iklan

Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan yaitu pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis alasannya yaitu belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) yaitu tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin mudah atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif yaitu ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian tamat semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak yaitu bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang menyampaikan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu dikala akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak yaitu insan yang mencar ilmu dari masa kemudian dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar usaha para hero dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama yaitu sebagai edukatif atau pelajaran. banyak insan yang mencar ilmu dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui mencar ilmu dari sejarah sanggup berbagi potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, insan dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), menyerupai yang dilakukan oleh binatang. insan harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, banyak sekali kisah sejarah sanggup menyampaikan wangsit pada pembaca dan pendengarnya. mencar ilmu dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi usaha yangmodern  di awal kurun ke-20, masyarakat Indonesia kini berusaha berbagi kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang kini ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk berbagi dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melaksanakan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang bisa menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus ulet menguasai IPTEK alasannya yaitu melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga yaitu sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah sanggup memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca sanggup terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa bisa “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca goresan pena dari seajarawan. Konsekuensi rasa bahagia dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut menciptakan pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa bahagia  layaknya  membaca novel, tetapi juga sanggup berimajiasi ke masa lampau. disini tugas sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu tempat  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil goresan pena para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah sanggup menyampaikan nilai atau norma yang sanggup dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah yaitu guru kehidupan. Agar sanggup hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah yaitu akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai insan sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau insan memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup insan selalu harus berdialog dengan sejarah masa kemudian untuk sanggup membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut insan untuk selalu melaksanakan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah yaitu sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di dikala kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang sanggup menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya menyerupai politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan insan hampir sama, yang berbeda yaitu detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan menyampaikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan mencar ilmu sejarah, karenanya, perilaku dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menyampaikan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang bisa menyajikan rekaman pengalaman insan yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya menyampaikan santunan yang sama, namun hanya sebatas dan berdasarkan cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah dibutuhkan akan bisa membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi menyerupai kini ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa mempunyai korelasi timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan gembira dan mengasihi sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit citra mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk pola Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 yaitu sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Meninggalnya Sri Baduga Maharaja, Kerajaan Pajajaran kemudian diperintah oleh …
a. Ratu Samiam
b. Hyang Buni Sora
c. Prabu Ratu Dewata
d. Jayabhupati
e. Rahyang Dewa Niskala

2. Teori brahmana di dukung oleh …
a. Van Leur
b. F.D.K Bosch
c. N. J Krom
d. C.C Berg
e. Majundar

3. Penyebaran agama Buddha di Indonesia dilakukan oleh.…
a. dharmaduta
b. brahmana
c. pendeta
d. rahib
e. pedanda

4. Kerajaan bercorak Buddha terbesar di Indonesia yaitu …
a. Majapahit
b. Mataram Kuno
c. Sriwijaya
d. Kediri
e. Singasari

5. Keluarga raja dan para aristokrat termasuk dalam kasta …
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. candala

6. Bersatunya kembali Mataram Kuno ketika terjadi perkawinan politik antara Pramodhawardani dari dinasti Syailendra dengan …
a. Rakai Pikatan
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Watuhumalang
d. Rakai Warak
e. Rakai Garung

7. Sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan …
a. Dapunta Hyang
b. Sanggrama Wijayatunggawarman
c. Balaputradewa
d. Sri Jayanaga
e. Darmaseta

8. Berikut yaitu pelabuhan yang menopang kehidupan ekonomi Kerajaan Pajajaran, kecuali …
a. Banten
b. Pontang
c. bakauheni
d. Cigede
e. Tamgara

9. Desawarnana yaitu sebutan untuk kitab …
a. Pararaton
b. Negarakertagama
c. Sutasoma
d. Arjunawiwaha
e. Sorandaka

10. Teori masuknya agama Hindu dan Buddha mempunyai beberapa perbedaan yang menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan dengan melaksanakan kolonisasi daerah-daerah di Indonesia kemudian mendirikan kerajaan Hindu yaitu teori....
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. arus balik

11. Kitab Kresnayana ditulis pada masa Kerajaan Kediri oleh …
a. Empu Triguna
b. Empu Dharmaja
c. Empu Sedah
d. Empu Panuluh
e. Empu Tanakung

12. Masuknya Hindu dan Buddha besar lengan berkuasa terhadap sistem penanggalan, yaitu …
a. Hijriah
b. Saka
c. Jawa
d. Masehi
e. Cina

13. Berikut yang bukan merupakan candi bercorak Hindu yaitu …
a. Candi Prambanan
b. Candi Kidal
c. Candi Gedong Songo
d. Candi Mendut
e. Candi jago

14. Dinasti Syailendra pernah memerintah di kerajaan …
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Kalingga
d. Singasari
e. Mataram Kuno

15. Prasasti Kota Kapur memperlihatkan kedudukan para aristokrat yang terdiri atas putra raja dan kaum kerabat. Putra raja sebagai putra mahkota disebut dengan istilah …
a. yuwaraja
b. kumararaja
c. pratiyuwaraja
d. rajakuman
e. puhavan

