Soal Latihan Un Smp Ipa Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu yakni pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yakni pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis sebab belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yakni tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yakni ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal niscaya akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di sanggup hasil sebagai materi penilaian untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Nasional biasa disingkat UN yakni sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada hasilnya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten jikalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, aktivitas penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian simpulan :
Ujian Nasional biasa disingkat UN yakni sistem penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar tempat yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia menurut Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan penilaian sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa penilaian dilakukan oleh forum yang berdikari secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan penilaian tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada hasilnya akan sanggup membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan yakni penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten jikalau telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara penerima didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan penerima didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara penerima didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, aktivitas penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian simpulan :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka menurut Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama IPA bagi kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya teman2 semua bisa lebih gampang Untuk menghafalnya dan juga bisa mengakibatkan tumpuan soal ketika akan menghadi Tryout ataupun pada ketika ujian Nasional nanti sebab soal tersebut diambil menurut sumber dari buku mata pelajaran bahasa IPA yang dipelajari di Sekolah.
Baca Juga :
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Inggris Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama Matematika Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran IPA kelas 9 ini sebagai materi tumpuan ketika menghadapi TryOut ataupun UN yakni sebagai berikut :
1. Buah kelapa bermassa 2 kg jatuh dari ketinggian 16 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, energi kinetik buah kelapa pada ketika menyentuh tanah ....
A. 32J
B. 160J
C. 320 J
D. 490 J
2. Tiga gaya masing-masing 30N ke utara, 40 N ke selatan dan 90 N ke utara. Ketiga gaya bekerja pada meja. Selama gaya bekerja perjuangan yang pada meja 720 J. Jarak perpindahan meja sejauh ....
A. 4,5 m ke utara
B. 6 m ke utara
C. 8 m ke selatan
D. 9 m ke utara
3. Beberapa balok terbuat dari materi yang sama berada di atas lantai menyerupai gambar.
Urutan balok dengan tekanan paling besar ke paling kecil yakni ....
A. (2), (3), (4), (1)
B. (1), (3), (2), (4)
C. (3), (1), (4), (2)
D. (3), (4), (2), (1 )
4. Perhatikan gambar pengukuran dengan alat neraca berikut!
B. 350 g
C. 450 g
D. 550 g
5. Sepotong baja bersuhu 280C dimasukkan ke dalam 100 g air bersuhu 380C. Suhu adonan menjadi 350 C. Jika kalor jenis air 4200 J/kgoc, dan kalor jenis baja X 450 J/kg0C, berapakah massa baja?
A. 500 gram
B. 420 gram
C. 400 gram
D. 380 gram
6. Bola besi pada suhu normal dipindahkan dari mangkok ke tabung. Yang terjadi terhadap bola besi bentuknya ....
A. menyerupai tabung dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat lemah
B. tetap dan volum sama dengan tabung sebab gaya tarik antar molekul kuat
C. tetap dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat kuat
D. bentuk menyerupai mangkok dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat kuat
7. Gerak sebuah kendaraan beroda empat mainan direkam dengan alat ticker timer dengan jejak menyerupai gambar.
Hubungan antara kecepatan dengan waktu yang benar ditunjukkan oleh grafik ....
8. Sebuah kendaraan beroda empat bermassa 600 kg mulai bergerak dengan percepatan 2m/S2.Jika muatan kendaraan beroda empat ditambah 400 kg, semoga percepatan kendaraan beroda empat menjadi 3m/S2 maka gaya dorong mesin kendaraan beroda empat harus ditambah .......
A.300N
B. 1200N
C. 1600 N
D. 1800 N
9.. Gelombang merambat pada tali. Dalam waktu 10 sekon terbentuk 25 bukit dan 25 lembah gelombang. Jika jarak antara dasar gelombang pertama dengan dasar gelombang ketiga 60 cm, cepat rambat gelombang tersebut yakni . . ..
A. 150 cm/s
B. 75 cm/s2
C. 60 cm/s
D. 30 cm/s
10. Bunyi garputala dengan frekuensi 500 Hz merambat di udara dengan kecepatan 340 m/s. Kolom udara yang sanggup beresonansi terhadap suara garputala yakni ....
A. 128 cm
B. 68 cm
C. 34 cm
D. 17 cm
11. Perhatikan gambar tuas berikut!
Jika tali penggantung digeser 10 cm menjauhi beban. Jikaa posisi kuasa
tetap, semoga tuas tetap maka kuasa harus ditambah ....
