Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya
Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya belum dicoba dan diuji.
Bangsa yang bijak ialah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak ialah insan yang berguru dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.
Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.
1.Kegunaan Edukatif
Kegunaan sejarah yang pertama ialah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang berguru dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui berguru dari sejarah sanggup menyebarkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.
smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
2. Kegunaan Inspiratif
Sebagai inspiratif, banyak sekali dongeng sejarah sanggup menyampaikan ilham pada pembaca dan pendengarnya. berguru dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern di awal kala ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha menyebarkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk menyebarkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.
3. Kegunaan Rekreatif
Yang ketiga ialah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai dongeng sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan dongeng sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa bahagia dan daya taraik penulisan dongeng sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.
Membaca menjadi media hiburan dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa bahagia layaknya membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini kiprah sejarawan dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin melihat situasi suatu kawasan di masa lampau dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.
Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.
Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah ialah guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.
Sejarah ialah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.
1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi
Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda ialah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan berguru sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.
2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).
Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah dibutuhkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.
3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa
Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan besar hati dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.
Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
1. Dalam kondisi terjepit akhir kekalahannya dari sekutu, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan cara....
a. melaksanakan politik dumping
b. membebaskan para tawan
c. mengenodrkan sikapnya terhadap Indonesia
d. memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia
e. memberi kebebasan beropini bagi Indonesia
2. BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 risikonya dibubarkan dengan alasan....
a. BPUPKI tidak sanggup bekerja dengan baik
b. BPUPKI dianggap banyak melaksanakan penyimpangan-penyimpangan
c. BPUPKI telah berhasil melaksanakan tugasnya
d. kiprah BPUPKI digantikan oleh Panitai Sembilan
e. BPUPKI tidak bermanfaat bagi Jepang
3. Maksud dibentuknya Panitia Sembilan oleh BPUPKI adalah....
a. menambah jumlah anggota BPUPKI
b. untuk membahas hasil sidang I BPUPKI wacana rancangan dasar negara
c. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
d. mempersiapkan materi sidang BPUPKI
e. sebagai penghubung antra BPUPKI dengan Jepang
4. Janji kemerdekaan yang disampaikan oleh Kuiaki Koiso lebih dilatarbelakangi oleh....
a. keinginan Jepang untuk membentuk persemakmuran di Asia
b. wujudk kepedulian Jepang terhadap sesama negara Asia
c. ungkapan terima kasih Jepang kepada Indonesia
d. wujud balas akal Jepang terhadap Indonesia
e. terdesaknya Jepang oleh serangan militer Sekutu
5. Kuniaki Koiso yang menyampaikan janji kemerdekaan bagi Indonesia ialah seorang....
a. Panglima Tentara Jepang Asia Tenggara
b. Perdana Menteri Jepang
c. Kaisar Jepang
d. Putra Mahkota Jepang
6. Pendudukan Jepang yang hanya 3,5 tahun sangat berat dirasakan, namun demikian rakyat banyak memperoleh manfaat latihan militer, menyerupai Heiho yang fungsinya sebagai....
a. barisan pemuda
b. pembela tanah air
c. pembantu prajurit
d. barisan pelopor
e. barisan polisi
7. Berikut ini peranan antara BPUPKI, kecuali...
a. mempersiapkan usaha-usaha ke arah kemerdekaan Indonesia
b. berhasil membentuk Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta
c. berhasil menyusun naskah Proklamasi
d. berhasil menyusun rumusan dasar negara
e. berhasil merumuskan Undang-Undang Dasar negara Indonesia
8. Pada sidang BPUPKI yang pertama, pembicaraan dipusatkan pada masalah...
a. bentuk negara Indonesia merdeka
b. penyusunan Undang-Undang Dasar
c. perumusan dasar negara
d. menyusun pemerintahan bagi Indonesia merdeka
e. merumuskan pernyataan Indonesia merdeka
9. Ahmad Subardjo dalam keanggotaan PPKI berperan sebagai....
a. penasihat
b. wakil ketua
c. ketua
d. penghubung
e. wakil pemerintahan Jepang
10. BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang diketuai oleh....
a. Mr. Moh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. dr. Radjiman
e. Jenderal Terauchi
11. Untuk mewujudkan tugasnya, BPUPKI harus melaksanakan sidang-sidangnya. Sidang BPUPKI yang pertama beralngsung pada tanggal....
a. 29 Mei – 7 Juni 1945
b. 29 Mei -10 Juli 1945
c. 28 Mei – 2 Juni 1945
d. 28 Mei – 1 Juni 1945
e. 29 Mei – 1 Juni 1945
12. Pokok pembahasan utama yang berhasil diputuskan BPUPKI selama dua kali sidang adalah....
a. rumusan dasar negara dan pemilihan presiden
b. pemilihan presiden dan pembentukan departemen
c. perumusan Undang-Undang Dasar dan pemilihan presiden
d. rumusan dasar negara dan UUD
e. teks proklamasi dan Piagam Jakarta
13. Situasi Jepang pada selesai tahun 1944 mulai terdesak oleh front ABCD, yaitu negara....
a. Amerika – Australia – Jerman
b. Afrika – Australia – Jerman
c. Amerika – Inggris – Cina – Belanda
d. Amerika – Cina – Belanda – Jerman
e. Amerika – Belanda – Italia
14. Dalam situasi dan kondisi terjepit, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan....
a. menyampaikan janji merdeka kepada Indonesia di kemudian hari
b. membebaskan para tawanan perang Jepang
c. meningkatkan pahwlawan dan prajurit ekonomi
d. menambah jumlah autarki setiap daerah
e. semua balasan benar
15. Maksud Jepang memberi janji kemerdekaan adalah....
a. semoga rakyat Indonesia tetap setia kepada Jepang
b. semoga rakyat Indonesia tetap tunduk kepada Jepang
c. semoga rakat Indonesia selalu menuruti keinginan Jepang
d. semoga rakyat tetap bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
e. semua balasan benar
16. Setelah dinasionalisasi, jabatan presiden Bank Indonesia dijabat oleh....
a. Amir Sjarifudin
b. Syahril Sabirin
c. Sumitro Djojohadikusumo
d. Sukiman
e. Safruddin Prawiranegara
17. Sistem Ekonomi Gerakan Benteng dicetuskan oleh...
a. Safruddin Prawiranegara
b. Kasimo
c. Sumitro Djojohadikusomo
d. Moh. Hatta
e. Ali Baba
18. Gerakan gerombola APRA yang merencanakan pembunuhan terhadap menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX didalangi oleh....
a. Musso
b. Amir Syarifuddin
c. Tan Malaka
d. Sultan Hamid II
e. Dr. Soumokil
19. Untuk menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan sekaligus menangkap Kartosuwiryo sebagai pemimpinnya, pemerintah melancarkan operasi militer yang disebut....
a. Operasi Merdeka
b. Operasi Gerakan Banteng Negara
c. Operasi Bharatayuda
d. Operasi 17 Agustus
e. Operasi Banteng Raiders
20. Pada tanggal 13 Juli 1949 Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra mengembalikan mandat kepada pemerintah sentra di Yogyakarta. Hal ini merupaka akhir dari...
a. negosiasi Renville
b. Perjanjian Roem-Royen
c. Perjanjian Inter-Indonesia
d. Perjanjian Meja Bundar
e. Perjanjian Linggarjati
21. Gerakan 30-S/PKI 1965 didahului dengan...
a. menguasai Gedung RRI
b. menguasai monas
c. menguasai Istana Merdeka
d. menangkap dan membunuh para jenderal AD
e. menguasai gedung telekomunikasi
22. Salah satu hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar dalam bidang politik adalah....
a. RIS bertanggung jawab atas utang-utang Belanda di Indonesia
b. RIS mengambil alih milik Belanda di Indonesia
c. tentara Belanda ditarik dari wilayah Indonesia
d. Pengakuan kedaulatan atas negara Republik Indonesia Serikat
e. Pemerintah RIS mendapatkan pegawai Pemerintah Hindia Belanda
23. Munculnya Orde Baru ditandai dengan....
a. keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966
b. Keluarnya Tritura
e. dibubarkannya PKI
d. menjalankan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen
e. terbentuknya kabinet baru
24. Langkah pertama yang diperjuangkan Orde Baru adalah...
a. melanjutkan usaha Orde Lama
b. membentuk pemerintahan baru
c. menggantikan presiden
d. mewujudkan stabilitas politik dan ekonomi yang baik
e. menyusun planning pembangunan lima tahun
25. Pasukan bentukan PKI yang bertugas menguasai kota Jakarta pada ketika meletus G-30 S/PKI adalah...
a. Pasukan Pasopati
b. Pasukan Gatotkaca
c. Pasukan Cakrabirawa
d. Pasukan Wisanggeni
e. Pasukan Bimasakti
26. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan selesai usaha bangsa
c. mengusir semua intervensi gila yang aa di Indonesia
d. menguji semangat usaha para cowok Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang
27. Berikut ini merupakan pernyataan yang sempurna wacana proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno
28. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan pinjaman tentara dari negara lain
b. semoga tidak diserang negara lain
c. semoga diakui kedaulatannya
d. memelopori usaha bangsa lain
e. semoga kolaborasi mengusir penjajah tetap terbina
29. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang mengalah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang
30. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis
II. SOAL ESSAY
1. Apa usaha pemerintah RIS dalam mengatasi Pemberontakan Republik Maluku Selatan?
Jawab : dengan jalan damai, yaitu mengirim Dr. J. Leimena dan operasi militer yang dipimpin oleh Alex Kawilarang
2. Jelaskan latar belakang terjadinya Pemberontakan Andi Azis!
Jawab : Latar belakang pemberontakan Andi Azis ialah menolak kehadiran APRIS dari kelompok Tentara Nasional Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa.
4. Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi Ali-Baba?
Jawab : Politik Ali Bab merupakan suatu kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Ali-Wongso, yang dicetuskan oleh Menteri Perekonomian Mr. Ishak Cokrohadisuryo yang dijalankan dengan cara menggalang kolaborasi antara pengusaha pribumi (Ali) dengan pengusaha nonpribumi khusunya pengusaha Cina (Baba).
5. Mengapa sesudah insiden Gerakan 30 September 1965 timbul agresi menuntut pembubaran PKI dikalangan masyarakat luas? Jelaskan!
Jawab : Setelah insiden Gerakan G-30 S/PKI timbul agresi tuntutan pembubaran PKI alasannya masyarakat luas menuntut pertanggungjawaban PKI, serta demi terjaminnya keamanan dan ketenangan serta kestabilan jalannya pemerintahan dan revolusi.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian selesai semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.
Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia
Bangsa yang bijak ialah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak ialah insan yang berguru dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.
Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.
MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH
1.Kegunaan Edukatif
Kegunaan sejarah yang pertama ialah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang berguru dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui berguru dari sejarah sanggup menyebarkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.
smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.
2. Kegunaan Inspiratif
Sebagai inspiratif, banyak sekali dongeng sejarah sanggup menyampaikan ilham pada pembaca dan pendengarnya. berguru dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern di awal kala ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha menyebarkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.
untuk menyebarkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.
3. Kegunaan Rekreatif
Yang ketiga ialah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai dongeng sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan dongeng sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa bahagia dan daya taraik penulisan dongeng sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.
Membaca menjadi media hiburan dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa bahagia layaknya membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini kiprah sejarawan dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin melihat situasi suatu kawasan di masa lampau dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.
Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.
Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah ialah guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.
Sejarah ialah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.
Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah ialah sebagai berikut :
1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi
Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda ialah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan berguru sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.
2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).
Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah dibutuhkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.
3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa
Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan besar hati dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.
Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya
Adapun Untuk pola Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 ialah sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Dalam kondisi terjepit akhir kekalahannya dari sekutu, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan cara....
a. melaksanakan politik dumping
b. membebaskan para tawan
c. mengenodrkan sikapnya terhadap Indonesia
d. memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia
e. memberi kebebasan beropini bagi Indonesia
2. BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 risikonya dibubarkan dengan alasan....
a. BPUPKI tidak sanggup bekerja dengan baik
b. BPUPKI dianggap banyak melaksanakan penyimpangan-penyimpangan
c. BPUPKI telah berhasil melaksanakan tugasnya
d. kiprah BPUPKI digantikan oleh Panitai Sembilan
e. BPUPKI tidak bermanfaat bagi Jepang
3. Maksud dibentuknya Panitia Sembilan oleh BPUPKI adalah....
a. menambah jumlah anggota BPUPKI
b. untuk membahas hasil sidang I BPUPKI wacana rancangan dasar negara
c. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
d. mempersiapkan materi sidang BPUPKI
e. sebagai penghubung antra BPUPKI dengan Jepang
4. Janji kemerdekaan yang disampaikan oleh Kuiaki Koiso lebih dilatarbelakangi oleh....
a. keinginan Jepang untuk membentuk persemakmuran di Asia
b. wujudk kepedulian Jepang terhadap sesama negara Asia
c. ungkapan terima kasih Jepang kepada Indonesia
d. wujud balas akal Jepang terhadap Indonesia
e. terdesaknya Jepang oleh serangan militer Sekutu
5. Kuniaki Koiso yang menyampaikan janji kemerdekaan bagi Indonesia ialah seorang....
a. Panglima Tentara Jepang Asia Tenggara
b. Perdana Menteri Jepang
c. Kaisar Jepang
d. Putra Mahkota Jepang
6. Pendudukan Jepang yang hanya 3,5 tahun sangat berat dirasakan, namun demikian rakyat banyak memperoleh manfaat latihan militer, menyerupai Heiho yang fungsinya sebagai....
a. barisan pemuda
b. pembela tanah air
c. pembantu prajurit
d. barisan pelopor
e. barisan polisi
7. Berikut ini peranan antara BPUPKI, kecuali...
a. mempersiapkan usaha-usaha ke arah kemerdekaan Indonesia
b. berhasil membentuk Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta
c. berhasil menyusun naskah Proklamasi
d. berhasil menyusun rumusan dasar negara
e. berhasil merumuskan Undang-Undang Dasar negara Indonesia
8. Pada sidang BPUPKI yang pertama, pembicaraan dipusatkan pada masalah...
a. bentuk negara Indonesia merdeka
b. penyusunan Undang-Undang Dasar
c. perumusan dasar negara
d. menyusun pemerintahan bagi Indonesia merdeka
e. merumuskan pernyataan Indonesia merdeka
9. Ahmad Subardjo dalam keanggotaan PPKI berperan sebagai....
a. penasihat
b. wakil ketua
c. ketua
d. penghubung
e. wakil pemerintahan Jepang
10. BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang diketuai oleh....
a. Mr. Moh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. dr. Radjiman
e. Jenderal Terauchi
11. Untuk mewujudkan tugasnya, BPUPKI harus melaksanakan sidang-sidangnya. Sidang BPUPKI yang pertama beralngsung pada tanggal....
a. 29 Mei – 7 Juni 1945
b. 29 Mei -10 Juli 1945
c. 28 Mei – 2 Juni 1945
d. 28 Mei – 1 Juni 1945
e. 29 Mei – 1 Juni 1945
12. Pokok pembahasan utama yang berhasil diputuskan BPUPKI selama dua kali sidang adalah....
a. rumusan dasar negara dan pemilihan presiden
b. pemilihan presiden dan pembentukan departemen
c. perumusan Undang-Undang Dasar dan pemilihan presiden
d. rumusan dasar negara dan UUD
e. teks proklamasi dan Piagam Jakarta
13. Situasi Jepang pada selesai tahun 1944 mulai terdesak oleh front ABCD, yaitu negara....
a. Amerika – Australia – Jerman
b. Afrika – Australia – Jerman
c. Amerika – Inggris – Cina – Belanda
d. Amerika – Cina – Belanda – Jerman
e. Amerika – Belanda – Italia
14. Dalam situasi dan kondisi terjepit, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan....
a. menyampaikan janji merdeka kepada Indonesia di kemudian hari
b. membebaskan para tawanan perang Jepang
c. meningkatkan pahwlawan dan prajurit ekonomi
d. menambah jumlah autarki setiap daerah
e. semua balasan benar
15. Maksud Jepang memberi janji kemerdekaan adalah....
a. semoga rakyat Indonesia tetap setia kepada Jepang
b. semoga rakyat Indonesia tetap tunduk kepada Jepang
c. semoga rakat Indonesia selalu menuruti keinginan Jepang
d. semoga rakyat tetap bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
e. semua balasan benar
16. Setelah dinasionalisasi, jabatan presiden Bank Indonesia dijabat oleh....
a. Amir Sjarifudin
b. Syahril Sabirin
c. Sumitro Djojohadikusumo
d. Sukiman
e. Safruddin Prawiranegara
17. Sistem Ekonomi Gerakan Benteng dicetuskan oleh...
a. Safruddin Prawiranegara
b. Kasimo
c. Sumitro Djojohadikusomo
d. Moh. Hatta
e. Ali Baba
18. Gerakan gerombola APRA yang merencanakan pembunuhan terhadap menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX didalangi oleh....
a. Musso
b. Amir Syarifuddin
c. Tan Malaka
d. Sultan Hamid II
e. Dr. Soumokil
19. Untuk menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan sekaligus menangkap Kartosuwiryo sebagai pemimpinnya, pemerintah melancarkan operasi militer yang disebut....
a. Operasi Merdeka
b. Operasi Gerakan Banteng Negara
c. Operasi Bharatayuda
d. Operasi 17 Agustus
e. Operasi Banteng Raiders
20. Pada tanggal 13 Juli 1949 Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra mengembalikan mandat kepada pemerintah sentra di Yogyakarta. Hal ini merupaka akhir dari...
a. negosiasi Renville
b. Perjanjian Roem-Royen
c. Perjanjian Inter-Indonesia
d. Perjanjian Meja Bundar
e. Perjanjian Linggarjati
21. Gerakan 30-S/PKI 1965 didahului dengan...
a. menguasai Gedung RRI
b. menguasai monas
c. menguasai Istana Merdeka
d. menangkap dan membunuh para jenderal AD
e. menguasai gedung telekomunikasi
22. Salah satu hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar dalam bidang politik adalah....
a. RIS bertanggung jawab atas utang-utang Belanda di Indonesia
b. RIS mengambil alih milik Belanda di Indonesia
c. tentara Belanda ditarik dari wilayah Indonesia
d. Pengakuan kedaulatan atas negara Republik Indonesia Serikat
e. Pemerintah RIS mendapatkan pegawai Pemerintah Hindia Belanda
23. Munculnya Orde Baru ditandai dengan....
a. keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966
b. Keluarnya Tritura
e. dibubarkannya PKI
d. menjalankan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen
e. terbentuknya kabinet baru
24. Langkah pertama yang diperjuangkan Orde Baru adalah...
a. melanjutkan usaha Orde Lama
b. membentuk pemerintahan baru
c. menggantikan presiden
d. mewujudkan stabilitas politik dan ekonomi yang baik
e. menyusun planning pembangunan lima tahun
25. Pasukan bentukan PKI yang bertugas menguasai kota Jakarta pada ketika meletus G-30 S/PKI adalah...
a. Pasukan Pasopati
b. Pasukan Gatotkaca
c. Pasukan Cakrabirawa
d. Pasukan Wisanggeni
e. Pasukan Bimasakti
26. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan selesai usaha bangsa
c. mengusir semua intervensi gila yang aa di Indonesia
d. menguji semangat usaha para cowok Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang
27. Berikut ini merupakan pernyataan yang sempurna wacana proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno
28. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan pinjaman tentara dari negara lain
b. semoga tidak diserang negara lain
c. semoga diakui kedaulatannya
d. memelopori usaha bangsa lain
e. semoga kolaborasi mengusir penjajah tetap terbina
29. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang mengalah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang
30. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis
II. SOAL ESSAY
1. Apa usaha pemerintah RIS dalam mengatasi Pemberontakan Republik Maluku Selatan?
Jawab : dengan jalan damai, yaitu mengirim Dr. J. Leimena dan operasi militer yang dipimpin oleh Alex Kawilarang
2. Jelaskan latar belakang terjadinya Pemberontakan Andi Azis!
Jawab : Latar belakang pemberontakan Andi Azis ialah menolak kehadiran APRIS dari kelompok Tentara Nasional Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa.
3. Mengapa pada masa Demokrasi Liberal (1950-1959) di Indonesia sering terjadi pergantian kabinet?
Jawab : pada masa demokrasi liberal sering terjadi pergantian kabinet alasannya pada masa demokorasi liberal Indonesia menganut sistem kepartian multipartai dan tiap-tiap partai lebih mementingkan kepentingan golongannya dan partainya masing-masing. Sistem pemerintahan parlementer di mana kedudukan kabinet sangat tergantung pada kekuasaan di dewan legislatif dan kabinet sewaktu-waktu sanggup dijatuhkan oleh dewan legislatif dengan mosi tidak percaya.4. Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi Ali-Baba?
Jawab : Politik Ali Bab merupakan suatu kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Ali-Wongso, yang dicetuskan oleh Menteri Perekonomian Mr. Ishak Cokrohadisuryo yang dijalankan dengan cara menggalang kolaborasi antara pengusaha pribumi (Ali) dengan pengusaha nonpribumi khusunya pengusaha Cina (Baba).
5. Mengapa sesudah insiden Gerakan 30 September 1965 timbul agresi menuntut pembubaran PKI dikalangan masyarakat luas? Jelaskan!
Jawab : Setelah insiden Gerakan G-30 S/PKI timbul agresi tuntutan pembubaran PKI alasannya masyarakat luas menuntut pertanggungjawaban PKI, serta demi terjaminnya keamanan dan ketenangan serta kestabilan jalannya pemerintahan dan revolusi.
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya"
Posting Komentar