16. Pembagian kerajaan mennjadi dua, yaitu Panjalu dan Jenggala pada masa Airlangga atas petunjuk…
a. Empu Sedah
b. Empu Panuluh
c. Empu Barada
d. Empu Kuturan
e. Empu Sindok

17. Tempat penyimpanan bubuk mayat Ken Arok di…
a. Candi Jago
b. Candi Panataran
c. Candi Kagenengan
d. Candi Kidal
e. Candi Sewu

18. Candi berikut yang bukan peninggalan bercorak Buddha yaitu …
a. Candi Borobudur
b. Candi Mendut
c. Candi Sewu
d. Candi Muara Takus
e. Candi Prambanan

19. Candi Buddha umumnya terdiri atas kamadatu, rupadatu, dan arupadatu. Kehidupan insan dipenuhi dengan nafsu keduniawian dilambangkan dengan …
a. Kamadatu
b. Rupadatu
c. Arupadatu
d. Bhurvaloka
e. Svarloka

20.Perang Saudara di Kerajaan Majapahit dikenal dengan perang …
a. Bubat
b. Paregreg
c. Puputan
d. Sabil
e. Ganter

21. Cerita penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar terdapat dalam kitab …
a. Sutasoma
b. Negarakertagama
c. Pararaton
d. Usana Jawa
e. Usana Bali

22. Di antara pemberontakkan di Majapahit, pemberontakkan yang paling menggoyahkan kerajaan yaitu pemberontakan …
a. Ranggalawe
b. Juru Demung
c. Lembu Sora
d. Kuti
e. Semi

23. Pedagang dan Pengusaha termasuk dalam kasta …
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. paria

24. Tradisi potong gigi bagi pemeluk Hindu di Bali disebut …
a. mapandes
b. ngaben
c. nelubulanin
d. mapalus
e. macapat

25. Kitab yang menjadi sumber sejarah Singasari dan Majapahit yaitu …
a. Sutasoma
b. Pararaton
c. Arjunawiwaha
d. Sorandaka
e. Smaradahana

26. Di dalam masyarakat Bali dari keluarga brahmana dan kesatria, anak pertama disebut …
a. Wayan
b. Made
c. Nyoman
d. Ketut
e. Putu

27. Seni sastra Jawa Kuno mencapai puncak kejayaan pada masa Kerajaan …
a. Mataram
b. Kediri
c. Kalingga
d. Singasari
e. Majapahit

28. Kekalahan Balaputradewa dari Rakai Pikatan, kemudian melarikan diri ke Sumatra dan menjadi raja di Sriwijaya diceritakan dalam prasasti …
a. Canggal
b. Talang Tuo
c. Ratu Boko
d. Mantyasih
e. Kelurak

29. Candi yang didirikan Rakai Panangkaran untuk memuja Dewi Tara yaitu …
a. Candi Borobudur
b. Candi Kidal
c. Candi Pawon
d. Candi Mendut
e. Candi Kalasan

30. Kitab Negarakertagama ditulis oleh Empu Prapanca pada masa pemerintahan …
a. Raden Wijaya
b. Tribhuwanatunggadewi
c. Hayam Wuruk
d. Wikramawardhana
e. Jayanegara

II. SOAL ESSAY


1. Uraikan secara singkat keadaan pada zaman Arkaekum!
Jawab :  Pada zaman Arkaekum bumi sangat panas alasannya yaitu sedang proses pendinginan sehingga pada zaman ini belum ditemukan gejala kehidupan di permukaan bumi.

2. Mengapa zaman Paleozoikum disebut juga zaman primer?
Jawab : Zaman Paleozoikum disebut zaman primer alasannya yaitu keadaan bumi masih belum stabil dengan iklim yang masih berubah-ubah dan curah hujan yang sangat tinggi, tetapi sudah ditemukan adanya gejala kehidupan.

3. Apa yang dimaksud dengan zaman Interglasial?
Jawab : Zaman interglasial yaitu suatu zaman diantara dua zaman Es, yang ditandai dengan naiknya temperatur yang menyebabkan lapisan es di kutub utara mencair, alhasil permukaan air di luar naik dan terjadi banjir besar-besaran di banyak sekali tempat.

4. Bagaimanakah kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Paleolitikum?
Jawab : Pada zaman Paleolitikum kehidupan masyarakat masih ditandai dengan masa berburu, mengumpulkan materi makanan, dan hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan

5. Apa yang dimaksud zaman kerikil dan zaman logam?
Jawab : Zaman batu, yaitu suatu periode ketika peralatan insan secara lebih banyak didominasi terbuat dari kerikil walaupun ada pula alat-alat penunjang insan yang terbuat dari kayu ataupun bambu. Zaman logam, yaitu suatu zaman dimana insan memakai alat-alat yang terbuat dari logam.




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, supaya bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari tumpuan mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. supaya bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih   

Sumber http://prakatakita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Latihan Ips Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel