal.


30. Dial-Up


Salah satu jenis koneksi internet yang memakai jaringan telepon.


31. Disconnect


Lawan dari connect, yakni acara tetapkan kekerabatan komputer dengan internet yang sebelumnya telah terkoneksi.


32. Domain name


Yaitu alamat permanen sebuah situs di internet yang unik dan dipakai untuk mengenail sebuah situs /alamat supaya bisa ditemukan di internet.


33. Download


Suatu kegiatan mengambil file, gambar, audio, video, serta informasi/data dari internet kemudian kemudian disimpan ke komputer pribadi pengguna.


===


34. Downstream


Kecepatan anutan data dari komputer lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari upstream).


35. DSL (Digital Subscriber line)


Suatu metode transfer data melalui saluran telepon regular.


36. E-commerce (Electronic Commerce)


Perdagangan atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.


37. E-mail (Elektronik Mail)


Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat elektonik melalui internet).


38. Encryption


Menjadikan sebuah pesan supaya tidak sanggup dibaca kalau tidak memakai suatu acara untuk membukanya.


39. E-payment


Alat pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik menyerupai internet.


40. Flames


Berbagai pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat akseptor (e-mail) menjadi marah.


42. Follow


Aktifitas untuk mengikuti seseorang di internet, contohnya follow akun twitter dan instagram.


43. Forward


Kembali ke halaman web yang telah diakses/dibuka.


44. Firewall


Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.


45. FTP (File Transfer Protokol)


Protokol yang dipakai untuk mengirim (mentransfer) dan/atau mendapatkan file dari internet, umumnya berbasis TCP/IP.


46. Game Online


Game yang dimainkan secara online (akses internet) dan sanggup dimainkan secara multiplayer.


47. Gateway


Menerjemahkan antara 2 protokol berbeda sehingga bisa menyediakan saluran untuk menghubungkannya ke sistem jaringan.


47. Gopher


Aplikasi internet untuk mencari informasi yang ada di internet namun terbatas hanya pada teks dengan cara menghubungkan komputer pribadi ke gopher server yang ada di dalam internet.


48. GPRS (General Packet Radio Service)


49. Guest book


Layanan interaktif pada suatu website/blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan membaca goresan pena dari seorang pengunjung.


50. Hacker


Seseorang yang jago di bidang pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol sistem keamanan jaringan (misalnya di internet).


51. History


Membaca atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.


52. Homepage


Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.


53. Hoax (mail)


Suatu kebohongan dalam e-mail yang berasal dari alamat yang tidak jelas.


54. Hosting


Ruangan penyimpanan menyerupai layaknya harddisk daerah menyimpan data, file, gambar dan lain-lain yang kemudian akan ditampilkan dalam sebuah situs.


55. Hostpot


Lingkup area yang mengatakan layanan saluran internet dengan memakai Wi-Fi.


56. HTML (Hyper Text Markup Language)


Sebuah bahasa markup atau aba-aba yang dipakai untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan aba-aba tersebut melalui mekanisme internet sehingga sanggup menampilkan informasi kepada pengunjung.


57. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Protokol (antarmuka) yang dipakai pada awal URL site untuk menjelaskan acara browser bahwa antarmukanya yakni HTTP. Contohnya yakni http://www.example.com


58. HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)


HTTP dengan embel-embel sistem keamanan untuk melindungi encrpyts dan decrpyts undangan dari halaman web.


59. Hyperlink/link


Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.


60. Hypermedia


Suatu media yang bukan hanya teks saja, melainkan ada embel-embel fitur baik itu bunyi maupun video.


61. Hypertext


Teks Hyper yang maksudnya yakni sebuah teks yang berkaitan dengan dokumen lainnya.


62. IE (Internet Explorer)


Program untuk menampilkan halaman website di internet (Web Browser) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.


63. Inbox


Pesan masuk kepada penerima.


64. Internet Banking (i-banking)


Layanan perbankan yang dilakukan memakai jaringan internet.


65. Internet Marketing


Teknik pemasaran untuk melaksanakan usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.


66. Internetpreneur


Pengusaha yang berkecimpung di dunia internet.


67. Internet-TV


TV yang mengalami perbuahan dan modifikasi sehingga sanggup dipakai sebagai media untuk berkomunikasi melalui jaringan internet.


68. Intranet


Sebuah jaringan lokal yang menghubungkan sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya dipakai untuk kepentingan internal suatu perusahaan, instansi atau organisasi.


69. IP Address


Protokol yang mengatur sistem pengalamatan dalam jaringan, umumnya dipresentasikan dalam angka biner yang membentuk satu kesatuan 4 deret bilangan antara 0 hingga 255. Masing-masing deret dipisahkan dengan titik (.), IP ini juga dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D dan E. Contoh IP Address yaitu 192.168.0.2 (kelas C).


70. IRC (Internet Relay Chat)


Fasilitas/layanan di internet yang memungkinkan untuk chatting.


71. ISP (Internet Service Provider)


Suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi saluran internet untuk penggunanya.


72. Login/Sign-In


Proses masuk ke dalam sebuah halaman web (misalnya masuk ke dalam akun pribadi) dengan memasukkan password dan username pengguna.


73. Logout/Sign-Out


Proses keluar dari sebuah halaman web (misalnya keluar dari akun pribadi).


74. Lycos


Sebuah Search Engine (mesin pencari) yang sanggup dipakai untuk mencari informasi. Sobat bisa mencoba search engine ini di www.lycos.com


75. Mailing list (Milis)


Aplikasi internet yang dipakai sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok/forum melalui e-mail internet.


76. Merchant


Suatu daerah pemasaran dan penjualan produk, jasa, atau layanan di internet


77. MIME (Multipurpose Internet Mail Extension)


Ekstensi e-mail yang dipakai untuk mengirim berkas melalui attachment e-mail supaya lebih gampang pengirimannya.


78. MLM (Multi Level Marketing)


Sistem penjualan/jasa melalui biro distributor group dengan mensponsori orang lain untuk melaksanakan hal yang sama (member cari member).


79. Modem (Modulator Demodulator)


Perangkat embel-embel komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya dan bisa menghubungkan suatu komputer ke internet.


80. Netter


Seseorang yang sering berkecimpung di dunia internet.


81. Network


Jaringan antar komputer yang saling terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan internet).


82. Newbie


Seorang pemula, umumnya gres mengenal sesuatu menyerupai mengenal internet, gres mengenal facebook, blog dan lain sebagainya.


83. News Group


Aplikasi internet yang dipakai untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum, umumnya mempunyai kepentingan yang sama untuk membahas topik tertentu.


84. New Window


Membuka jendela gres pada web browser untuk membuka suatu halaman web.


85. Offline


Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika tidak terhubung ke internet.


86. Online


Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika sedang terhubung ke internet (kebalikan offline).


87. Password


Kata kunci yang umumnya berupa kombinasi huruf, angka atau simbol dan bersifat diam-diam untuk mengamankan suatu informasi pribadi menyerupai akun di internet.


88. Paypal


Sistem pembayaran menyerupai rekening, namun datanya disimpan di internet (uang dalam internet).


89. Point to Point Protocol (PPP)


Protokol TCP/IP yang sering dipakai untuk mengkoneksikan komputer ke internet melalui modem atau perangkat lainnya.


90. Pop-Up


Bagian pada suatu situs yang melayang sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa iklan, fanspage atau promosi gambar lainnya.


91. POP (Post Office protokol)


Protokol untuk mengambil atau membaca sebuah e-mail dari sebuah server yang ada di internet ke komputer lokal/pribadi.


92. Protokol


Aturan standar yang mengatur mekanisme suatu jaringan sehingga sesama komputer sanggup saling terhubung untuk berkomunikasi.


93. Proxy server


Sebuah komputer server yang sanggup melaksanakan sebagai komputer lainnya untuk melaksanakan request terhadap content dari internet atau intranet.


94. Referrer


Suatu alamat situs/URL yang berasal dari pengunjung.


95. Refresh


Menyegarkan atau memperbaharui suatu halaman web.


96. Reload


Memanggil kembali halaman web (dimuat ulang).


97. Search Engine (Mesin Pencari)


Program suatu website yang dipakai untuk mecari informasi/data yang ada di internet. Contoh Search Engine yang sering dipakai dikala ini yaitu Google, Yahoo, Lycos, Bing dan masih banyak lagi.


98. SEO (Search Engine Optimazion)


Suatu teknik pada suatu website/blog dengan bersaing menjadi urutan teratas dalam hasil pencarian mesin pencari untuk meningkatkan traffik/kunjungan. Suatu website yang menerapkan teknik SEO akan lebih gampang tampil di halaman pertama mesin pencari, dengan begitu pengunjung akan berdatangan lantaran website tersebut gampang ditemukan. Semakin baik tekniknya, suatu website akan gampang mengalahkan saingannya di mesin telusur.


99. SERP (Search Engine Result Page)


Halaman web tertampil hasil pencarian mesin pencari menurut kata kunci tertarget.


100. Shareware


Perangkat lunak (software) yang dibagikan secara gratis oleh pengembang dan biasanya dibagikan melalui internet.


101. Sign up


Proses pendaftaran/registrasi layanan internet dalam pembuatan ID atau akun tertentu. Misalnya saja ketika belum mempunyai akun e-mail, kita bisa mendaftar akun lewat situs yang melayani e-mail (seperti gmail, yahoo mail). Saat mendaftar kita dikenai prosedur/mekanismenya menyerupai mengisi biodata, nomor HP dan lain-lain. Sign Up ini juga berlaku pada dikala pendaftaran Facebook, Twitter dan lain sebagainya.


102. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)


Protokol untuk mengirimkan e-mail dari komputer lokal/pribadi kepada server melalui jaringan internet (kebalikan dari protokol POP).


103. Spam


Pesan komersial atau iklan yang ditujukan kepada akseptor (umumnya di newsgroup/e-mail) namun bahwasanya pengguna tidak menginginkan pesan tersebut masuk.


104. Spider


Istilah yang mengacu pada penjelajah suatu website di internet, atau dengan kata lain mesin pencari itu sendiri.


105. Streaming


Kegiatan menonton gambar bergerak/video secara online.


106. Subscribe


Layanan yang memudahkan seseorang untuk berlangganan, contohnya subscribe channel youtube atau berlangganan blog sehingga ketika ada artikel/video gres pribadi bisa diketahui.


107. Surfing


Aktifitas berselancar menjelajahi halaman web di internet (bisa juga dikatakan browsing).


108. Telnet


Layanan remote login mengacu pada acara atau protokol yang menyediakan fungsi supaya seorag pengguna internet sanggup mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet.


109. Thread


Serangkaian surat yang ada dalam sebuah lembaga diskusi di internet.


110. Unfollow


Batal mengikuti akun seseorang di internet.


111. Unsubscribe


Batal berlangganan, contohnya batal berlangganan blog/channel youtube.


112. Update


Memperbaharui sesuatu supaya lebih optimal, contohnya memperbaharui acara antivirus supaya virus gres juga sanggup discan dengan baik.


113. Upload


Kegiatan yang dilakukan untuk mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file, dokumen, foto, video atau audio dari komputer pribadi ke internet.


114. Upstream


Kecepatan anutan data dari komputer lokal (milik pribadi) ke komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan, contohnya jaringan internet.


115. URL (Uniform Resource Locator)


Suatu sistem yang dipakai untuk mengidentifikasi alamat website, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web contohnya yakni www.siswamaster.com


116. Username


Nama pengguna, biasanya terdapat dalam sebuah akun di internet.


117. VPN (Virtual Private Network)


Jaringan yang sebagian di antaranya terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain kemudian lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses enkripsi) sehingga menjadikan network secara private/virtual (tertutup).


118. WAP (Wirelles Aplication Protocol)


Protokol untuk aplikasi wirelles yang merupakan hasil kerjasama industri untuk membuat standarisasi terbuka dan berbasis pada standar internet.


119. Web Designer


Seseorang yang jago dalam mendesain sebuah website supaya tampilannya tampak menarik dan bagus kalau dinilai oleh pengunjung.


120. Web Developer


Seseorang yang mempunyai keahlian dalam bahasa pemrograman untuk membuat website dinamis yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.


121. Web Hosting


Perusahaan yang menyediakan layanan untuk menyebarkan daerah penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website (intinya penyedia hosting).


122. Web Master


Seseorang yang mempunyai keahlian di dunia website


123. Web Page : Halaman web


124. Web Portal


Website yang menyediakan banyak sekali informasi dan layanan bagi pengunjungnya.


125. Webmail


Sebuah web yang menyediakan kemudahan dan sarana untuk pengiriman, penerimaan dan pembacaan email.


126. Website (Situs)


Kumpulan halaman yang dipakai untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau kekerabatan dari semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan banyak sekali link.


127. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)


Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).


128. WWW (Worl Wide Web)


Sistem menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk hypertext dan sanggup diakses oleh browser.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "123+ Daftar Istilah Dalam Internet Dan Artinya [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel