iklan

Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Penggalan Bangsa Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia

Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia - Saat mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian tentu pernah mempelajari salah satu bahan perihal Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia. Pada bahan ini kalian akan mempelajari menyerupai apa itu pengertian bangsa berdasarkan beberapa ahli, apa itu pengertian negara, menyerupai apa semangat kebangsaan menyerupai nasionalisme, dan patriotisme. Agar kemampuan kalian dalam memahami bahan pada potongan ini semakin anggun maka alangkah baiknya bila kalian sering-sering melatih diri dengan menjawab soal-soal. Pada kesempatan ini saya akan menawarkan Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.








A. Pilihlah salah satu tanggapan yang benar dengan menawarkan tanda silang (x) di depan aksara a, b, c, d, ataupun e !



1. Otto Bauer beropini bahwa bangsa ialah sekelompok insan yang mempunyai persamaan karakter dan tumbuh karena...


a. persamaan sejarah
b. perasaan setia mitra yang agung
c. persamaan keturunan
d. kesatuan tempat tinggal
e. persamaan nasib


2. Terjadinya negara sebab warga mengikatkan diri dalam perjanjian bersama untuk mendirikan suatu organisasi yang bisa melindungi dan menjamin kelangsungan hidup bersama ialah terjadinya negara, berdasarkan teori ….

a. kekuasaan
b. ketuhanan
c. kedaulatan negara
d. kedaulatan hukum
e. perjanjian masyarakat


3. Salah satu faktor yang menimbulkan pentingnya ratifikasi negara lain dalam unsur terbentuknya negara ialah ....

a. pelaksanaan politik luar negeri yang harus diadaptasi dengan kepentingan nasional
b. stabilitas dalam negeri yang masih rawan dari perpecahan dan perebutan kekuasaan
c. problem ekonomi harus dipecahkan dengan kolaborasi antarnegara
d. teknologi yang harus diwaspadai dari efek negara-negara lain
e. kebudayaan negara maju mensugesti negara yang gres berdiri


4. Tugas esensial negara ialah ...

a. fungsi legislatif
b. fungsi eksekutif
c. fungsi yudikatif
d. mempertahankan negara sebagai organisasi politik yang berdaulat
e. memperbesar kesejahteraan umum baik moral, intelektual, sosial, maupun ekonomi


5. Suatu negara terjadi sebab memisahkan diri dengan negara yang semula menguasainya, ialah ....

a. separatisme
b. cesie
c. anexatie
d. fusi
e. occupatie


6. Untuk menanamkan jiwa atau semangat patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda yang kini ini dirasa kurang ialah ….

a. sumber dana
b. sumber daya insan yang terampil
c. sarana dan prasarana
d. keteladanan
e. peraturan hukum


7. Faktor pemersatu bagi bangsa Indonesia ialah ....
a. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
b. pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya
c. menyadari arti Sumpah Pemuda 1928
d. perasaan senasib dan seperjuangan serta impian nasional
e. melestarikan semangat dan jiwa 1945


8. Bentuk negara yang hanya terdapat dalam kerajaan Inggris ialah .…
a. negara serikat
b. serikat negara
c. dominion
d. perwalian
e. uni


9. Menurut Aristoteles tujuan negara ialah ....

a. memenuhi kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan
b. memenuhi keinginan rakyatnya secara maksimal
c. menyelenggarakan hidup yang baik bagi warga negaranya
d. menyebarkan daya cipta rakyatnya sebebas-bebasnya
e. menjamin tersedianya kebutuhan hidup rakyatnya


10. Pengakuan secara de jure diwujudkan dalam bentuk ....

a. ratifikasi secara resmi berdasarkan aturan internasional
b. ratifikasi secara aktual telah berdirinya negara
c. mengadakan hubungan-hubungan yang bersifat khusus
d. melakukan perjanjian antara kedua negara
e. penerimaan sebagai anggota PBB


11. Semangat patriotisme dalam masa globalisasi remaja ini ialah ….
a. mengikuti contoh hidup dari luar yang disenangi
b. mempertahankan tradisi yang hamper punah
c. menolak masuknya budaya asing
d. mendapatkan budaya absurd yang baru
e. menyaring efek budaya asing


12. Unsur mutlak yang harus dipenuhi sebagai pembentuk negara ialah ….

a. unsur kedaulatan
b. unsur konstitutif
c. unsur deklaratif
d. unsur penting
e. unsur yuridis


13. Pengertian bangsa dalam arti antropologis ialah komplotan hidup insan sebab adanya kesamaan unsur-unsur di bawah ini, kecuali ....

a. ras
b. bahasa
c. agama
d. keinginan
e. kebudayaan


14. Bangsa ialah suatu masyarakat yang berada di suatu tempat yang sama dan mereka patuh pada kedaulatan negara sebagai suatu kekuasaan tertinggi ke luar dan ke dalam. Pengertian tersebut merupakan pengertian bangsa dalam arti ....

a. politik
b. sosiologis
c. antropologis
d. primordialisme
e. etimologis


15. Pengakuan de facto dari kemerdekaan suatu negara menimbulkan ….

a. sanggup mengadakan kekerabatan dengan negara lain
b. diakui keberadaannya di dunia internasional
c. sanggup diterima sebagai anggota organisasi regional
d. sanggup diterima sebagai anggota organisasi internasional
e. mempunyai kewenangan mengatur rakyat


16. Unsur deklaratif atau ratifikasi dari negara lain, dibutuhkan oleh negara yang merdeka dan berdaulat untuk ….

a. memenuhi tata pergaulan internasional
b. syarat sahnya suatu negara didirikan dan diakui
c. memenuhi keinginan PBB biar menjadi anggota
d. memperoleh sumbangan dana pembengunan
e. mendapatkan kedudukan yang sejajar dan baik


17. Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam ....

a. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea I
b. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea II
c. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea III
d. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 Alinea IV
e. pokok-pokok Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945


18. Berikut ini faktor pemersatu bagi bangsa berdasarkan pendapat Ernest Renan ialah ….

a. kesamaan bangsa
b. kesamaan suku
c. persamaan warna kulit
d. perasaan setia kawan
e. persamaan agama


19. Terjadinya negara Indonesia pada tahun 1945 dicapai melalui …

a. perjanjian
b. peperangan
c. peleburan
d. pemberian
e. kompromi


20. Di bawah ini termasuk rumusan tujuan negara Indonesia, kecuali ….

a. mencerdaskan kehidupan bangsa
b. memajukan kesejahteraan umum
c. menjamin kehidupan bersama bagi bangsa Indonesia
d. melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia
e. melakukan ketertiban dunia


21. Salah satu perbedaan yang menonjol antara teori lain dengan teori integralistik mengenai pengertian negara ialah bahwa teori integralistik lebih mengutamakan ....

a. persatuan antara pemerintah dan rakyat
b. mengurus kepentingan rakyat semata
c. keseimbangan antara hak dan kebebasan
d. kesejahteraan seluruh rakyat
e. ketenteraman pemerintah menjalankan fungsinya


22. Unsur wilayah negara yang paling luas ialah ....

a. daratan yang terhampar
b. lautan yang terbentang
c. tempat ektrateritorial
d. udara di atasnya
e. bahari territorial


23. Tujaan negara berdasarkan Immanuel Kant ialah ....

a. membuat kekuasaan negara sebesar-besarnya
b. membuat perdamaian dunia
c. menjamin hak dan kebebasan manusia
d. memajukan kesejahteraan manusia
e. membuat kebebasan dan kehormatan rakyat


24. Tokoh teori terjadinya suatu negara sebab adanya perjanjian yang dibentuk antarmasyarakat ialah ....


a. JJ Rouseau, Thomas Hobbes dan Jhon Lock
b. Voltaire, Niccollo Machiavelli dan Montesquiue
c. Socrates, Plato, dan Aristofeles

d. F. Julius Stahl, Agustinus, dan Thomas Aquino.
e. Immanuel kant, Dante Alegheiri dan Kranenburg


25. Salah satu nilai patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di bidang hankamnas ialah ….

a. mengorbankan jiwa raga dalam menghadapi musuh
b. berjuang untuk meraih impian demi masa depan
c. membantu TNI/Polri untuk memberantas kejahatan
d. menawarkan harta benda demi bangsa dan negara
e. rela berkorban untuk mengamankan wilayah negara


26. Menurut Friedrik Hertz bahwa setiap bangsa mempunyai empat unsur aspirasi sebagai berikut, kecuali ....

a. keinginan untuk mencapai kesatuan nasional.
b. keinginan mencapai kemerdekaan
c. keinginan untuk mandiri
d. ingin menonjol dari bangsa-bangsa yang lain
e. kebebasan berbudaya secara mutlak


27. Pengertian negara sebagai organisasi kekuasaan dipelopori oleh ….

a. Aristoteles
b. Logeman
c. JJ Ruseau
d. Palto
e. Montesqueau


28. Suatu paham yang mengagung-agungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain disebut ….

a. patriotisme
b. nasionalisme dalam arti luas
c. nasionalisme
d. chauvenisme
e. sinkretisme


29. Fungsi negara meliputi kiprah pokok yang meliputi fungsi legeslatif, fungsi eksekutif, dan fungsi yudikatif. Pendapat ini dinyatakan oleh ....

a. Van Vollen Hoven
b. Montesquieu
c. Prof. Mr. R. Kranenburg
d. Charles E. Merriam
e. George Jellinek


30. Negara mempunyai kekuatan yang sah untuk memksakan aturan yang telah dibentuk oleh forum yang berwenang kepada warga negaranya. Sifat hakikat negara yang demikian ini ialah ....

a. monopoli
b. memaksa
c. meliputi semua
d. berkuasa
e. berdaulatbesarnya



B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat !


1. Sebutkan unsur-unsur terbentuknya negara !

2. Sebutkan identitas nasional bangsa Indonesia !

3. Bagaimana fungsi negara berdasarkan Montequieu ?

4. Apa yang dimaksud kiprah esensial negara ?

5. Jelaskan empat perilaku yang harus dihindari dalam membina nasionalisme !
 








Semoga dengan adanya Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia ini kalian akan semakin termudahkan dalam memahami dan mempelajari bahan perihal bangsa dan kesatuan negara republik Indonesia. Kalian akan semakin mengerti apa itu pengertian negara, bangsa, dan semangat kebangsaan menyerupai patriotisme dan nasionalisme. Dengan mencar ilmu yang ulet semoga nilai Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kalian akan semakin bagus. Amin. Terimakasih telah membaca Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Bab Bangsa dan Kesatuan Negara Republik Indonesia.

Sumber http://abidtinfaz.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ) Penggalan Bangsa Dan Kesatuan Negara Republik Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel