Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yaitu belum dicoba dan diuji.
Bangsa yang bijak yaitu bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak yaitu insan yang berguru dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.
Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.
1.Kegunaan Edukatif
Kegunaan sejarah yang pertama yaitu sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang berguru dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui berguru dari sejarah sanggup mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.
smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
2. Kegunaan Inspiratif
Sebagai inspiratif, aneka macam dongeng sejarah sanggup menyampaikan pandangan gres pada pembaca dan pendengarnya. berguru dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern di awal kurun ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya yaitu melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.
3. Kegunaan Rekreatif
Yang ketiga yaitu sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai dongeng sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan dongeng sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan dongeng sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.
Membaca menjadi media hiburan dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang layaknya membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini tugas sejarawan dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin melihat situasi suatu tempat di masa lampau dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.
Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.
Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah yaitu guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.
Sejarah yaitu akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.
1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi
Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda yaitu detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan berguru sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.
2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).
Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah dibutuhkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.
3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa
Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai korelasi timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan gembira dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.
Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
1. Kebudayaan Hindu-Budha sanggup masuk ke Indonesia dikarenakan adanya perkawinan antara pedagang dengan perempuan di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan sebagai salah satu teori masuknya agama Hindu di Indonesia, teori yang dimaksud tersebut adalah....
a. teori sudra
b. teori wisya
c. teori brahmana
d. teori arus balik
e. teori ksatria
2. Masuknya agama Hindu di Indonesia telah membawa banyak dampak diantaranya pada susunan masyarakat Indonesia. Salah satunya berkaitan dengan kemasyarakatan. Pengaruh tersebut adalah....
a. Masyarakat dibedaskan berdasarkan kasta
b. Mulai dikenalnya sistem gotong royong
c. Masyarakat dibedakan berdasarkan profesi
d. Masyarakat dipimpin oleh sunan
e. Sistem pemerintahan menjadi ketat
3. Pengaruh Hindu di Indonesia pertama kali diketahui dari....
a. kerjaan Sriwijaya
b. Kerajaan Kutai
c. Kerajaan Melayu
d. Kerajaan Tarumanegara
e. Kerajaan Mataram Kuno
4. Pada ketika Gajah Mada diangkat menjadi patih Mangkubumi Majapahit, ia telah mengucapkan sumpah yaitu....
a. Sumpah Majapahit
b. Sumpah Mangkubumi
c. Sumpah Pemuda
d. Sumpah Tan Amukti Palapa
e. Sumpah Patih Majapahit
5. Seorang pendeta Budha yang populer dari kerajaan Sriwijaya adalah....
a. Sakyakirti
b. Dharmawangsa
c. Dharmasetu
d. Balaputra Dewa
e. Jayabaya
6. Peristiwa yang mengakibatkan retaknya korelasi antara majapahit dan pajajaran adalah...
a. perang Paregreg
b. pemberontakan Nambi
c. pemberontakan ranggawale
d. perang bubat
e. datangnya utusan dari Cina
7. Kerajaan Islam Tertua di Indonesia adalah...
a. Kerajaan Aceh
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Pajang
d. kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Samudera Pasai
8. Di bawah ini yang bukan merupakan bukti-bukti awal masuknya Islam di Indonesia, adalah....
a. Berita dari pedagang Persia
b. Berita dari Mah Huan, musafir Cina
c. Adanya makam Sultan Malik Al Saleh
d. Berita dari Ibnu Batutah
9. Pola bangunan menjadi tradisional menampakkan adanya toleransi dan perpaduan antara unsur-unsur orisinil budaya lokal Indonesia, Hindu Budha dan Islam yaitu....
a. Atap masjid berwujud kubah
b. Beratap susun tiga atau lima
c. Berbentuk rumah panggung
d. Selalu ada bangunan menara yang menjulang tinggi
e. Serambi masjid bertingkat
10. Bangunan masjid, keraton, dan kuburan di Indonesia umumnya memperlihatkan hasil perwujudan akulturasi dengan kebudayaan orisinil Indonesia pada zaman megalitikum, yaitu....
a. kubur peti batu
b. menhir
c. bahu berundak
d. dolmen
e. sarkofagus
11. Raja Ternate yang memperdalam agama Islam kepada Sunan Giri di Jawa Timur adalah....
a. Sultan Baabullah
b. sultan Zainal Abidin
c. Sultan Jamaluddin
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Hairun
12. Adipati Unus menerima julukan Pangeran Sabrang Lor karena....
a. melaksanakan serangan ke Malaka
b. mempersiapkan pasukan perang Demak di Pantai Utara
c. menduduki daerah-daerah yang berada di pesisir utara Pulau Jawa
d. mengusir serangan yang tiba dari arah utara
e. mempersatukan seluruh kerajaan di bawah kekuasaan Demak
13. Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan....
a. Sultan Zainal Abidin
b. Sultan Nuku
c. Sultan Baabullah
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Marhum
14. Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....
a. Bartholomeus Diaz
b. Cornelis de Houtman
c. Vasco da Gama
d. d’Albuquerque
e. Magelhaens
15. Setelah Belanda mengalah kepada Inggris , yang menjabat sebagai gubernur di Indonsia adalah....
a. Raffles
b. Daendles
c. Napoleon
d. Lord Minto
e. Fans Heuts
16. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia menciptakan rakyat Indonesia....
a. mengenal aneka macam macam tanaman
b. hidup senang dari tanamannya yang melimpah
c. menderita dan miskin jawaban tanam paksa
d. menerima perhatian dari pemerintah Belanda
e. muncul dan berkembangnya politik assosiasi
17. Tanam paksa (cultuur stelsel) yang banyak mendatangkan kesengesaraan bagi bangsa Indonesia diciptakan oleh....
a. Van den Bosch
b. Van der Cappelen
c. Daendles
d. Raffles
e. J.P. Cone
18. Edward Douwes Dekker menentang pelaksanaan sistem tanam paksa dengan cara....
a. memproses hal itu melalui dewan legislatif di Belanda
b. mengadakan pemberontakan
c. membantu kehidupan petani yang miskin
d. menuangkan gagasannya dalam bentuk karya sastra
e. membentuk kelompok radikal
19. Kerajaan Islam di Jawa yang mengadakan perlawanan terhadap VOC namun dua kali mengalami kegagalan adalah....
a. Demak
b. Banten
c. Mataram
d. Pajajaran
e. Jepara
20. Di aneka macam tempat Belanda menciptakan benteng pertahanan, contohnya Benteng Duurstede yang terletak di pulau....
a. Ternate
b. Tidore
c. Halmahera
d. Saparua
e. Seram
21. Agama dan kebudayaan Hindu dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum brahmana atau pendeta. Teori ini dikemukakan oleh....
a. Eugene Dubois
b. Van den Bosch
c. Van Voilenhoven
d. J.C. Van Leur
e. N.J. Krom
22. Menurut teori waisya, agama dan kebudayaan Hindu yang berasal dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh....
a. para brahmana
b. para pedagang
c. para raja dan darah biru India yang tiba ke Indonesia
d. bangsa Indonesia yang berguru ke India
e. prajurit perang India
23. Hinduisasi yang dianggap lebih sesuai di Indonsia yaitu berdasarkan hipotesis brahmana. Hinduisasi berarti proses....
a. kolonialisasi Indonesia oleh bangsa India
b. menerapkan sistem kekuasaan cara Hindu
c. mengakibatkan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
d. perpaduan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
e. berkembangnya dampak peradaban dan kebudayaan Hindu di Indonesia
24. Sumber sejarah perihal Kerajaan Kutai yaitu tujuh buah kerikil tulis yang disebut....
a. yupa
b. lingga
c. fosil
d. artefak
e. yoni
25. Kerajaan Mataram Kuno mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja....
a. Sanjaya
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Pikatan
d. Rakai Panunggalan
e. Dyah Balitung
26. Raja Kediri yang terakhir memerintah adalah....
a. Jayawardhana
b. Jayabaya
c. Kertajaya
d. Kameswara
e. Sarweswara
27. Candi Hindu Prambanan dibangun berdekatan dengan Candi Buddha Kalasan, hal ini memperlihatkan bahwa di Indonesia mempunyai nilai luhur berupa nilai....
a. musyawarah
b. toleransi
c. gotong royong
d. seni budaya
e. kepercayaan
28. Prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dengan....
a. karakter Pranagari dan bahasa Sansekerta
b. karakter Pranagari dan bahasa Melayu Kuno
c. karakter Pallawa dan bahasa Melayu Kuno
d. karakter Pallawa dan bahasa Sanskerta
e. karakter Pallawa dan bahasa Sunda
29. Kerjaan Islam yang pertama di Pulau Jawa adalah....
a. Kerajaan Samudra Pasai
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Banten
d. Kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Cirebon
30. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim yang bergelar....
a. Sultan Alauddin Riayat Syah
b. Sultan Jamaluddin
c. Sultan Iskandar Muda
d. Sultan Iskandar Thani
e. Sultan Ali Mughayat Syah
1. Jelaskan teori persebaran agama Hindu berikut?
a. Teori brahmana
b. Teori Ksatria
Jawab :
Teori persebaran agama hindu diantaranya adalah
Teori brahmana bahwa agama Hindu dibawa oleh para brahmana
Teori Ksatria bahwa agama Hindu dibawa oleh para kaum darah biru dan raja yang kalah perang
2. Sebutkan (4) penyebab runtuhnya kerajaan Hindu Budha di Indonesia?
Jawab :
a. Terdesak alasannya yaitu munculnya kerajaan besar yang lebih besar dan lebih kuat
b. Tidak ada kaderisasi atau peralihan kepemimpinan
c. Berlangsungnya perang saudara yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan
d. Banyaknya tempat kekuasaan yang melepaskan diri dari kekuasaan pusat
e. kemunduran ekonomi dan perdagangan
f. Tersiarnya agama dan kebudayaan Islam
3. Sebutkan (3) Hak istimewa yang dimiliki oleh VOC!
Jawab :
a. Dianggap sebagai wakil pemerintah Belanda di Asia.
b. Hak monopi dagang di wilayah-wilayah antara Amerika Selatan dan Afrika
c. Hak mempunyai angkatan perang dan membangun benteng pertahanan
d. Hak menyatakan perang dan atau menciptakan perjanjian secara adil dengan penguasa pribumi
e. Hak mengangkat pegawai
f. Hak memungut pajak
g. Hak melaksanakan pengadilan dan hak mencetak serta membuatkan uang sendiri.
4. Jelaskan peranan wali songo dalam persebaran agama Islam?
Jawab :
Wali Songo yaitu 9 wali yang membuatkan agama Islam khususnya di Pulau Jawa, anggota wali Songo adalah
a. Maulana Malik Ibrahim
b. Sunan Kudus
c. Sunan Muria
d. Sunan Kalijaga
e. Sunan Bonang
f. Sunan Gunung Jati
g. Sunan Ampel
h. Sunan Giri
i. Sunan Drajat
5. Jelaskan isi politik etis yang dikemukakan oleh Van Deventer?
Politik etis terdiri dari 3 hal, yaitu:
a. Irigasi, pengairan tanah pertanian untuk lahan pribumi diperbolehkan,
b. Edukasi, sumbangan pendidikan terhadap rakyat pribumi mulai diberlakukan
c. Transmigrasi, pemindahan penduduk dari wilayah yang padat ke wilayah yang jarang penduduknya menyerupai dari Jawa ke Sumatera.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian simpulan semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.
Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia
Bangsa yang bijak yaitu bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak yaitu insan yang berguru dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.
Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.
MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH
1.Kegunaan Edukatif
Kegunaan sejarah yang pertama yaitu sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang berguru dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui berguru dari sejarah sanggup mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.
smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
2. Kegunaan Inspiratif
Sebagai inspiratif, aneka macam dongeng sejarah sanggup menyampaikan pandangan gres pada pembaca dan pendengarnya. berguru dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern di awal kurun ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya yaitu melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.
3. Kegunaan Rekreatif
Yang ketiga yaitu sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai dongeng sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan dongeng sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan dongeng sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.
Membaca menjadi media hiburan dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang layaknya membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini tugas sejarawan dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin melihat situasi suatu tempat di masa lampau dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.
Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.
Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah yaitu guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.
Sejarah yaitu akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.
Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah yaitu sebagai berikut :
1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi
Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda yaitu detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan berguru sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.
2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).
Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah dibutuhkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.
3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa
Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai korelasi timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan gembira dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.
Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Adapun Untuk tumpuan Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 yaitu sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Kebudayaan Hindu-Budha sanggup masuk ke Indonesia dikarenakan adanya perkawinan antara pedagang dengan perempuan di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan sebagai salah satu teori masuknya agama Hindu di Indonesia, teori yang dimaksud tersebut adalah....
a. teori sudra
b. teori wisya
c. teori brahmana
d. teori arus balik
e. teori ksatria
2. Masuknya agama Hindu di Indonesia telah membawa banyak dampak diantaranya pada susunan masyarakat Indonesia. Salah satunya berkaitan dengan kemasyarakatan. Pengaruh tersebut adalah....
a. Masyarakat dibedaskan berdasarkan kasta
b. Mulai dikenalnya sistem gotong royong
c. Masyarakat dibedakan berdasarkan profesi
d. Masyarakat dipimpin oleh sunan
e. Sistem pemerintahan menjadi ketat
3. Pengaruh Hindu di Indonesia pertama kali diketahui dari....
a. kerjaan Sriwijaya
b. Kerajaan Kutai
c. Kerajaan Melayu
d. Kerajaan Tarumanegara
e. Kerajaan Mataram Kuno
4. Pada ketika Gajah Mada diangkat menjadi patih Mangkubumi Majapahit, ia telah mengucapkan sumpah yaitu....
a. Sumpah Majapahit
b. Sumpah Mangkubumi
c. Sumpah Pemuda
d. Sumpah Tan Amukti Palapa
e. Sumpah Patih Majapahit
5. Seorang pendeta Budha yang populer dari kerajaan Sriwijaya adalah....
a. Sakyakirti
b. Dharmawangsa
c. Dharmasetu
d. Balaputra Dewa
e. Jayabaya
6. Peristiwa yang mengakibatkan retaknya korelasi antara majapahit dan pajajaran adalah...
a. perang Paregreg
b. pemberontakan Nambi
c. pemberontakan ranggawale
d. perang bubat
e. datangnya utusan dari Cina
7. Kerajaan Islam Tertua di Indonesia adalah...
a. Kerajaan Aceh
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Pajang
d. kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Samudera Pasai
8. Di bawah ini yang bukan merupakan bukti-bukti awal masuknya Islam di Indonesia, adalah....
a. Berita dari pedagang Persia
b. Berita dari Mah Huan, musafir Cina
c. Adanya makam Sultan Malik Al Saleh
d. Berita dari Ibnu Batutah
9. Pola bangunan menjadi tradisional menampakkan adanya toleransi dan perpaduan antara unsur-unsur orisinil budaya lokal Indonesia, Hindu Budha dan Islam yaitu....
a. Atap masjid berwujud kubah
b. Beratap susun tiga atau lima
c. Berbentuk rumah panggung
d. Selalu ada bangunan menara yang menjulang tinggi
e. Serambi masjid bertingkat
10. Bangunan masjid, keraton, dan kuburan di Indonesia umumnya memperlihatkan hasil perwujudan akulturasi dengan kebudayaan orisinil Indonesia pada zaman megalitikum, yaitu....
a. kubur peti batu
b. menhir
c. bahu berundak
d. dolmen
e. sarkofagus
11. Raja Ternate yang memperdalam agama Islam kepada Sunan Giri di Jawa Timur adalah....
a. Sultan Baabullah
b. sultan Zainal Abidin
c. Sultan Jamaluddin
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Hairun
12. Adipati Unus menerima julukan Pangeran Sabrang Lor karena....
a. melaksanakan serangan ke Malaka
b. mempersiapkan pasukan perang Demak di Pantai Utara
c. menduduki daerah-daerah yang berada di pesisir utara Pulau Jawa
d. mengusir serangan yang tiba dari arah utara
e. mempersatukan seluruh kerajaan di bawah kekuasaan Demak
13. Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan....
a. Sultan Zainal Abidin
b. Sultan Nuku
c. Sultan Baabullah
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Marhum
14. Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....
a. Bartholomeus Diaz
b. Cornelis de Houtman
c. Vasco da Gama
d. d’Albuquerque
e. Magelhaens
15. Setelah Belanda mengalah kepada Inggris , yang menjabat sebagai gubernur di Indonsia adalah....
a. Raffles
b. Daendles
c. Napoleon
d. Lord Minto
e. Fans Heuts
16. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia menciptakan rakyat Indonesia....
a. mengenal aneka macam macam tanaman
b. hidup senang dari tanamannya yang melimpah
c. menderita dan miskin jawaban tanam paksa
d. menerima perhatian dari pemerintah Belanda
e. muncul dan berkembangnya politik assosiasi
17. Tanam paksa (cultuur stelsel) yang banyak mendatangkan kesengesaraan bagi bangsa Indonesia diciptakan oleh....
a. Van den Bosch
b. Van der Cappelen
c. Daendles
d. Raffles
e. J.P. Cone
18. Edward Douwes Dekker menentang pelaksanaan sistem tanam paksa dengan cara....
a. memproses hal itu melalui dewan legislatif di Belanda
b. mengadakan pemberontakan
c. membantu kehidupan petani yang miskin
d. menuangkan gagasannya dalam bentuk karya sastra
e. membentuk kelompok radikal
19. Kerajaan Islam di Jawa yang mengadakan perlawanan terhadap VOC namun dua kali mengalami kegagalan adalah....
a. Demak
b. Banten
c. Mataram
d. Pajajaran
e. Jepara
20. Di aneka macam tempat Belanda menciptakan benteng pertahanan, contohnya Benteng Duurstede yang terletak di pulau....
a. Ternate
b. Tidore
c. Halmahera
d. Saparua
e. Seram
21. Agama dan kebudayaan Hindu dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum brahmana atau pendeta. Teori ini dikemukakan oleh....
a. Eugene Dubois
b. Van den Bosch
c. Van Voilenhoven
d. J.C. Van Leur
e. N.J. Krom
22. Menurut teori waisya, agama dan kebudayaan Hindu yang berasal dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh....
a. para brahmana
b. para pedagang
c. para raja dan darah biru India yang tiba ke Indonesia
d. bangsa Indonesia yang berguru ke India
e. prajurit perang India
23. Hinduisasi yang dianggap lebih sesuai di Indonsia yaitu berdasarkan hipotesis brahmana. Hinduisasi berarti proses....
a. kolonialisasi Indonesia oleh bangsa India
b. menerapkan sistem kekuasaan cara Hindu
c. mengakibatkan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
d. perpaduan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
e. berkembangnya dampak peradaban dan kebudayaan Hindu di Indonesia
24. Sumber sejarah perihal Kerajaan Kutai yaitu tujuh buah kerikil tulis yang disebut....
a. yupa
b. lingga
c. fosil
d. artefak
e. yoni
25. Kerajaan Mataram Kuno mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja....
a. Sanjaya
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Pikatan
d. Rakai Panunggalan
e. Dyah Balitung
26. Raja Kediri yang terakhir memerintah adalah....
a. Jayawardhana
b. Jayabaya
c. Kertajaya
d. Kameswara
e. Sarweswara
27. Candi Hindu Prambanan dibangun berdekatan dengan Candi Buddha Kalasan, hal ini memperlihatkan bahwa di Indonesia mempunyai nilai luhur berupa nilai....
a. musyawarah
b. toleransi
c. gotong royong
d. seni budaya
e. kepercayaan
28. Prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dengan....
a. karakter Pranagari dan bahasa Sansekerta
b. karakter Pranagari dan bahasa Melayu Kuno
c. karakter Pallawa dan bahasa Melayu Kuno
d. karakter Pallawa dan bahasa Sanskerta
e. karakter Pallawa dan bahasa Sunda
29. Kerjaan Islam yang pertama di Pulau Jawa adalah....
a. Kerajaan Samudra Pasai
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Banten
d. Kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Cirebon
30. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim yang bergelar....
a. Sultan Alauddin Riayat Syah
b. Sultan Jamaluddin
c. Sultan Iskandar Muda
d. Sultan Iskandar Thani
e. Sultan Ali Mughayat Syah
II. SOAL ESSAY
1. Jelaskan teori persebaran agama Hindu berikut?
a. Teori brahmana
b. Teori Ksatria
Jawab :
Teori persebaran agama hindu diantaranya adalah
Teori brahmana bahwa agama Hindu dibawa oleh para brahmana
Teori Ksatria bahwa agama Hindu dibawa oleh para kaum darah biru dan raja yang kalah perang
2. Sebutkan (4) penyebab runtuhnya kerajaan Hindu Budha di Indonesia?
Jawab :
a. Terdesak alasannya yaitu munculnya kerajaan besar yang lebih besar dan lebih kuat
b. Tidak ada kaderisasi atau peralihan kepemimpinan
c. Berlangsungnya perang saudara yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan
d. Banyaknya tempat kekuasaan yang melepaskan diri dari kekuasaan pusat
e. kemunduran ekonomi dan perdagangan
f. Tersiarnya agama dan kebudayaan Islam
3. Sebutkan (3) Hak istimewa yang dimiliki oleh VOC!
Jawab :
a. Dianggap sebagai wakil pemerintah Belanda di Asia.
b. Hak monopi dagang di wilayah-wilayah antara Amerika Selatan dan Afrika
c. Hak mempunyai angkatan perang dan membangun benteng pertahanan
d. Hak menyatakan perang dan atau menciptakan perjanjian secara adil dengan penguasa pribumi
e. Hak mengangkat pegawai
f. Hak memungut pajak
g. Hak melaksanakan pengadilan dan hak mencetak serta membuatkan uang sendiri.
4. Jelaskan peranan wali songo dalam persebaran agama Islam?
Jawab :
Wali Songo yaitu 9 wali yang membuatkan agama Islam khususnya di Pulau Jawa, anggota wali Songo adalah
a. Maulana Malik Ibrahim
b. Sunan Kudus
c. Sunan Muria
d. Sunan Kalijaga
e. Sunan Bonang
f. Sunan Gunung Jati
g. Sunan Ampel
h. Sunan Giri
i. Sunan Drajat
5. Jelaskan isi politik etis yang dikemukakan oleh Van Deventer?
Politik etis terdiri dari 3 hal, yaitu:
a. Irigasi, pengairan tanah pertanian untuk lahan pribumi diperbolehkan,
b. Edukasi, sumbangan pendidikan terhadap rakyat pribumi mulai diberlakukan
c. Transmigrasi, pemindahan penduduk dari wilayah yang padat ke wilayah yang jarang penduduknya menyerupai dari Jawa ke Sumatera.
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya"
Posting Komentar