A. 3O N
B. 5O N
C. 8O N
D. 120 N
12. Benda terletak dari lensa cembung sejauh 15 cm. Terbentuk bayangan kasatmata dengan perbesaran 2 kali dari bendanya. Jika lensa digeser 5 cm menjauhi benda, bayangan yang terbentuk bersifat ....
A. nyata, terbalik, sama besar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. maya, tegak, diperbesar
D. nyata, terbalik, diperbesar
13. Pemanas air mempunyai daya 600 W,digunakan untuk,memanaskan air 5kg bersuhu awal 200C hingga mendidihpada suhu 1000C.-Jika kalor jenis air,4200 J/kgoc. Waktu yang diharapkan untuk memanaskan air yakni ....
A. 3500 sekon
B. 3e00 sekon
C. 2800 sekon
D. 2500 sekon
14. Dua tindakan yang sanggup memperbesar medan magnet pada elektromagnet yakni ....
A. memperbesar diameter kumparan dan memperbesar tegangan listrik
B. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara seri
C. memperbesar arus listrik dan mengurangi jumlah lilitan
D. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara paralel
15. Benda A bermuatan listrik +2q dan benda B bermuatan +1q, berjarak 3 cm. Kedua benda tolak-menolak dengan gaya F. Jika muatan A diperbesar menjadi +6q dan muatan benda B diperbesar menjadi +6q, sedang jarak A dengan B dijauhkan menjadi 9 cm. Gaya tolak-menolak antara A dengan B menjadi ....
A.9 F
B. 4 1/2 F
C. 2F
D. 1 1/2 F
16. Urutan cara pembuatan gula dari sari tebu hasil penggilingan batang tebu yakni ....
A. filtrasi + penguapan + kristalisasi
B. filtrasi + pengendapan -+ kristalisasi
C. filtrasi -+ pengendapan -+ evaporasi
D. pengendapan + penguapan -+ kristalisasi
17. Perhatikan beberapa sifat benda berikut!
1) Garam gampang larut dalam air.
2) Emas tidak gampang berkarat.
3) Minyak tanah tidak sanggup Iarut dalam air
4) Air tidak sanggup terbakar
Yang termasuk sifat kimia yakni ....
A. 1) Oan 2)
B. 1) Oan 3)
C. 4 aan 4)
D. 3) dan 4)
18. Rangkaian Iistrik berikut menerima tegangan listrik yang sama.
Rangkaian yang menerima aliran arus listrik yang sama ditunjukkan oleh gambar ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) Aan 3)
D. 2) dan 4)
19. Perhatikan bagan transformator berikut!
Berdasarkan data pada gambar, berpengaruh arus pada kumparan sekunder sebesar . . . .
A. 3 A
B. 2,4 A
C. 0,8 A
D. 0,3 A
20. Seseorang menelpon temannya dari kota A yang waktu lokalnya menunjukkan pukul 09.00 kepada temannya di kota B. Kota A berada pada posisi 1050BB-50LS. Pada ketika yang sama kota B menunjukkan waktu lokal pukul 12.40. Kota B berada pada koordinat....
21. Kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam beberapa larutan. Perubahan warna yang benar yakni ....
Perubahan warna lakmus yang benar yakni ........
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
22. Perhatikan komposisi pada masakan kemasan Berikut :
Tepung kentang minyak nabati, pati tapioka, gula, garam, dinatrium ribonukleotida, mononatrium glutomat, kalium klorida, asam sitrat. Yang merupakan materi kimia penguat rasa buatan yakni ....
A. dinatrium ribonukleotida dan asam sitrat
B. asam sitrat dan mononatrium glutamat
C. mononatrium glutamat dan dinatrium ribonukleotida
D. dinatrium ribonukleotida dan asam klorida
23. Ciri-ciri orang yang memakai zat adiktif /psikotropika sebagai berikut :
1) nafas tersengal-sengal
2) denyut nadi menurun
3) tidak sadarkan diri
4) saraf mengalami gangguan
5) berat tubuh turun
Ciri-ciri fisiologis seseorang pengguna zat adiktif/psikotropika adalah.......
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2,3, dan 4
D. 2,3, dan 5
24. Perhatikan gambar berikut!
Ciri makhluk hidup menyerupai yakni ....
A. bergerak
B. bernafas
C. berkembangbiak
D. tumbuh dan berkembang
25. Seorang siswa melaksanakan pengamatan struktur jaringan tumbuhan dengan mikroskop di laboratorium lPA, namun sinar yang masuk sedikit sehingga belum sanggup melaksanakan pengamatan. Upaya untuk mendapatkan cahaya yang cukup supaya sanggup melaksanakan pengamatan yakni ....
A. memutar makrometer supaya mendapatkan gambar
B. memutar mikrometer supaya gambar fokus dan jelas
C. mengatur cermin supaya cah aya masuk
D. mengatur diafragma supaya menda patkan cahaya yang cukup
26. Perhatikan kunci determinasi berikut !
Kunci determinasi rumput-rumputan yakni ....
A. 1a-2b-4a-7a
B. 1a-2b-4b-5a
C. 1b-2a-4a-7 a
D. 1b-2a-4b-5b
27. Perhatikan gambar berikut !
Pencemaran yang terjadi, sesuai dengan gambar tersebut yakni ....
A. peningkatan suhu udara sebab imbas rumah kaca
B. jarang terjadi hujan asam pada tempat industri ini
C. penurunan kadar karbon dioksida di udara
D. penurunan karbon monoksida di udara
28. Perhatikan grafik pertumbuhan penduduk berikut !
Dampak yang ditimbulkan pertumbuhan penduduk sesuai dengan grafik dari tahun 2011 hingga tahun 2012 terhadap lingkungan di tempat tersebut yakni ....
A. meningkatkan kualitas air di sungai
B. naiknya kandungan oksigen di udara
C. kandungan karbondioksida di udara menurun
D. meningkatnya pencemaran air akhir limbah rumah tangga
29. Perhatikan gambar lengan berikut !
Proses dan kerjayang terjadi pada gerakan ini dalah ....
A. otot bisep dbn otot trisep kontraksi, sinergis
B. otot bisep dan otot trisep relaksasi, antagonis
C. otot bisep kontraksi dan otot trisep relaksasi, sinergis
D. otot bisep relaksasi dan otot trisep kontraksi, antagonis
30. Perhatikan tabel uji masakan berikut!
Berdasarkan data percobaan di atas, materi masakan P dan R berturut-turut yakni ....
A. margarin dan tepung maezena
B. singkong dan putih telur
C. Iarutan glukosa dan putih telur rebus
D. roti tawar dan larutan gula pasir
31. Perhatikan diagram berikut!
Berdasarkan diagram tersebut, volume udara vital adalah....
A. 5000 ml
B. 3500 ml
C. 1500 ml
D. 500 ml
32. Perhatikan ciri-ciri se! darah berikut:
(1) tidak mempunyai bentuk tetdp,
(2) mempunyai inti sel,
(3) tidak mengandung hemoglobin,
(4) sanggup mencerna sel mati (pagosit),
(5) sanggup menembus dinding kapiler (diapedesis).
Berdasarkan ciri-ciri sel darah tersebut, merupakan sel darah ....
A. eritrosit
B. leu kosit
C. trombosit
D. pagosit
33. Seorang pasien mengunjungi dokter seorang hebat dan menceritakan sakitnya, “ ... Saya merasa nyeri dan perasaan tidak nyaman pada susukan kencing, sering buang air kencing dan terasa terbakar atau sakit dan perih, dan ada pembengkakan serta kulit memerah pada organ kelamin saya dokter...” Dokter
menganalisis bahwa pasien tersebut terkena penyakit ....
A. Gonorochea
B. Sipilis
C. herves
D. AIDS
34. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan siklus menstruasi tersebut, fase menstruasi terjadi sekitar hari ....
A. 1 -7
B. 7 -14
c. 14-21
D. 21 -28
35. Perhatikan gambar berikut!
Reproduksi asecual Cacing Planaria menyerupai pada gambar adalah...
A. membelah diri
B. fragmentasi
C. partenogenesis
D. pembentukan tunas
36. Perhatikan gambar berikut!
Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi terjadi pada cuilan nefron nomor .......
A. 1 ,2, dan 3
B. 1,3, dan 5
C. 2,3, dan 5
D. 2,4, dan 6
37. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi cuilan yang diberi tanda abjad R yakni ....
A. pertumbuhan skunder
B. pertumbuhan primer
C. pertukaran gas
D. menyalurkan air dan garam mineral
38. Perhatikan gambar percobaan berikut !
Bila percobaan tersebut diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama, kesimpulannya yakni fotosintesis menghasilkah ....
A. oksigen yang berupa gelembung udara
B. amilum pada reaksi terang
C. glukosa yang telarut dalam air
D. karbondioksida yang berupa gelembung udara
39. Perhatikan bagain persilangan berikut !
Bila genotip keturunan pertama (F1) disilangkan sesamanyd, maka jumlah genotipe bbMm yakni .....
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
40. Bila pada suatu tempat terdapat pertanian kedelai, untuk meningkatkan produksi pangan didirikan pabrik kecap. Mikroorganisme yang dipakai untuk menciptakan kecap tersebut yakni ....
A. Rhizopus oryzae
B. Acetobacter xylimum
C. Asgaris lumbricoides
D. Aspergylus wentii
A. 32J
B. 160J
C. 320 J
D. 490 J
2. Tiga gaya masing-masing 30N ke utara, 40 N ke selatan dan 90 N ke utara. Ketiga gaya bekerja pada meja. Selama gaya bekerja perjuangan yang pada meja 720 J. Jarak perpindahan meja sejauh ....
A. 4,5 m ke utara
B. 6 m ke utara
C. 8 m ke selatan
D. 9 m ke utara
3. Beberapa balok terbuat dari materi yang sama berada di atas lantai menyerupai gambar.
Urutan balok dengan tekanan paling besar ke paling kecil yakni ....
A. (2), (3), (4), (1)
B. (1), (3), (2), (4)
C. (3), (1), (4), (2)
D. (3), (4), (2), (1 )
4. Perhatikan gambar pengukuran dengan alat neraca berikut!
Massa beban X yakni ....
A. 250 gB. 350 g
C. 450 g
D. 550 g
5. Sepotong baja bersuhu 280C dimasukkan ke dalam 100 g air bersuhu 380C. Suhu adonan menjadi 350 C. Jika kalor jenis air 4200 J/kgoc, dan kalor jenis baja X 450 J/kg0C, berapakah massa baja?
B. 420 gram
C. 400 gram
D. 380 gram
6. Bola besi pada suhu normal dipindahkan dari mangkok ke tabung. Yang terjadi terhadap bola besi bentuknya ....
A. menyerupai tabung dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat lemah
B. tetap dan volum sama dengan tabung sebab gaya tarik antar molekul kuat
C. tetap dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat kuat
D. bentuk menyerupai mangkok dan volum tetap sebab gaya tarik antar molekul sangat kuat
7. Gerak sebuah kendaraan beroda empat mainan direkam dengan alat ticker timer dengan jejak menyerupai gambar.
Hubungan antara kecepatan dengan waktu yang benar ditunjukkan oleh grafik ....
8. Sebuah kendaraan beroda empat bermassa 600 kg mulai bergerak dengan percepatan 2m/S2.Jika muatan kendaraan beroda empat ditambah 400 kg, semoga percepatan kendaraan beroda empat menjadi 3m/S2 maka gaya dorong mesin kendaraan beroda empat harus ditambah .......
A.300N
B. 1200N
C. 1600 N
D. 1800 N
9.. Gelombang merambat pada tali. Dalam waktu 10 sekon terbentuk 25 bukit dan 25 lembah gelombang. Jika jarak antara dasar gelombang pertama dengan dasar gelombang ketiga 60 cm, cepat rambat gelombang tersebut yakni . . ..
A. 150 cm/s
B. 75 cm/s2
C. 60 cm/s
D. 30 cm/s
10. Bunyi garputala dengan frekuensi 500 Hz merambat di udara dengan kecepatan 340 m/s. Kolom udara yang sanggup beresonansi terhadap suara garputala yakni ....
A. 128 cm
B. 68 cm
C. 34 cm
D. 17 cm
11. Perhatikan gambar tuas berikut!
Jika tali penggantung digeser 10 cm menjauhi beban. Jikaa posisi kuasa
tetap, semoga tuas tetap maka kuasa harus ditambah ....
A. 3O N
B. 5O N
C. 8O N
D. 120 N
12. Benda terletak dari lensa cembung sejauh 15 cm. Terbentuk bayangan kasatmata dengan perbesaran 2 kali dari bendanya. Jika lensa digeser 5 cm menjauhi benda, bayangan yang terbentuk bersifat ....
A. nyata, terbalik, sama besar
B. nyata, terbalik, diperkecil
C. maya, tegak, diperbesar
D. nyata, terbalik, diperbesar
13. Pemanas air mempunyai daya 600 W,digunakan untuk,memanaskan air 5kg bersuhu awal 200C hingga mendidihpada suhu 1000C.-Jika kalor jenis air,4200 J/kgoc. Waktu yang diharapkan untuk memanaskan air yakni ....
A. 3500 sekon
B. 3e00 sekon
C. 2800 sekon
D. 2500 sekon
14. Dua tindakan yang sanggup memperbesar medan magnet pada elektromagnet yakni ....
A. memperbesar diameter kumparan dan memperbesar tegangan listrik
B. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara seri
C. memperbesar arus listrik dan mengurangi jumlah lilitan
D. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara paralel
15. Benda A bermuatan listrik +2q dan benda B bermuatan +1q, berjarak 3 cm. Kedua benda tolak-menolak dengan gaya F. Jika muatan A diperbesar menjadi +6q dan muatan benda B diperbesar menjadi +6q, sedang jarak A dengan B dijauhkan menjadi 9 cm. Gaya tolak-menolak antara A dengan B menjadi ....
A.9 F
B. 4 1/2 F
C. 2F
D. 1 1/2 F
16. Urutan cara pembuatan gula dari sari tebu hasil penggilingan batang tebu yakni ....
A. filtrasi + penguapan + kristalisasi
B. filtrasi + pengendapan -+ kristalisasi
C. filtrasi -+ pengendapan -+ evaporasi
D. pengendapan + penguapan -+ kristalisasi
17. Perhatikan beberapa sifat benda berikut!
1) Garam gampang larut dalam air.
2) Emas tidak gampang berkarat.
3) Minyak tanah tidak sanggup Iarut dalam air
4) Air tidak sanggup terbakar
Yang termasuk sifat kimia yakni ....
A. 1) Oan 2)
B. 1) Oan 3)
C. 4 aan 4)
D. 3) dan 4)
18. Rangkaian Iistrik berikut menerima tegangan listrik yang sama.
Rangkaian yang menerima aliran arus listrik yang sama ditunjukkan oleh gambar ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) Aan 3)
D. 2) dan 4)
19. Perhatikan bagan transformator berikut!
Berdasarkan data pada gambar, berpengaruh arus pada kumparan sekunder sebesar . . . .
A. 3 A
B. 2,4 A
C. 0,8 A
D. 0,3 A
20. Seseorang menelpon temannya dari kota A yang waktu lokalnya menunjukkan pukul 09.00 kepada temannya di kota B. Kota A berada pada posisi 1050BB-50LS. Pada ketika yang sama kota B menunjukkan waktu lokal pukul 12.40. Kota B berada pada koordinat....
A. 500 BB-100LU
B. 1490 BT-100LU
c. 1600 BT-100LU
D. 1750 BB -100LU
21. Kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam beberapa larutan. Perubahan warna yang benar yakni ....
Perubahan warna lakmus yang benar yakni ........
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
22. Perhatikan komposisi pada masakan kemasan Berikut :
Tepung kentang minyak nabati, pati tapioka, gula, garam, dinatrium ribonukleotida, mononatrium glutomat, kalium klorida, asam sitrat. Yang merupakan materi kimia penguat rasa buatan yakni ....
A. dinatrium ribonukleotida dan asam sitrat
B. asam sitrat dan mononatrium glutamat
C. mononatrium glutamat dan dinatrium ribonukleotida
D. dinatrium ribonukleotida dan asam klorida
23. Ciri-ciri orang yang memakai zat adiktif /psikotropika sebagai berikut :
1) nafas tersengal-sengal
2) denyut nadi menurun
3) tidak sadarkan diri
4) saraf mengalami gangguan
5) berat tubuh turun
Ciri-ciri fisiologis seseorang pengguna zat adiktif/psikotropika adalah.......
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2,3, dan 4
D. 2,3, dan 5
24. Perhatikan gambar berikut!
Ciri makhluk hidup menyerupai yakni ....
A. bergerak
B. bernafas
C. berkembangbiak
D. tumbuh dan berkembang
25. Seorang siswa melaksanakan pengamatan struktur jaringan tumbuhan dengan mikroskop di laboratorium lPA, namun sinar yang masuk sedikit sehingga belum sanggup melaksanakan pengamatan. Upaya untuk mendapatkan cahaya yang cukup supaya sanggup melaksanakan pengamatan yakni ....
A. memutar makrometer supaya mendapatkan gambar
B. memutar mikrometer supaya gambar fokus dan jelas
C. mengatur cermin supaya cah aya masuk
D. mengatur diafragma supaya menda patkan cahaya yang cukup
26. Perhatikan kunci determinasi berikut !
Kunci determinasi rumput-rumputan yakni ....
A. 1a-2b-4a-7a
B. 1a-2b-4b-5a
C. 1b-2a-4a-7 a
D. 1b-2a-4b-5b
27. Perhatikan gambar berikut !
Pencemaran yang terjadi, sesuai dengan gambar tersebut yakni ....
A. peningkatan suhu udara sebab imbas rumah kaca
B. jarang terjadi hujan asam pada tempat industri ini
C. penurunan kadar karbon dioksida di udara
D. penurunan karbon monoksida di udara
28. Perhatikan grafik pertumbuhan penduduk berikut !
Dampak yang ditimbulkan pertumbuhan penduduk sesuai dengan grafik dari tahun 2011 hingga tahun 2012 terhadap lingkungan di tempat tersebut yakni ....
A. meningkatkan kualitas air di sungai
B. naiknya kandungan oksigen di udara
C. kandungan karbondioksida di udara menurun
D. meningkatnya pencemaran air akhir limbah rumah tangga
29. Perhatikan gambar lengan berikut !
Proses dan kerjayang terjadi pada gerakan ini dalah ....
A. otot bisep dbn otot trisep kontraksi, sinergis
B. otot bisep dan otot trisep relaksasi, antagonis
C. otot bisep kontraksi dan otot trisep relaksasi, sinergis
D. otot bisep relaksasi dan otot trisep kontraksi, antagonis
30. Perhatikan tabel uji masakan berikut!
Berdasarkan data percobaan di atas, materi masakan P dan R berturut-turut yakni ....
A. margarin dan tepung maezena
B. singkong dan putih telur
C. Iarutan glukosa dan putih telur rebus
D. roti tawar dan larutan gula pasir
31. Perhatikan diagram berikut!
Berdasarkan diagram tersebut, volume udara vital adalah....
A. 5000 ml
B. 3500 ml
C. 1500 ml
D. 500 ml
32. Perhatikan ciri-ciri se! darah berikut:
(1) tidak mempunyai bentuk tetdp,
(2) mempunyai inti sel,
(3) tidak mengandung hemoglobin,
(4) sanggup mencerna sel mati (pagosit),
(5) sanggup menembus dinding kapiler (diapedesis).
Berdasarkan ciri-ciri sel darah tersebut, merupakan sel darah ....
A. eritrosit
B. leu kosit
C. trombosit
D. pagosit
33. Seorang pasien mengunjungi dokter seorang hebat dan menceritakan sakitnya, “ ... Saya merasa nyeri dan perasaan tidak nyaman pada susukan kencing, sering buang air kencing dan terasa terbakar atau sakit dan perih, dan ada pembengkakan serta kulit memerah pada organ kelamin saya dokter...” Dokter
menganalisis bahwa pasien tersebut terkena penyakit ....
A. Gonorochea
B. Sipilis
C. herves
D. AIDS
34. Perhatikan gambar berikut!
Berdasarkan siklus menstruasi tersebut, fase menstruasi terjadi sekitar hari ....
A. 1 -7
B. 7 -14
c. 14-21
D. 21 -28
35. Perhatikan gambar berikut!
Reproduksi asecual Cacing Planaria menyerupai pada gambar adalah...
A. membelah diri
B. fragmentasi
C. partenogenesis
D. pembentukan tunas
36. Perhatikan gambar berikut!
Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi terjadi pada cuilan nefron nomor .......
A. 1 ,2, dan 3
B. 1,3, dan 5
C. 2,3, dan 5
D. 2,4, dan 6
37. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi cuilan yang diberi tanda abjad R yakni ....
A. pertumbuhan skunder
B. pertumbuhan primer
C. pertukaran gas
D. menyalurkan air dan garam mineral
38. Perhatikan gambar percobaan berikut !
Bila percobaan tersebut diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama, kesimpulannya yakni fotosintesis menghasilkah ....
A. oksigen yang berupa gelembung udara
B. amilum pada reaksi terang
C. glukosa yang telarut dalam air
D. karbondioksida yang berupa gelembung udara
39. Perhatikan bagain persilangan berikut !
Bila genotip keturunan pertama (F1) disilangkan sesamanyd, maka jumlah genotipe bbMm yakni .....
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
40. Bila pada suatu tempat terdapat pertanian kedelai, untuk meningkatkan produksi pangan didirikan pabrik kecap. Mikroorganisme yang dipakai untuk menciptakan kecap tersebut yakni ....
A. Rhizopus oryzae
B. Acetobacter xylimum
C. Asgaris lumbricoides
D. Aspergylus wentii
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan UN Sekolah Menengah Pertama IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari tumpuan mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih .
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Un Smp Ipa Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru"
Posting Komentar