Soal Latihan Ipa Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya
Ilmu ialah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan ialah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis lantaran belum dicoba dan diuji.
1. Biologi berasal dari dua kata, yaitu bios yang artinya hidup dan logos yang artinya...
a. Ilmu
b. Pengalaman
c. Pengetahuan
d. Penelitian
e. Lambang
2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk flora disebut...
a. Zoologi
b. Botani
c. Virologi
d. Histologi
e. Ornithologi
3. Bas Van Baleen merupakan seorang ilmuwan yang andal dalam seluk beluk dunia jamur, maka Bas Van Baleen disebut sebagai...
a. Hidrologi
b.Taksonomi
c. Entomologi
d. Mikologi
e. Botani
4. Untuk memecahkan duduk kasus hama kutu loncat yang menyerang tumbuhan lamtoro gung, langkah pertama yang harus dilakukan ialah ....
a. melaksanakan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun hipotesis
e. merumuskan masalah
5. Untuk memecahkan duduk kasus hama kutu loncat yang menyerang tumbuhan lamtoro gung, langkah yang harus dilakukan sesudah menyusun hipotesis ialah ....
a. melaksanakan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun kesimpulan
e. merumuskan masalah
6. Dalam pengamatan bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis) dilakukan pengukuran diameter dan panjang mahkota yang dibentuk pada lokasi berbeda, di setiap lokasi diambil sampel lima tumbuhan yang sama. Dari pengamatan tersebut yang dikatakan sebagai variabel bebas ialah ....
a. diameter mahkota bunga
b. panjang mahkota
c. lokasi yang berbeda
d. setiap lokasi lima tanaman
e. bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)
7. Hal-hal berikut sanggup dipakai sebagai dasar penjabaran buatan antara lain...
a. persamaan/perbedaan ciri yang ada
b. daerah hidupnya
c. fisiologinya
d. cara perkembangbiakannya
e. tingkah lakunya
8. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat mempelajari klasifikasi....
a. untuk menyederhanakan objek
b. menawarkan korelasi kekerabatan makhluk hidup
c. menawarkan citra evolusinya
d. menawarkan ciri-ciri makhluk hidup
e. memanfaatkan makhluk hidup yang berkhasiat bagi manusia
9. Sistem penjabaran lima dunia membagi makhluk hidup menjadi kelompok...
a. Monera, protista, bakteria, plantae, animalia
b. Monera, protista, fungi, plantae, animalia
c. Protista, eukarya, fungi, plantae, monera
d. Eukarya, protista, bakteria, animalia, plantae
e. Eukarya, protista, monera, plantae, animalia
10. Berikut ini macam makhluk hidup ...
(1) Manihot utilissima
(2) Hibiscus rosa-sinensis
(3) Solanum tuberosum
(4) Manihot tuberosum
(5) Oryza sativa
Di antara makhluk hidup tersebut, yang paling akrab korelasi kekerabatannya antara lain....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (4)
e. (3) dan (4)
11. Pengertian biologi yang paling sempurna dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi ialah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi ialah ilmu yang mempelajari korelasi antara produsen dan konsumen.
c. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup kini ini.
d. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi ialah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
12. Biologi sebagai ilmu mempunyai objek kajian berupa banyak sekali permasalahan makhluk hidup dalam banyak sekali tingkat organisasi. Fenomena / insiden berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi ialah .........
a. mangga mentah menjadi bagus dan berwarna merah dikala masak
b. bangkai tikus berbau busuk sesudah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan memakai mikroskop
e. pembuatan tempe memakai jamur.
13. Biologi sebagai salah satu sains mempunyai ciri – ciri....
a. logis, abstrak, universal d. obyektif, sistematis, logis
b. obyektif, logis, aneh e. subyektif, sistematis, logis
c. universal, abstrak, obyektif
14. Jika kita mengawinkan secara eksklusif flora A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan alhasil akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini menawarkan bahwa biologi mempunyai ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan menurut pengalaman empiris.
c. dikaji dengan memakai langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa aturan yang berlaku umum.
15. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi ialah .......
a. genetika d. patologi
b. sitologi e. sanitasi
c. embriologi
16. Dalam penyelidikan masalah bayi tertukar, spesialis biologi sering dilibatkan untuk mengungkap masalah ini. Hal ini menawarkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. aturan dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. aturan dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
17. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akhir adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
18. Berikut ialah barang yang dijumpai pada
sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. baskom plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri ialah ...
a. 1, 2 dan 3. d. 1, 4 dan 5
b. 1, 2 dan 4. e. 2, 3 dan 5
c. 2, 4 dan 5.
19. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber masakan baru
4. membantu memecahkan duduk kasus lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan insan adalah...
a. 3 dan 4 d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3 e. 1, 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 4
20. Manakah yang merupakan pola obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
21. Pernyataan berikut ini yang tidak benar wacana tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan banyak sekali organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
22. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
23. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ d. jaringan
b. molekul e. sistem organ
c. sel
24. Perhatikan beberapa pola penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan masakan adalah...
a. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
25. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
26. Jawaban terhadap pertanyaan atau duduk kasus penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis d. variabel
b. kesimpulan e. eksperimen
c. observasi
27. Seorang siswa melaksanakan penelitian wacana imbas suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. Observasi d. eksperimen
b. hipotesis e. kesimpulan
c. analisa
28. Virus tidak sanggup hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh lantaran itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium biar – agar
c. medium kentang dan biar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
29. Virus sanggup dianggap sebagai makhluk hidup, alasannya ialah virus...
a. hanya sanggup hidup dalam sel – sel hidup
b. sanggup dikristalkan
c. sanggup menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
30. Dilihat dari struktur badan yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
1. Terangkan ! Apa yang dimaksud dengan limbah ?
Jawab : Limbah ialah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah banyak sekali jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari banyak sekali acara domestik lainnya (grey water)
2. Apa yang dimaksud dengan bahumutu lingkungan ?
Jawab : Baku Mutu Lingkungan ialah ukuran batas bahan, zat atau energy yang berada pada daerah dan kondisi tertentu. Dengan kata lain, Baku Mutu Lingkungan ialah ambang batas kadar maksimum suatu zat atau materi yang diperbolehkan berada di lingkungan biar tidak menjadikan dampak negative.
3. Sebutkan enam kelompok penjabaran limbah padat !
Jawab : 1. Sampah organik gampang busuk (garbage)
2. Sampah organik sanggup membusuk (rubbish),
3. Sampah bubuk (ashes),
4. Sampah bangkai binatang (dead animal),
5. Sampah sapuan (street sweeping),
6. Sampah industri (industry waste),
4. Sebutkan pengelompokan limbah menurut sumbernya !
Jawab :
5. Apa perbedaan antara limbah domestik dengan limbah industri ? Berikan misalnya !
Jawab : Limbah domestik yaitu limbah atau sisa rumah tangga yg tidak terpakai lagi/dibuang. Contohnya, Plastik Sisa deterjen sedangkan limbah industri yaitu limbah/bahan yg sudah tidak terpakai/tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh suatu pabrik/perusahaan industri Contohnya sisa cata, bubuk besi dll
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) ialah tes yang bertujuan untuk memilih kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin simpel atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian mendapatkan ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif ialah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu dipakai untuk ujian tengah semester maupun ujian selesai semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran IPA Biologi.
Mengenal Apa itu IPA BIOLOGI ?
Sejak kurun ke-18, ilmu pengetahuan telah berkembang pesat dan melahirkan teknologi canggih yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan alam, telah mengubah sejarah peradaban insan sehingga lebih modern.
A. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai disiplin ilmu
Berbagai ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh insan secara garis besar sanggup dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
B. Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Itulah sedikit citra mengenai Apa itu IPA Biologi, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran IPA Biologi itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
A. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai disiplin ilmu
Berbagai ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh insan secara garis besar sanggup dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
- Ilmu Alam (Nature science)
- Ilmu Sosial (Social science)
- Ilmu Budaya (Humanitas)
B. Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- Konkret; Ilmu pengetahuan alam mempunyai objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan sanggup ditangkap oleh indera
- Logis; Ilmu pengetahuan alam dikembangkan menurut cara berpikir logis. Cara berpikir logis ialah cara berpikir yang memakai kebijaksanaan dan ajek. Kesimpulan yang diambil menurut logika-logika tertentu, baik secara induktif ataupun secara deduktif
- Objektif; Hasil dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan. Hasil dari kajian ilmu pengetahuan alam harus bsesuai dengan fakta dan buktu kebenaran ilmiah secara apa adanya tampa ditambahi ataupun ditutupi dengan mitos dan perasaan
- Empiris; Ilmu pengetahuan alam atau sains dikembangkan menurut pengalaman empiris, yaitu pengalaman nyata yang sanggup dirasakan semua orang dan sanggup dibuktikan secara ilmiah.
- Sistematis; Hasil kajian ilmu pengetahuan alam, baik hasil penelitian ataupun kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan. Urutan berupa langkah-langkah metode ilmiah sehingga dikala orang lain ingin melaksanakan hal yang sama, akan mendapatkan hasil yang sama pula.
- Teori-teorinya berlaku umum; Begitu banyak teori-teori sains yang lahir dari ilmuwan yang menkaji gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umum dan sanggup diketahui orang lain tanpa batas. Ketika seorang ilmuwan mengeluarkan teori tertentu, orang lain sanggup mengkoreksi atau mengkaji ulang kesesuaian teori tersebut. Bahkan ilmuwan lain yang tidak sependapat sanggup mengeluarkan teori gres yang melengkapi atau membantah teori yang tidak sesuai tersebut.
Itulah sedikit citra mengenai Apa itu IPA Biologi, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih gampang dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran IPA Biologi itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih gampang untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya
Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya
Adapun Untuk pola Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 ialah sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Biologi berasal dari dua kata, yaitu bios yang artinya hidup dan logos yang artinya...
a. Ilmu
b. Pengalaman
c. Pengetahuan
d. Penelitian
e. Lambang
2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk flora disebut...
a. Zoologi
b. Botani
c. Virologi
d. Histologi
e. Ornithologi
3. Bas Van Baleen merupakan seorang ilmuwan yang andal dalam seluk beluk dunia jamur, maka Bas Van Baleen disebut sebagai...
a. Hidrologi
b.Taksonomi
c. Entomologi
d. Mikologi
e. Botani
4. Untuk memecahkan duduk kasus hama kutu loncat yang menyerang tumbuhan lamtoro gung, langkah pertama yang harus dilakukan ialah ....
a. melaksanakan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun hipotesis
e. merumuskan masalah
5. Untuk memecahkan duduk kasus hama kutu loncat yang menyerang tumbuhan lamtoro gung, langkah yang harus dilakukan sesudah menyusun hipotesis ialah ....
a. melaksanakan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun kesimpulan
e. merumuskan masalah
6. Dalam pengamatan bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis) dilakukan pengukuran diameter dan panjang mahkota yang dibentuk pada lokasi berbeda, di setiap lokasi diambil sampel lima tumbuhan yang sama. Dari pengamatan tersebut yang dikatakan sebagai variabel bebas ialah ....
a. diameter mahkota bunga
b. panjang mahkota
c. lokasi yang berbeda
d. setiap lokasi lima tanaman
e. bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)
7. Hal-hal berikut sanggup dipakai sebagai dasar penjabaran buatan antara lain...
a. persamaan/perbedaan ciri yang ada
b. daerah hidupnya
c. fisiologinya
d. cara perkembangbiakannya
e. tingkah lakunya
8. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat mempelajari klasifikasi....
a. untuk menyederhanakan objek
b. menawarkan korelasi kekerabatan makhluk hidup
c. menawarkan citra evolusinya
d. menawarkan ciri-ciri makhluk hidup
e. memanfaatkan makhluk hidup yang berkhasiat bagi manusia
9. Sistem penjabaran lima dunia membagi makhluk hidup menjadi kelompok...
a. Monera, protista, bakteria, plantae, animalia
b. Monera, protista, fungi, plantae, animalia
c. Protista, eukarya, fungi, plantae, monera
d. Eukarya, protista, bakteria, animalia, plantae
e. Eukarya, protista, monera, plantae, animalia
10. Berikut ini macam makhluk hidup ...
(1) Manihot utilissima
(2) Hibiscus rosa-sinensis
(3) Solanum tuberosum
(4) Manihot tuberosum
(5) Oryza sativa
Di antara makhluk hidup tersebut, yang paling akrab korelasi kekerabatannya antara lain....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (4)
e. (3) dan (4)
11. Pengertian biologi yang paling sempurna dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi ialah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi ialah ilmu yang mempelajari korelasi antara produsen dan konsumen.
c. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup kini ini.
d. biologi ialah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi ialah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.
12. Biologi sebagai ilmu mempunyai objek kajian berupa banyak sekali permasalahan makhluk hidup dalam banyak sekali tingkat organisasi. Fenomena / insiden berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi ialah .........
a. mangga mentah menjadi bagus dan berwarna merah dikala masak
b. bangkai tikus berbau busuk sesudah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada banyak sekali benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan memakai mikroskop
e. pembuatan tempe memakai jamur.
13. Biologi sebagai salah satu sains mempunyai ciri – ciri....
a. logis, abstrak, universal d. obyektif, sistematis, logis
b. obyektif, logis, aneh e. subyektif, sistematis, logis
c. universal, abstrak, obyektif
14. Jika kita mengawinkan secara eksklusif flora A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan alhasil akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini menawarkan bahwa biologi mempunyai ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan menurut pengalaman empiris.
c. dikaji dengan memakai langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa aturan yang berlaku umum.
15. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi ialah .......
a. genetika d. patologi
b. sitologi e. sanitasi
c. embriologi
16. Dalam penyelidikan masalah bayi tertukar, spesialis biologi sering dilibatkan untuk mengungkap masalah ini. Hal ini menawarkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. aturan dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. aturan dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia
17. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akhir adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG
18. Berikut ialah barang yang dijumpai pada
sebuah supermaket:
1. kain sutera.
2. baskom plastik.
3. kain nilon.
4. nata de coco
5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan biologi di bidang industri ialah ...
a. 1, 2 dan 3. d. 1, 4 dan 5
b. 1, 2 dan 4. e. 2, 3 dan 5
c. 2, 4 dan 5.
19. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
2. membantu mengenal lingkungan
3. membantu menemukan sumber masakan baru
4. membantu memecahkan duduk kasus lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan insan adalah...
a. 3 dan 4 d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3 e. 1, 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 4
20. Manakah yang merupakan pola obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot
21. Pernyataan berikut ini yang tidak benar wacana tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan banyak sekali organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme banyak sekali jenis
22. Kelompok organ-organ berikut ini yang membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru
23. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ d. jaringan
b. molekul e. sistem organ
c. sel
24. Perhatikan beberapa pola penyakit berikut ini !
1. disentri
2. bronkitis
3. diare
4. stroke
5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan masakan adalah...
a. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
25. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
1. Merumuskan masalah.
2. Melakukan eksperimen.
3. Menyusun hipotesis.
4. Mempublikasikan hasil penelitian.
5. Merencanakan eksperimen.
6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6
26. Jawaban terhadap pertanyaan atau duduk kasus penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a. hipotesis d. variabel
b. kesimpulan e. eksperimen
c. observasi
27. Seorang siswa melaksanakan penelitian wacana imbas suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. Observasi d. eksperimen
b. hipotesis e. kesimpulan
c. analisa
28. Virus tidak sanggup hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit. Oleh lantaran itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium biar – agar
c. medium kentang dan biar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa
29. Virus sanggup dianggap sebagai makhluk hidup, alasannya ialah virus...
a. hanya sanggup hidup dalam sel – sel hidup
b. sanggup dikristalkan
c. sanggup menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA
30. Dilihat dari struktur badan yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler
II. SOAL ESSAY
1. Terangkan ! Apa yang dimaksud dengan limbah ?
Jawab : Limbah ialah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah banyak sekali jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari banyak sekali acara domestik lainnya (grey water)
2. Apa yang dimaksud dengan bahumutu lingkungan ?
Jawab : Baku Mutu Lingkungan ialah ukuran batas bahan, zat atau energy yang berada pada daerah dan kondisi tertentu. Dengan kata lain, Baku Mutu Lingkungan ialah ambang batas kadar maksimum suatu zat atau materi yang diperbolehkan berada di lingkungan biar tidak menjadikan dampak negative.
3. Sebutkan enam kelompok penjabaran limbah padat !
Jawab : 1. Sampah organik gampang busuk (garbage)
2. Sampah organik sanggup membusuk (rubbish),
3. Sampah bubuk (ashes),
4. Sampah bangkai binatang (dead animal),
5. Sampah sapuan (street sweeping),
6. Sampah industri (industry waste),
4. Sebutkan pengelompokan limbah menurut sumbernya !
Jawab :
- Limbah Organik yang gampang busuk. Misainya : sisa sayuran, sisa makanan, dedaunan, potongan rumput, dan kotoran hewan
- Limbah Organik yang tidak gampang membusuk Misalnya , kertas dan kayu
- Limbah Anorganik. Misainya, plastik, penggalan kaca, karet, kaca, botol, dan besi.
- Limbah berbahaya. Misalnya, paku, bekas lampu neon, sisa racun tikus atau serangga, obat kadaluarsa dan kerikil baterai bekas.
5. Apa perbedaan antara limbah domestik dengan limbah industri ? Berikan misalnya !
Jawab : Limbah domestik yaitu limbah atau sisa rumah tangga yg tidak terpakai lagi/dibuang. Contohnya, Plastik Sisa deterjen sedangkan limbah industri yaitu limbah/bahan yg sudah tidak terpakai/tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh suatu pabrik/perusahaan industri Contohnya sisa cata, bubuk besi dll
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari rujukan mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA Biologi, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa dipakai sebagai materi untuk belajar. Terima Kasih
Sumber http://prakatakita.blogspot.com
0 Response to "Soal Latihan Ipa Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya"
Posting Komentar