Soal Latihan Pai Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay
Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
1. Kandungan Surah Yunus ayat 40-41 berisi aliran perihal ....
a. toleransi
b. sabar
c. tawakal
d. ikhtiar
e. doa
2. Toleransi dalam istilah Arab disebut ....
a. tabayyun
b. tasamuh
c. tadabbur
d. ta'aruf
e. tafakkur
3. Berikut yaitu pola sikap yang mencerminkan toleransi, kecuali ....
a. beribadah bersama umat agama lain
b. menghormati umat agama lain
c. berdialog dengan umat agama lain
d. bersilaturahmi dengan umat agama lain
e. membantu umat agama lain
4. Surah al-Kafirun mengandung aliran dihentikan mencampuradukkan dalam urusan ....
a. jual beli
b. silaturahmi
c. ibadah
d. dunia
e. muamalah
5. Sikap toleransi dibutuhkan terutama dalam masyarakat yang ....
a. homogen
b. heterogen
c. eksklusif
d. menengah
e. biasa
6. Orang yang mendustakan Al-Qur'an ditempatkan di dalam neraka ....
a. Hawiyah
b. Wail
c. Khutamah
d. Jahannam
e. Saqar
7. Menurut surah al-Kahf ayat 29, tanggapan orang yang kufur, yaitu neraka yang api nya ....
a. bergejolak
b. bergetar
c. bergenang
d. bergemuruh
d. bergulung
8. Berikut ini yang termasuk perbuatan kufur secara akidah, yaitu ....
a. menolak membayar zakat
b. mengingkari keesaan Allah
c. meyakini keberadaan akhirat
d. meninggalkan salat fardu
e. menolak membayar hutang
9. Cara yang sempurna untuk memperlihatkan konsep kebenaran dalam perbedaan, yaitu ....
a. berdebat
b. berdialog
c. bersepakat
d. berdamai
e. bermusyawarah
10. Dalam mengimani Al-Qur'an, selain dipahami juga harus ....
a. dilestarikan
b. diterjemahkan
c. diamalkan
d. ditafsirkan
e. didiskusikan
11. Kandungan surah al-Kafirun [109] ayat 1-6 berisi perihal undangan ....
a. toleransi antarumat seagama
b. toleransi antarumat beragama
c. toleransi dalam masyarakat
d. toleransi di lingkungan kerja
e. toleransi di lingkungan sekolah
12. Berikut manfaat dari toleransi, kecuali ....
a. terciptanya persahabatan
b. terciptanya persaudaraan
c. terciptanya persatuan masyarakat
d. terciptanya persamaan
e. terciptanya sikap terpuji
13. Arti dari kalimat "La a'budu ma ta'buduna" yaitu ....
a. wahai orang-orang kafir
b. saya tidak akan menyembah apa yang kau sembah
c. kau bukan penyembah apa yang saya sembah
d. dan saya tidak pernah menyembah apa yang kau sembah
e. dan kau tidak pernah (pula) menyembah apa yang saya sembah
14. Cara bersikap dalam menghadapi perbedaan agama yaitu dengan cara ....
a. mengikuti keyakinan nya
b. tidak menyalahkannya lantaran mempunyai perbedaan agama
c. mengikuti tata cara ibadah nya
d. memahami aliran agama nya
e. mengerti pemahaman keyakinan
15. Orang yang mengimani Al-Qur'an berdasarkan Surah Yunus [10] ayat 40-41 yaitu ....
a. memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an
b. mengerti akan ada nya Al-Qur'an
c. mengesakan Al-Qur'an
d. mempercayai Al-Qur'an
e. meyakini Al-Qur'an
16. Kalimat "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu" terdapat dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
17. Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sebagai ....
a. pedoman hidup bagi umat manusia
b. pengatur rizki manusia
c. perisai dari kaum yahudi
d. pemicu semangat hidup
e. penawar rasa sakit
18. Allah Swt. akan memperlihatkan konsekuensi yang setimpal kepada orang yang beriman dan tidak beriman. Hal ini terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
19. Seseorang yang tidak mau bersyukur disebut dengan istilah ....
a. kafir
b. kufur
c. musyrik
d. syirik
e. munafik
20. Berikut yaitu keadaan neraka berdasarkan Al-Qur'an Surah al-Kahf [18] ayat 29, kecuali ....
a. api neraka bergejolak mengepung orang-orang kafir
b. minuman yang disediakan berupa lelehan besi yang mendidih
c. lelehan besi menghanguskan wajah mereka
d. merupakan daerah istirahat yang paling buruk dan paling jelek
e. penuh pinjaman dan kasih sayang
21. Kalimat مِنْ فَضْلِ artinya sebagian dari ....
a. kebaikan
b. karunia
c. istimewa
d. kalimat
e. spesial
22. Surah al-Jumu'ah [62] ayat 9 mengandung perintah untuk ....
a. syahadat
b. salat
c. puasa
d. zakat
e. haji
23. Kalimat نُودِيَ artinya ....
a. dipanggil
b. diundang
c. dihadapkan
d. diperbaiki
e. dimaafkan
24.Tindakan pelajar yang bertentangan dengan semangat meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. bisa menuntaskan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. mencontek jawaban soal ujian dengan teliti
25. Kalimat كَثِيرًا artinya ....
a. banyak
b. sedikit
c. kuat
d. lemah
e. mampu
26. Isi pokok Surah al-Mujadilah ayat 11 berisi perihal ....
a. iman, ilmu dan amal
b. jihad, sabar dan tawakal
c. amal, nrimo dan qana'ah
d. salat, puasa dan zakat
e. hasad, riya dan takabur
27. Berikut yang termasuk sikap mencerminkan etos kerja yang tinggi, kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. bekerja sesuai rencana
c. mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas
d. bekerja secara profesional
e. bekerja ketika di perlukan
28. Seorang pelajar membuktikan etos kerja yang tinggi jikalau melaksanakan hal berikut ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. bisa menuntaskan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. berguru cukup di sekolah
29. Selain ulet berguru setiap pelajar harus ....
a. bermain setiap hari
b. bertawakal setiap mencapai hasil yang dicapai
c. membantu orangtua tanpa kenal lelah
d. setiap bulan membayar SPP
e. bekerja
30. Pada awalnya setiap orang di tuntut meningkatkan etos kerja untuk ....
a. mendapatkan uang
b. memenuhi kebutuhan
c. meningkatkan produktivitas
d. mencari ridha Allah Swt.
e. meningkatkan profesionalisme
31. Berikut motivasi yang salah dalam meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. mendapatkan hasil maksimal
b. menerima kebanggaan orang lain
c. meningkatkan produktivitas
d. meningkatkan profesionalisme
e. mencari ridha Allah Swt.
32. Berikut yang termasuk sikap mencari karunia Allah Swt., kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. berguru dengan sungguh-sungguh
c. aktif berkreasi untuk kepentingan bersama
d. melaksanakan bakti sosial
e. bekerja apabila persediaan sudah habis
33. Belajar sungguh-sungguh dengan tujuan memperoleh ilmu yang bermanfaat termasuk ....
a. amal saleh
b. ibadah
c. mencari ridha Allah Swt.
d. mencari karunia Allah Swt.
e. berpahala
34. Berikut pola sikap Rasulullah saw. yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu ....
a. berniaga hingga negri syam
b. berdakwah tanpa menyerah
c. berjihad dengan semangat juang
d. membangun masyarakat islam
e. membangun keluarga
35. Meningkatkan etos kerja harus didasari ....
a. ketauhidan
b. keikhlasan
c. ketakwaan
d. kesabaran
e. kebenaran
36. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang yang beriman dan ....
a. berilmu
b. berbuat baik
c. berkarya
d. bersilaturahmi
e. bekerja
37. Arti kalimat "tafassahu fi al-majalisi" yaitu ....
a. apabila dikatakan kepadamu
b. berilah kelapangan di dalam majelis
c. Allah Swt. akan memberi kelapangan untukmu
d. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang
e. Allah Swt. mahateliti apa yang kau kerjakan
38. Arti kalimat "la'allakum tuflihuna" yaitu ....
a. supaya kau beruntung
b. supaya kau bekerja keras
c. supaya kau berdoa
d. supaya kau berusaha
e. supaya kau bersyukur
39. Untuk menghasilkan sesuatu yang bermutu dan berkhasiat bagi seseorang dibutuhkan ....
a. ilmu faraid
b. ilmu hukum
c. ilmu pengetahuan
d. ilmu sosial
e. ilmu metafisika
40. Perintah untuk menunaikan salat Jumat dan bekerja terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Mujadilah [58] ayat 11
b. al-Jumu'ah [62] ayat 9-10
c. Yunus [10] ayat 40-41
d. al-Kahf [18] ayat 29
e. al-Kafirun [102] ayat 1-6
1. Beriman kepada hari simpulan telah menyadarkan diri saya bahwa hidup didunia adalah.
Jawab : Bersifat sementara cepat atau lambat semmua insan niscaya akan kembali kepada allah swt. Dan semua perbuatan insan selama hidup didunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan allah swt di simpulan kelak.
2. Tahapan - Tahapan insiden yang dialami insan sebagai proses menuju alam baqa’ yaitu ?
Jawaba : ( 1.Yaumul ba’ats. 2.Yaumul hasyr. 3.Buku catatan. 4.Yaumul hisab dan mizan. 5.As-sirat. 6.Yaumul jaza. 7.Surga. 8.Neraka)
3. Mengimani adanya kehidupan sehabis mati yaitu kenyataan alam yang sanggup disaksikan secara gampang dalam kehidupan sehari hari dipermukaan bumi ini antara lain berupa.
Jawab :
4. Sebutkan beberapa perbedaan simpulan zaman sugra dengan simpulan zaman kubra!
Jawab :
a. Kiamat sugra (Kecil)
Peristiwa datanganya kematian bagi semua makhluk termasuk insan yang bersifat local dan individu.
Tanda-tandanya yaitu kematian, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, pria menyerupa perempuan dan sebalinya, zinah sudah biasa.
b. Kiamat kubra (besar)
Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan mahluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.
Tanda-tandanya yaitu bumi di angkat.Gunung-gunung dibenturkan, langit pecah bergelegar, benda-benda bumi pun bertebaran laksana kabut.
5. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur berdasarkan ilmu alam?
Jawab :
Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaes catastrophe) setlah membisu gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap kebawah, yang ringan berada di atas. Melalui proses penilaian yang usang sekali, gas bab luar mengeras menjadi batu, krikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bab tengah masih panas. Zat panas bercampur lava, lahar,batu, dan pasir panas. Bumi beredar lantaran adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib menyerupai meteor (menyala/hancur).
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian simpulan semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam).
Mengenal Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam)?
Pendidikan agama Islam sanggup diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau instansi pendidikan yang memperlihatkan materi mengenai agama islam kepada orang yang ingin mengetahui lebih dalam perihal agama Islam baik dari segi materi akademis maupun dari segi praktik yang sanggup dilakukan sehari hari.
Setiap orang di dunia ini pastilah mempunyai kepercayaan untuk menyembah Tuhan, akan tetapi ada sebagian orang yang menentukan untuk tidak menganut agama apapun yang ada di dunia ini, menyerupai Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Untuk agama Islam sendiri di Indonesia merupakan agama yang dianut oleh dominan penduduknya, untuk itu pastilah di instansi pendidikan manapun niscaya memperlihatkan pelajaran agama Islam di dalamnya.
Berikut ini sebagian dari bukti-bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia.
Tanpa moral kehidupan akan kacau balau, tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, alasannya soal baik buruk atau halal haram tidak lagi dipedulikan orang. Dan kalau halal haram tidak lagi dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme. Machiavellisme yaitu doktrin machiavelli “tujuan menghalalkan cara kalau betul ini yang terjadi, biasa saja kemudian bangsa dan negara hancur binasa.
Tetapi sanggup disayangkan, sebagaimana telah disebutkan dalam uraian terdahulu, sebegitu jauh perjuangan ilmu dan filsafat untuk mencapai kemampuan ilmu dan filsafat hanyalah hingga kepada kebenaran relatif atau nisbi, padahal kebenaran relatif atau nisbi bukanlah kebenaran yang sesungguhnya. Kebenaran yang bergotong-royong ialah kebenaran mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, otoriter dan berlaku untuk semua orang.
Prof Arnoid Toynbee memperkuat pernyataan yang demikian ini. Menurut andal sejarah Inggris kenamaan ini tabir diam-diam alam semesta juga ingin di singkap oleh manusia. Dalam bukunya “An Historian’s Aproach to religion” ia menulis, “ Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa menerima tantantangan-rangsangan untuk memikirkan diam-diam alam semesta”.
Ibnu Kholdum dalam kitab Muqaddimah-nya menulis “akal ada sebuah timbangan yang tepat, yang catatannya niscaya dan bisa dipercaya. Tetapi mempergunakan logika untuk menimbang hakekat dari soal-soal yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sehabis mati, atau sifat-sifat Tuhan atau soal-soal lain yang luar lingkungan akal, yaitu sebagai mencoba mempergunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung, ini tidak berarti bahwa timbangannya itu sendiri yang kurang tepat. Soalnya ialah lantaran logika mempunyai batas-batas yang membatasinya.
Berhubungan dengan itu duduk masalah yang menyangkut metafisika masih gelap bagi insan dan belum menerima penyelesaian semua tanda tanya perihal itu tidak terjawab oleh akal.
Firman Allah Swt yang artinya : “Setiap jiwa niscaya akan mencicipi kematian, dan engkau kami coba dengan yang buruk dan dengan yang baik sebagai ujian” (al-Ambiya, 35).
Itulah sedikit citra mengenai Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam), supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 40 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Setiap orang di dunia ini pastilah mempunyai kepercayaan untuk menyembah Tuhan, akan tetapi ada sebagian orang yang menentukan untuk tidak menganut agama apapun yang ada di dunia ini, menyerupai Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Untuk agama Islam sendiri di Indonesia merupakan agama yang dianut oleh dominan penduduknya, untuk itu pastilah di instansi pendidikan manapun niscaya memperlihatkan pelajaran agama Islam di dalamnya.
Berikut ini sebagian dari bukti-bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia.
a. Agama merupakan sumber moral
Manusia sangatlah memerlukan akhlaq atau moral, lantaran moral sangatlah penting dalam kehidupan. Moral yaitu mustika hidup yang membedakan insan dari hewan. Manusia tanpa moral pada hakekatnya yaitu binatang dan insan yang membinatang ini sangatlah berbahaya, ia akan lebih jahat dan lebih buas dari pada binatang buas sendiri.Tanpa moral kehidupan akan kacau balau, tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, alasannya soal baik buruk atau halal haram tidak lagi dipedulikan orang. Dan kalau halal haram tidak lagi dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme. Machiavellisme yaitu doktrin machiavelli “tujuan menghalalkan cara kalau betul ini yang terjadi, biasa saja kemudian bangsa dan negara hancur binasa.
b. Agama merupakan petunjuk kebenaran
Salah satu hal yang ingin diketahui oleh insan ialah apa yang berjulukan kebenaran. Masalah ini masalah besar, dan menjadi tanda tanya besar bagi insan semenjak zaman dahulu kala. Apa kebenaran itu, dan dimana sanggup diperoleh insan dengan akal, dengan ilmu dan dengan filsafatnya ingin mengetahui dan mencapainya dan yang menjadi tujuan ilmu dan filsafat tidak lain juga untuk mencari jawaban atas tanda tanya besar itu, yaitu masalah kebenaran.Tetapi sanggup disayangkan, sebagaimana telah disebutkan dalam uraian terdahulu, sebegitu jauh perjuangan ilmu dan filsafat untuk mencapai kemampuan ilmu dan filsafat hanyalah hingga kepada kebenaran relatif atau nisbi, padahal kebenaran relatif atau nisbi bukanlah kebenaran yang sesungguhnya. Kebenaran yang bergotong-royong ialah kebenaran mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, otoriter dan berlaku untuk semua orang.
c. Agama merupakan sumber informasi perihal masalah metafisika
Prof Arnoid Toynbee memperkuat pernyataan yang demikian ini. Menurut andal sejarah Inggris kenamaan ini tabir diam-diam alam semesta juga ingin di singkap oleh manusia. Dalam bukunya “An Historian’s Aproach to religion” ia menulis, “ Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa menerima tantantangan-rangsangan untuk memikirkan diam-diam alam semesta”.Ibnu Kholdum dalam kitab Muqaddimah-nya menulis “akal ada sebuah timbangan yang tepat, yang catatannya niscaya dan bisa dipercaya. Tetapi mempergunakan logika untuk menimbang hakekat dari soal-soal yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sehabis mati, atau sifat-sifat Tuhan atau soal-soal lain yang luar lingkungan akal, yaitu sebagai mencoba mempergunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung, ini tidak berarti bahwa timbangannya itu sendiri yang kurang tepat. Soalnya ialah lantaran logika mempunyai batas-batas yang membatasinya.
Berhubungan dengan itu duduk masalah yang menyangkut metafisika masih gelap bagi insan dan belum menerima penyelesaian semua tanda tanya perihal itu tidak terjawab oleh akal.
d. Agama memperlihatkan bimbingan rohani bagi manusia, baik dikala suka maupun di kala duka
Hidup insan di dunia yang pana ini adakala suka tapi adakala juga duka. Maklumlah dunia bukanlah surga, tetapi juga bukan neraka. Jika dunia itu surga, tentulah hanya kegembiraan yang ada, dan jikalau dunia itu neraka tentulah hanya penderitaan yang terjadi. Kenyataan yang membuktikan bahwa kehidupan dunia yaitu rangkaian dari suka dan sedih yang silih berganti.Firman Allah Swt yang artinya : “Setiap jiwa niscaya akan mencicipi kematian, dan engkau kami coba dengan yang buruk dan dengan yang baik sebagai ujian” (al-Ambiya, 35).
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Soal Latihan PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya
Adapun Untuk pola Soal Latihan PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 1 yaitu sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Kandungan Surah Yunus ayat 40-41 berisi aliran perihal ....
a. toleransi
b. sabar
c. tawakal
d. ikhtiar
e. doa
2. Toleransi dalam istilah Arab disebut ....
a. tabayyun
b. tasamuh
c. tadabbur
d. ta'aruf
e. tafakkur
3. Berikut yaitu pola sikap yang mencerminkan toleransi, kecuali ....
a. beribadah bersama umat agama lain
b. menghormati umat agama lain
c. berdialog dengan umat agama lain
d. bersilaturahmi dengan umat agama lain
e. membantu umat agama lain
4. Surah al-Kafirun mengandung aliran dihentikan mencampuradukkan dalam urusan ....
a. jual beli
b. silaturahmi
c. ibadah
d. dunia
e. muamalah
5. Sikap toleransi dibutuhkan terutama dalam masyarakat yang ....
a. homogen
b. heterogen
c. eksklusif
d. menengah
e. biasa
6. Orang yang mendustakan Al-Qur'an ditempatkan di dalam neraka ....
a. Hawiyah
b. Wail
c. Khutamah
d. Jahannam
e. Saqar
7. Menurut surah al-Kahf ayat 29, tanggapan orang yang kufur, yaitu neraka yang api nya ....
a. bergejolak
b. bergetar
c. bergenang
d. bergemuruh
d. bergulung
8. Berikut ini yang termasuk perbuatan kufur secara akidah, yaitu ....
a. menolak membayar zakat
b. mengingkari keesaan Allah
c. meyakini keberadaan akhirat
d. meninggalkan salat fardu
e. menolak membayar hutang
9. Cara yang sempurna untuk memperlihatkan konsep kebenaran dalam perbedaan, yaitu ....
a. berdebat
b. berdialog
c. bersepakat
d. berdamai
e. bermusyawarah
10. Dalam mengimani Al-Qur'an, selain dipahami juga harus ....
a. dilestarikan
b. diterjemahkan
c. diamalkan
d. ditafsirkan
e. didiskusikan
11. Kandungan surah al-Kafirun [109] ayat 1-6 berisi perihal undangan ....
a. toleransi antarumat seagama
b. toleransi antarumat beragama
c. toleransi dalam masyarakat
d. toleransi di lingkungan kerja
e. toleransi di lingkungan sekolah
12. Berikut manfaat dari toleransi, kecuali ....
a. terciptanya persahabatan
b. terciptanya persaudaraan
c. terciptanya persatuan masyarakat
d. terciptanya persamaan
e. terciptanya sikap terpuji
13. Arti dari kalimat "La a'budu ma ta'buduna" yaitu ....
a. wahai orang-orang kafir
b. saya tidak akan menyembah apa yang kau sembah
c. kau bukan penyembah apa yang saya sembah
d. dan saya tidak pernah menyembah apa yang kau sembah
e. dan kau tidak pernah (pula) menyembah apa yang saya sembah
14. Cara bersikap dalam menghadapi perbedaan agama yaitu dengan cara ....
a. mengikuti keyakinan nya
b. tidak menyalahkannya lantaran mempunyai perbedaan agama
c. mengikuti tata cara ibadah nya
d. memahami aliran agama nya
e. mengerti pemahaman keyakinan
15. Orang yang mengimani Al-Qur'an berdasarkan Surah Yunus [10] ayat 40-41 yaitu ....
a. memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an
b. mengerti akan ada nya Al-Qur'an
c. mengesakan Al-Qur'an
d. mempercayai Al-Qur'an
e. meyakini Al-Qur'an
16. Kalimat "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu" terdapat dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
17. Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sebagai ....
a. pedoman hidup bagi umat manusia
b. pengatur rizki manusia
c. perisai dari kaum yahudi
d. pemicu semangat hidup
e. penawar rasa sakit
18. Allah Swt. akan memperlihatkan konsekuensi yang setimpal kepada orang yang beriman dan tidak beriman. Hal ini terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
19. Seseorang yang tidak mau bersyukur disebut dengan istilah ....
a. kafir
b. kufur
c. musyrik
d. syirik
e. munafik
20. Berikut yaitu keadaan neraka berdasarkan Al-Qur'an Surah al-Kahf [18] ayat 29, kecuali ....
a. api neraka bergejolak mengepung orang-orang kafir
b. minuman yang disediakan berupa lelehan besi yang mendidih
c. lelehan besi menghanguskan wajah mereka
d. merupakan daerah istirahat yang paling buruk dan paling jelek
e. penuh pinjaman dan kasih sayang
21. Kalimat مِنْ فَضْلِ artinya sebagian dari ....
a. kebaikan
b. karunia
c. istimewa
d. kalimat
e. spesial
22. Surah al-Jumu'ah [62] ayat 9 mengandung perintah untuk ....
a. syahadat
b. salat
c. puasa
d. zakat
e. haji
23. Kalimat نُودِيَ artinya ....
a. dipanggil
b. diundang
c. dihadapkan
d. diperbaiki
e. dimaafkan
24.Tindakan pelajar yang bertentangan dengan semangat meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. bisa menuntaskan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. mencontek jawaban soal ujian dengan teliti
25. Kalimat كَثِيرًا artinya ....
a. banyak
b. sedikit
c. kuat
d. lemah
e. mampu
26. Isi pokok Surah al-Mujadilah ayat 11 berisi perihal ....
a. iman, ilmu dan amal
b. jihad, sabar dan tawakal
c. amal, nrimo dan qana'ah
d. salat, puasa dan zakat
e. hasad, riya dan takabur
27. Berikut yang termasuk sikap mencerminkan etos kerja yang tinggi, kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. bekerja sesuai rencana
c. mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas
d. bekerja secara profesional
e. bekerja ketika di perlukan
28. Seorang pelajar membuktikan etos kerja yang tinggi jikalau melaksanakan hal berikut ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. bisa menuntaskan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. berguru cukup di sekolah
29. Selain ulet berguru setiap pelajar harus ....
a. bermain setiap hari
b. bertawakal setiap mencapai hasil yang dicapai
c. membantu orangtua tanpa kenal lelah
d. setiap bulan membayar SPP
e. bekerja
30. Pada awalnya setiap orang di tuntut meningkatkan etos kerja untuk ....
a. mendapatkan uang
b. memenuhi kebutuhan
c. meningkatkan produktivitas
d. mencari ridha Allah Swt.
e. meningkatkan profesionalisme
31. Berikut motivasi yang salah dalam meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. mendapatkan hasil maksimal
b. menerima kebanggaan orang lain
c. meningkatkan produktivitas
d. meningkatkan profesionalisme
e. mencari ridha Allah Swt.
32. Berikut yang termasuk sikap mencari karunia Allah Swt., kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. berguru dengan sungguh-sungguh
c. aktif berkreasi untuk kepentingan bersama
d. melaksanakan bakti sosial
e. bekerja apabila persediaan sudah habis
33. Belajar sungguh-sungguh dengan tujuan memperoleh ilmu yang bermanfaat termasuk ....
a. amal saleh
b. ibadah
c. mencari ridha Allah Swt.
d. mencari karunia Allah Swt.
e. berpahala
34. Berikut pola sikap Rasulullah saw. yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu ....
a. berniaga hingga negri syam
b. berdakwah tanpa menyerah
c. berjihad dengan semangat juang
d. membangun masyarakat islam
e. membangun keluarga
35. Meningkatkan etos kerja harus didasari ....
a. ketauhidan
b. keikhlasan
c. ketakwaan
d. kesabaran
e. kebenaran
36. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang yang beriman dan ....
a. berilmu
b. berbuat baik
c. berkarya
d. bersilaturahmi
e. bekerja
37. Arti kalimat "tafassahu fi al-majalisi" yaitu ....
a. apabila dikatakan kepadamu
b. berilah kelapangan di dalam majelis
c. Allah Swt. akan memberi kelapangan untukmu
d. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang
e. Allah Swt. mahateliti apa yang kau kerjakan
38. Arti kalimat "la'allakum tuflihuna" yaitu ....
a. supaya kau beruntung
b. supaya kau bekerja keras
c. supaya kau berdoa
d. supaya kau berusaha
e. supaya kau bersyukur
39. Untuk menghasilkan sesuatu yang bermutu dan berkhasiat bagi seseorang dibutuhkan ....
a. ilmu faraid
b. ilmu hukum
c. ilmu pengetahuan
d. ilmu sosial
e. ilmu metafisika
40. Perintah untuk menunaikan salat Jumat dan bekerja terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Mujadilah [58] ayat 11
b. al-Jumu'ah [62] ayat 9-10
c. Yunus [10] ayat 40-41
d. al-Kahf [18] ayat 29
e. al-Kafirun [102] ayat 1-6
II. SOAL ESSAY
1. Beriman kepada hari simpulan telah menyadarkan diri saya bahwa hidup didunia adalah.
Jawab : Bersifat sementara cepat atau lambat semmua insan niscaya akan kembali kepada allah swt. Dan semua perbuatan insan selama hidup didunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan allah swt di simpulan kelak.
2. Tahapan - Tahapan insiden yang dialami insan sebagai proses menuju alam baqa’ yaitu ?
Jawaba : ( 1.Yaumul ba’ats. 2.Yaumul hasyr. 3.Buku catatan. 4.Yaumul hisab dan mizan. 5.As-sirat. 6.Yaumul jaza. 7.Surga. 8.Neraka)
3. Mengimani adanya kehidupan sehabis mati yaitu kenyataan alam yang sanggup disaksikan secara gampang dalam kehidupan sehari hari dipermukaan bumi ini antara lain berupa.
Jawab :
- Muncul rasa kebencian yang dalam keadaan kemaksiatan dan kebejatan moral yang menyebabkan marah allah swt. Di dunia dan di akhirat.
- Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmn dengan segala kenikmatan darul abadi yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.
- Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap allah swt. Dengan mengharapkan mau’nah-nya pada hari itu
- Senanatiasa termotivasi untuk bersedekah baik dengan ikhlas.
- Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya.
- Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat.
4. Sebutkan beberapa perbedaan simpulan zaman sugra dengan simpulan zaman kubra!
Jawab :
a. Kiamat sugra (Kecil)
Peristiwa datanganya kematian bagi semua makhluk termasuk insan yang bersifat local dan individu.
Tanda-tandanya yaitu kematian, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, pria menyerupa perempuan dan sebalinya, zinah sudah biasa.
b. Kiamat kubra (besar)
Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan mahluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.
Tanda-tandanya yaitu bumi di angkat.Gunung-gunung dibenturkan, langit pecah bergelegar, benda-benda bumi pun bertebaran laksana kabut.
5. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur berdasarkan ilmu alam?
Jawab :
Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaes catastrophe) setlah membisu gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap kebawah, yang ringan berada di atas. Melalui proses penilaian yang usang sekali, gas bab luar mengeras menjadi batu, krikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bab tengah masih panas. Zat panas bercampur lava, lahar,batu, dan pasir panas. Bumi beredar lantaran adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib menyerupai meteor (menyala/hancur).
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, supaya bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari acuan mengenai soal2 dari mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. supaya bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Pai Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, Pg Dan Essay"
Posting Komentar