iklan

Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya

Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian simpulan semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak yaitu bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu ketika akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak yaitu insan yang berguru dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para pendekar dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama yaitu sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang berguru dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui berguru dari sejarah sanggup membuatkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, banyak sekali kisah sejarah sanggup menyampaikan ide pada pembaca dan pendengarnya. berguru dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern  di awal era ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha membuatkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk membuatkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK lantaran melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga yaitu sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa bahagia dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa bahagia  layaknya  membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini tugas sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu tempat  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah yaitu guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah yaitu akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah yaitu sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di ketika kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda yaitu detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan berguru sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan pertolongan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh keberadaan dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan gembira dan menyayangi sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk rujukan Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 yaitu sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa kejadian yang dibuktikan dengan kenyataan. Pengertian sejarah tersebut dikemukakkan oleh....
a. Taufik Abdullah
b. Moh. Yamin
c. R. Moh. Ali
d. Kuntowijoyo
e. Benedeto Croce

2. Suatu kejadian sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan alasannya yaitu akhir antara kejadian disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. kronik

3. Pendekatan struktur dan fungsional melihat potret masyarakat dalam keadaan waktu tertentu atau terbatas merupakan citra pendekatan yang bersifat....
a. kronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. diakronik

4. Salah satu cara untuk menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta-fakta sejarah tersebut menjadi satu kesatuan yang serasi dan masuk nalar terhadap suatu kejadian disebut....
a. diakronik
b. kausalitas
c. sinkronik
d. interpretasi
e. periodisasi

5. Pembuatan periodisasi sejarah salah satu tujuannya adalah....
a. memudahkan pencarian sumber sejarah
b. memudahkan mempelajari sejarah
c. adanya bukti sejarah
d. kronologi sejarah
e. kemampuan sejarah

6. Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah

7. Hubungan alasannya yaitu akhir dalam sejarah disebut....
a. periodisasi
b. kausalitas
c. kronologi
d. interpretasi
e. diakronik

8. Dalam sejarah yang sanggup terjadi berulang kali adalah....
a. peristiwa
b. pola
c. waktu
d. tempat
e. pelaku

9. Berikut ini yang bukan merupakan ruang lingkup sejarah, yaitu....
a. peristiwa
b. seni
c. kisah
d. ilmu
e. cerita

10. Dimensi waktu dalam sejarah disebut....
a. spasial
b. temporal
c. struktur
d. babakan
e. masa

11. Kata sejarah diambil dari kata syajarotun, berasal dari bahasa....
a. Sanskerta
b. Inggris
c. Belanda
d. Arab
e. Kawi

12. Makna harfiah sejarah sebagai sesuatu yang telah terjadi, terdapat pada kata....
a. syajarotun
b. silsilah
c. history
d. kronik
e. geschicht

13. Sejarah yaitu catatan wacana masyarakat umat insan atau peradaban dunia, wacana perubahan-perubahan yang terjadi pada tabiat masyarakat, dikemukakan oleh...
a. Nugroho Nutosusanto
b. Patick Gardiner
c. Ibnu Khaldun
d. J.V. Bruce
e. Soekarno

14. Sejarah mempunyai hubungan yang erat dengan kehidupan insan karena....
a. kehidupan insan dibuat oleh sejarah
b. insan yang membuat sejarah
c. insan memengaruhi gerak sejarah
d. sejarah menceritakan kisah hidup manusia
e. sejarah merupakan kenangan masa kemudian manusia

15. Dengan mempelajari sejarah, kita akan mempunyai wawasan sejarah. Pernyataan ini berdasarkan pendapat....
a. Nugroho Notosusanto
b. C.P. Hill
c. Sartono Kartodirdjo
d. E.H. Carr
e. Roeslan Abdulgani

16. Peristiwa sejarah itu abadi karena
a. sanggup terjadi dua kali
b. sanggup terjadi secara berubah-ubah
c. tidak sanggup berubah-ubah
d. terjadi hanya satu kali
e. kejadian yang terjadi yaitu kejadian penting

17. Sejarah bisa dikategorikan ilmu dengan beberapa cirinya. Berikut yang menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman insan adalah...
a. mempunyai objek
b. bersifat empiris
c. mempunyai teori
d. mempunyai eksistensi
e. mempunyai metode

18. Sebuah kejadian sanggup dianggap sebagai sejarah bila....
a. tidak ada yang mencatat kejadian tersebut
b. ada yang mengingatnya
c. kejadian itu tidak mengecewakan penting
d. kejadian tersebut benar-benar memengaruhi kehidupan masyarakat luas
e. dikisahkan oleh seorang abdi istana

19. Berikut ini yang termasuk kelemahan sejarah sebagai seni adalah....
a. kebeneran bersifat objektif
b. penyusunan yang sistematis
c. pemikiran yang rasional
d. berkurangnya ketetapan
e. mempunyai metode

20. Untuk menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa, dalam penulisan sejarah dibutuhkan pendekatan....
a. sosiologi
b. antropologi
c. politik
d. ekonomi
e. geografi

21. Masyarakat Barat melihat waktu sebagai....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus

22. Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa.....
a. Inggris
b. Belanda
c. Yunani
d. Jerman
e. Romawi

23. Konsep sejarah yang mementingkan struktur disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. anakronik
d. kronik
e. kronologi

24. Berikut ini merupakan jenis interpretasi, kecuali....
a. teknis
b. verbal
c. psikologis
d. logis
e. personal

25. Dalam sejarah, terdapat dimensi ruang dan waktu. Setiap masyarakat mempunyai pandangan yang berbeda mengenai waktu. Masyarakt timur melihat waktu sebagai sebuah.....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus

26. Supaya waktu dalam setiap kejadian sejarah bisa dipahami maka perlu dibuat....
a. periodisasi
b. ruang
c. kausalitas
d. kontinuitas
e. linier

27. Hubunan antar insan dengan sejarah sangat erat. Hal ini karenakan insan merupakan....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah

28. Berikut ini ciri-ciri sejarah sebagai ilmu yang dikemukakan oleh Kuntowijoyo, kecuali....
a. bersifat empiris
b. mempunyai metode
c. mempunyai teori
d. sejarah sebagai suatu konsep
e. mempunyai objek

29. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan tidak kurang tidak lebih. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
a. J.B. Burry
b. York Powell
c. R. Moh. Ali
d. Moh. Yamin
e. Kuntowijoyo

30. Unsur sejarah yang berafiliasi dengan aspek geografis adalah....
a. waktu
b. ruang
c. manusia
d. tempat
e. wilayah


II. SOAL ESSAY


1. Apakah sejarah sanggup terulang kembali?
Jawab : sejarah tidak sanggup terulang kembali alasannya yaitu sejarah merupakan kejadian yang unik lantaran hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.

2. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan!
Jawab : timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan mempunyai argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda

3. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawab : ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan kejadian yang abadi, lantaran kejadian tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik lantaran hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan kejadian yang penting dan sanggup dijadikan momentum kehidupan semua orang.

4. Mengapa interpretasi harus bersifat objektif? Jelaskan!
Jawab : interpretasi harus bersifat objektif alasannya yaitu di dalam interpretasi terdapat unsur subjektivitas. Oleh lantaran itu, supaya bersifat objektif dibutuhkan konsep atau teori dan pendektan untuk menekan subjektivitas, sehingga interpretasi lebih objektif.

5. Sebutkan alasan penggunaan konsep three age system oleh sejarawan!
Jawab :
a. Jumlah tiga gampang diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih   

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel