iklan

Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda

Saat ini perkembangan agrobisnis di Indonesia memperlihatkan prospek perjuangan yang sangat menjanjikan. Dahulu perjuangan budidaya melon hanya berpusat pada tempat tertentu saja akan tetapi ketika ini perkembangannya semakin meluas ke banyak sekali wilayah di Indonesia. Dari sekian jenis melon yang tumbuh di Indonesia, sebagian petani menentukan untuk membudidayakan jenis melon kuning dibandingkan dengan varietas tanaman melon hijau. Hal ini alasannya ialah minat pasar pada melon kuning sangat besar dan harga jual dari melon jenis ini sanggup mencapai dua kali lipat jikalau dibandingkan dengan harga dari melon hijau. Sehingga sangat tidak mengherankan jikalau petani lebih menentukan peluang bisnis budidaya melon kuning alasannya ialah sanggup mendatangkan laba yang besar setiap bulannya.


Info Peluang Usaha Bisnis Melon Kuning


Untuk membantu bagi Anda pemula yang ingin menekuni budidaya melon kuning maka kami akan berikan syarat penting apa saja yang perlu Anda perhatikan sebagai seorang pelaku perjuangan dalam budidaya tanaman melon.


Saat ini perkembangan agrobisnis di Indonesia memperlihatkan prospek perjuangan yang sangat menjan Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda
Panen buah melon kuning

Faktor pertama ialah Anda harus memperhatikan kondisi iklim dan media tanam. Suhu yang ideal untuk budidaya melon ialah sekitar 25 – 30o C, dengan ketinggian 300 – 900 mdpl, pancaran sinar matahari penuh serta curah hujan yang tidak terlalu tinggi atau relatif rendah. Untuk media tanam yang baik ialah Anda sanggup memakai tanah liat berpasir, tidak terlalu lembap dengan unsur pH sekitar 5,8 – 7,2 dan mempunyai kandungan materi organik berupa latosol, andosol, grumosol dan regosol.


Setelah itu faktor selanjutnya ialah penyemaian, pembibitan, pindah tanam dan perawatan. Hal ini akan kami berikan pada artikel di bawah ini


artikel terkait melon: Panduan Mudah Cara Menanam Melon, Baca Di Sini


Keuntungan Bisnis Budidaya Melon Kuning


Jika dibandingkan dengan tanaman melon hijau, jenis melon kuning ialah melon pribadi yang mempunyai harga jual yang tinggi di pasaran. Diperkirakan ketika ini harga jual melon kuning harganya lebih tinggi dua kali lipat jikalau dibandingkan dengan jenis melon hijau. Keunggulan dari buah melon kuning ialah kulit buahnya berwarna kuning mulus, dagingnya bertekstur tebal, rasa buahnya segar, renyah dan manis. Hal inilah yang menimbulkan buah ini berdaya jual tinggi. Melon kuning biasanya dihargai berkisar antara 10.000 – 15.000 rupiah /buah jikalau ditilik pada harga pasar tradisional. Harga tersebut akan melonjak tinggi mencapai 30.000 rupiah/buahnya jikalau masuk ke pasar modern atau supermarket – supermarket. Tidaklah mengherankan jikalau laba yang Anda akan dapatkan cukup besar.


Kekurangan Bisnis Budidaya Melon Kuning


Selain akan mendatangkan laba yang besar, tanaman melon ialah salah satu tanaman semusim yang cukup rumit dalam perawatannya. Banyak pelaku bisnis melon yang rela harus menelan kerugian yang tidak mengecewakan besar akhir tanaman melon yang dibudidayakannya terjangkit penyakit dan hama, sehingga karenanya tanaman melon mengalami gagal panen atau tidak menghasilkan atau berproduksi secara maksimal. Jenis penyakit yang sering menyerang tanaman melon kuning ialah layu bakteri, embun bulu dan layu fusarium. Penyakit pada tanaman melon biasanya mucul alasannya ialah kondisi cuaca yang sulit ditebak, proses pemupukan yang tidak seimbang, tingkat kelembaban lingkungan terlalu tinggi, dan kondisi drainase yang kurang baik. Oleh alasannya ialah itu untuk mencegah hal tersebut terjadi sebisa mungkin lakukan perawatan tanaman melon kuning Anda dengan ketelitian dan ketelatenan semoga terhindar dari resiko kegagalan panen.


Strategi Pemasaran Bisnis Melon Kuning


Saat ini taktik pemasaran yang sering dipakai ialah dengan sistem kemitraan. Biasanya para eksportir akan memperlihatkan kerjasama dengan para petani di pusat tanaman melon untuk membeli hasil panen para petani dengan harga beli yang sama – sama menguntungkan kedua belah pihak. Misalnya pada petani melon di tempat Jawa Barat yang menjual hasil panennya dengan sistem kemitraan dengan perjanjian harga beli sekitar 7.000 – 8.000 rupiah/kg.


Disamping sistem kemitraan, Anda sanggup juga memasarkan hasil panen ke kota – kota besar  yang potensial untuk memasarkan melon Anda. Misal ibarat yang dilakukan oleh para petani di Purwodadi yang memasarkan atau mendistribusikan hasil panennya keluar daerah. Contohnya ke tempat Solo, Yogyakarta, Jepara dan tempat Jawa Tengah lainnya.


Kunci Sukses Bisnis Melon Kuning


Dalam membidik peluang bisnis budidaya melon ini yang terpenting ialah Anda memakai bibit dengan kualitas terbaik, serta keuletan dan ketelitian Anda. Hal ini sanggup dimulai dari proses pembibitan dimulai, penanaman, pemeliharaan tanaman hingga pada ketika masa panen buah melon tiba. Dengan memakai bibit dari varietas unggul dan keuletan Anda sebagai pelaku perjuangan dalam memelihara tanaman melon maka tidak menutup kemungkinan bila nantinya hasil panen yang akan didapatkan akan maksimal dan sanggup mendatangkan laba yang cukup besar bagi Anda.


Saat ini perkembangan agrobisnis di Indonesia memperlihatkan prospek perjuangan yang sangat menjan Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda
Buah melon kuning

Demikian peluang bisnis buah melon kuning yang kami sampaikan. Semoga sanggup mengatakan kepada Anda sebuah ide penting dalam menjalankan bisnis budidaya melon. Selamat berwiraswasta dan salam sukses.


artikel melon lainnya: Inilah Manfaat Buah Melon Jika Anda Mengkonsumsinya


sumber gambar: kabarkabur,animhosnan,digilines




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Meledakkan Daya Jual Hasil Budidaya Melon Kuning Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel