iklan

Soal Latihan Usbn Smp Ipa Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN ialah sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada alhasil akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan ialah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten jikalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara akseptor didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan akseptor didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara akseptor didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, acara penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian simpulan :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka menurut Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan acuan soal dikala akan melaksakan USBN tersebut nanti lantaran soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, pribadi saja kita menuju Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran  IPA Kelas 9 ini sebagai materi acuan dikala menghadapi Ujian Sekolah ialah sebagai berikut :


    1. Perhatikan gambar alat dan materi serta data pengukurannya berikut!










    Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
    Besaran fisika
    Nilai pengukuran
    A.Volume zat cair = 79,6 cm³
    B.Volume zat cair = 204,6 cm³
    C. Massa zat cair = 79,6 gram
    D. Massa zat cair = 204,6 gram

    2. Perhatikan tabel berikut
    Pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
    A. 1 dan 2
    B. 2 dan 3
    C. 3 dan 4
    D. 2 dan 4

    3. Perhatikan tabel sifat benda berikut!
    Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah....
    A. 1, 2 dan 3
    B. 2, 3 dan 4
    C. 4, 3 dan 2
    D. 4, 2 dan 3

    4. Perhatikan pernyataan berikut!
    1. Nasi menjadi basi
    2. Es mencair
    3. Besi berkarat
    4. Kaca pecah
    5. Air menguap
    Perubahan fisika dinyatakan pada nomor...
    A. 1, 2 dan 3
    B. 1, 3 dan 5
    C. 2, 3 dan 4
    D. 2, 4 dan 5

    5. Berikut ini ialah nama beberapa zat.
    1. udara
    2. gula pasir
    3. air laut
    4. air murni
    5. emas
    Diantara zat-zat tersebut yang termasuk adonan ialah ... .
    A. 1, dan 3
    B. 2 dan 4
    C. 4 dan 5
    D. 1 dan 2

    6. Dua kendaraan beroda empat A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan kendaraan beroda empat B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua kendaraan beroda empat mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua kendaraan beroda empat saling berpapasan pada detik ke ….
    A. 20
    B. 24
    C. 30
    D. 40

    7. Pada benda yang mempunyai massa 4 kg bekerja gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah....
    A. 0,5 m/s²
    B. 2 m/s²
    C. 4 m/s²
    D. 12 m/s²

    8. Perhatikan gambar !

    Sopir kendaraan beroda empat sedan ingin memarkir mobilnya sempurna 3 m di depan kendaraan beroda empat truk yang mula-mula berjarak 10 m dari kedudukan sedan.
    Berapa perjuangan yang dilakukan oleh kendaraan beroda empat sedan tersebut ?
    A. 30 J
    B. 150 J
    C. 350 J
    D. 500 J

    9. Sebuah kendaraan beroda empat bergerak dari titik A ke titik B dan ke titik C menyerupai gambar.

    Jika kecepatan kendaraan beroda empat dari titik A ke titk B 20 km/jam dan kecepatan dari titik B ke titik C 40 km/jam maka perbandingan energi kinetik yang dimiliki kendaraan beroda empat sewaktu bergerak antara titik A ke B dengan antara titik B ke C ialah ….
    A. 1 : 4
    B. 1 : 2
    C. 2 : 1
    D. 4 : 1

    10. Perhatikan pesawat sederhana berikut !

    Jika AB = 1/3 BC, maka besar gaya F minimum yang bekerja pada alat tesebut ialah ....
    A. 10 Newton
    B. 27 Newton
    C. 33 Newton
    D. 90 Newton

    11. Pada dikala kita berada di dalam ruangan tertutup dengan suhu 59 0 F, maka kita mencicipi ….
    A. Sangat Panas
    B. Panas
    C. Hangat
    D. Dingin

    12. Es sebanyak 500 gram bersuhu –5oC dipanaskan sehingga mengalami proses menyerupai pada grafik.

    Untuk mengubah semua es menjadi air dibutuhkan kalor sebanyak ….
    A. 170.000 J
    B. 175.250 J
    C. 164.750 J
    D. 15.750 J

    13. Perhatikan gambar empat balok berikut.
    Urutan tekanan terbesar ke terkecil yang disebabkan oleh balok adalah
    A. 2-4-1-3
    B. 3-2-1-4
    C. 4-3-1-2
    D. 3-1-4-2

    14. Perhatikan pernyataan perihal planet berikut.
    1. Merkurius merupan Planet paling kecil.
    2. Sabuk Asteroid terletak antara palnet Mars dan Bumi.
    3. Venus ialah planet yang paling akrab dengan bumi.
    4. Uranus populer sebagai planet bercincin.
    Pernyataan yang benar ialah ….
    A. 1 dan 2
    B. 2 dan 3
    C. 1 dan 3
    D. 2 dan 4

    15. Perhatikan gambar bandul yang berayun dari A-O-B-O-A secara terus menerus. Jika waktu yang dibutuhkan dari A ke B 0,25 sekon, berapa frekuensi bandul tersebut?


    A. 0.25 Hz
    B. 0.50 Hz
    C. 2 Hz
    D. 4 Hz






    16. Jika gelombang P-Q terjadi selama 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang ini?


    A. 1 m/s
    B. 8 m/s
    C. 4 m/s
    D. 16 m/s

    17. Dari sebuah kapal dipancarkan suara ke dasar bahari dan ternyata suara pantul terdeteksi sehabis 2 sekon. Jika kecepatan suara di air bahari 1400 m/s, maka dalamnya bahari ialah ….


    A. 350 m
    B. 700 m
    C. 1400 m
    D. 2800 m





    18. Sebuah benda terletak di depan lensa positip dengan jarak titik 6 cm menyerupai gambar berikut.

    Bayangan yang terbentuk ialah ….
    A. Nyata, 4,5 cm di belakang lensa.
    B. Maya, 9 cm di depan lensa.
    C. Maya, 9 cm di belakang lensa.
    D. Nyata, 9 cm di belakang lensa.

    19. Pada rangkaian listrik berikut lampu L1, L2, L3, dan L4 ialah sama. Pernyataan yang benar untuk rangkaian tersebut ialah :

    A. Jika saklar saklar S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 yang menyala.
    B. Jika saklar S1 dan S3 ditutup, maka lampu L1 dan L2 menyala.
    C. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L3 dan L4 menyala.
    D. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 menyala.

    20. Tiga magnet cincin dipasang pada batang kayu sehingga sanggup melayang menyerupai gambar. Urutan yang benar kutub-kutub magnet tersebut ialah ....

    A.  X           Z
          U      U      S
    B.  X           Z
          S      U      S
    C.  X           Z
          U      S      S
    D.  X           Z
          S       U     U



    21. Sekelompok siswa sedang mengadakan observasi di sebuah kolam dan di dapatkan data berikut :
         1. air
         2. tumbuhan eceng gondok
         3. lumpur
         4. ikan mas
         5. lele
         6. gelembung udara
    Komponen biotik di tunjukkan oleh nomor ....
    A. 2, 4 dan 5
    B. 2, 4 dan 6
    C. 3, 5 dan 6
    D. 1, 3 dan 5

    22. Perhatikan gambar berikut!


    Urutan langkah cara mengunakan mikroskop yang benar ialah ....
    A. 2, 3, 4, 5, 6, dan 1
    B. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
    C. 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
    D. 1, 2, 6, 3, 4, dan 5

    23. Perhatikan gambar berikut!


    Ciri hidup yang di tunjukkan oleh gambar tersebut ialah ....
    A. bergerak
    B. peka terhadap rangsang
    C. tumbuh
    D. berkembang biak

    24. Perhatikan pernyataan berikut!
          1. mempunyai akar tunggang dan besar
          2. tulang daun lurus berbentuk pita
          3. batang mempunyai jaringan kambium
          4. pemanis bunga jumlahnya berkelipatan 3
          5. biji berkeping dua
    Pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari tumbuhan dikotil ialah ....
    A. 1, 2 dan 4
    B. 1, 3 dan 5
    C. 2, 3 dan 4
    D. 3, 4 dan 5

    25. Perhatikan gambar berikut!

    Bagian sel yang berfungsi untuk mengatur seluruh acara sel ialah ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4




    26. Perhatikan gambar berikut!


    Hubungan interaksi antara kedua mahluk hidup tersebut ialah ....
    A. mutualisme
    B. komensalisme
    C. parasitisme
    D. antibiosis

    27. Perhatikan gambar berikut!

    Interaksi antara makluh hidup pada gambar tersebut ialah ....
    A. mutualisme
    B. komensalisme
    C. parasitisme
    D. antibiosis

    28. Perhatikan gambar berikut!

    Usaha yang sanggup dilakukan biar tidak terjadi pencemaran menyerupai ditunjukkan oleh gambar adalah....
    A. membuang limbah ke bahari dalam sehingga kondusif bagi penduduk
    B. melaksanakan pengolahan limbah sebelum dibuang ke perairan
    C. menciptakan sumur yang dalam untuk menampung limbah tersebut
    D. menanami jenis tumbuhan paku untuk menguraikan limbah tersebut

    29. Perhatikan gambar berikut!

    Hubungan antar tulang yang di tunjuk oleh abjad Z sanggup digerakan ....
    A. ke segala arah
    B. satu arah dampai 180 o
    C. memutar
    D. ke dua arah






    30. Perhatikan gambar berikut!

    Enzim yang berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4





    31. Perhatikan gambar berikut!


    Pada penggalan yang ditunjuk dengan abjad X udara pernafasan akan mengalami proses....
    A. pertukaran antara gas O2 dan CO2
    B. pengaturan kelembaban dengan peningkatan gas O2
    C. pengaturan suhu udara yang masuk di dalam
    D. perubahan kejenuhan udara yang masuk





    32. Perhatikan gambar berikut!


    proses peredaran darah kecil adalah....
    A. 1 – 4 - 2 – 3 - 5
    B. 2 - 3 – 4 - 5 - 6
    C. 3 – 5– 1 – 5 – 8
    D. 5 – 8 – 10 – 9 – 1





    33. Perhatikan gambar berikut!
    Bagian yang ditunjuk olehHuruf  A  berfungsi ....
    A. menyimpan udara hasil respirasi
    B. melindungi jaringan di bawahnya
    C. menyimpan cadangan makanan
    D. tempat berlangsungnya proses fotosintesis




    34. Perhatikan gambar percobaan berikut!

    Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah....
    A. tumbuhan Hydrilla sangat penting dalam proses fotosintesis
    B. hasil proses tersebut dihasilkan gas CO2 dalam air
    C. gas O2 menjadi materi dasar dalam proses fotosintesis
    D. air dalam tabung tidak kuat dalam fotosintesis






    35. Perhatikan gambar!


    Pada penggalan yang ditunjuk dengan tanda panah berlangsung ....
    A. Filtrasi darah sehingga terbentuk filtral glomerulus
    B. Penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan
    C. Reabsorbsi oleh dinding tubulus kontortus proksimal
    D. augmentasi, sehingga terbuangnya seluruh zat sampah





    36. Perhatikan gambar berikut!


    Fungsi penggalan yang ditunjuk oleh abjad P adalah....
    A. menghasilkan hormon testeteron
    B. memproduksi hasil estrogen dan progesteron
    C. tempat terjadinya proses pembuahan
    D. tempat berkembangnya janin





    37. Persilangan antara tumbuhan ercis berbatang tinggi dengan tumbuhan ercis berbatang pendek menghasilkan tanamana ercis (F1) berbatang tinggi. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, berapa persenkah F2 yang berbatang tinggi heterozigotik?
    A. 25%
    B. 50%
    C. 75%
    D. 100%

    38. Kemajuan bioteknologi bisa mengubah peradaban dunia sehingga menyejahterakan kehidupan manusia. Namun sesuai dengan perkembangannya pemanfaatan bioteknologi telah berdampak pada kualitas lingkungan dimana insan hidup didalamnya. Berikut teladan dampak negatif terhadap lingkungan dari pemanfatan bioteknologi :
    A. Dikembangkannya tumbuhan transgenik yang tahan terhadap hama
    B. Pengolahan biji besi dengan memanfaatkan kuman Thiobacillus ferrookxidans
    C. Ditemukan serangga mutan yang tahan terhadap insektisida
    D. Meningkatnya keanekaragaman hayati dalam lingkungan

    39. Contoh produk masakan bertuliskan komposisi materi produk tersebut diantaranya: sakarin, karamel, erythrosine, NaCl, susu skim nabati, NaHCO3. Termasuk materi kimia alami yang ditambahkan pada produk masakan tersebut adalah....
    A. Sakarin dan susu skim nabati
    B. NaHCO3 dan karamel
    C. Karamel dan NaCl
    D. erythrosine dan susu skim nabati

    40. Rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen merupakan kelompok zat adiktif yang mengganggu kerja sistem saraf pusat. Berdasar kandungan zat tersebut maka pengaruh yang diakibatkan bagi pengguna adalah....
    A. menjadikan pengaruh ketagihan dan ketergantungan
    B. mengurangi rasa sakit pada pasca operasi
    C. menjadikan pengaruh halusinasi yang berlebih
    D. mengurangi perasaan depresi dan menenangkan


    Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan USBN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari acuan mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih .


    Sumber http://prakatakita.blogspot.com

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Soal Latihan Usbn Smp Ipa Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel