iklan

✔ Sistem Atau Cara Registrasi Kerja Di Bkk Sekolah ( Alur Lengkapnya )

Sistem registrasi kerja di BKK sekolah mempunyai alur yang sedikit rumit tetapi cara mendaftar disana tidak terlalu susah bila anda tahu tips dan triknya bagaimana.Saya akan menjelaskan semua prosesnya untuk anda semoga bila anda ingin daftar nanti,tidak galau dan kesulitan lagi.

Cara mendaftar kerja lewat BKK sekolah merupakan salah satu cara mencari atau mendapat pekerjaan yang paling umum digunakan.Mungkin alasannya yaitu resiko penipuanya dapat dibilang lebih sedikit yang menciptakan langkah ini paling sering digunakan.



Tatacara Mendaftar Kerja Menggunakan Jalur BKK Sekolah




Sistem registrasi kerja di BKK sekolah mempunyai alur yang sedikit rumit tetapi cara menda ✔ Sistem atau Cara Pendaftaran Kerja di BKK Sekolah ( Alur Lengkapnya )



BKK atau Bursa Kerja Khusus yaitu sebuah layanan yang dibuat oleh sebuah sekolah menengah atas atau kejuruan untuk membantu para pencari pekerjaan mendapat kesempatan untuk melamar tanpa harus mengirimkan surat lamaran memakai jasa expedisi.

Dalam sebuah bursa kerja khusus,biasanya sebuah sekolah sudah berhubungan dengan beberapa perusahaan sekaligus didalamnya.Jadi,ketika anda mendaftarkan diri,anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan PT/pabrik.

Tetapi,walaupun ibarat itu,TIDAK SEMUA sekolah menengah atas menyediakan layanan bursa kerja khusus ini.kalau tidak ada perusahaan yang berhubungan dengan sekolah itu,yaa tidak akan ada layanan ibarat ini.


Kelebihan dan Kekurangan BKK apa saja?


Ada beberapa point keuntungan/keuntungan bila anda memakai sistem seleksi kerja ini,antara lain :
  • Praktis alasannya yaitu tidak perlu mengirim surat lamaran dan berkeliling mencari perusahaan sendiri
  • Resiko penipuan jauh lebih sedikit
  • Pilihan perusahaanya biasanya banyak
  • Menghemat waktu
  • Proses seleksinya lebih terperinci dan transparan
Selain itu,ada sisi negative atau kekuranganya,antara lain :
  • Biasanya membayar sejumlah uang untuk pandaftaran
  • Sainganya banyak,karena biasanya yang daftar juga banyak
  • Panggilanya lama
  • Tidak dapat ikut kalau beum membayar pendaftaran

Dari aneka macam hal diatas,nyatanya masih banyak juga yang memakai sistem ibarat ini.Mungkin alasannya yaitu leih mudah dan resiko penipuanya lebih kecil.


Bagaimana Cara untuk Mengetahui kalau Sekolah ada BKKnya atau tidak?


Untuk anda yang mungin ingin memakai sistem bursa tenaga khusus ini,ada beberapa tips untuk mengetahui apakah sekolah itu membuka layanan ini atau tidak,yaitu :
  1. Bertanya eksklusif ke pihak sekolah
  2. Mengakses website atau situs sekolah
  3. Melihat papan pengumuman di depan sekolah
Langkah paling saya anjurkan yaitu dengan bertanya eksklusif ke pihak sekolahnya.Anda dapat menanyakanya ke satpam penjaga atau eksklusif bertemu dengan salah satu guru di sekolah tersebut.

Selain itu,biasanya sekolah yang ada bursa kerja khususnya mempunyai sebuah website atau situs untuk memudahkan para pencari kerja untuk melaksanakan pendaftaran.Anda hanya tinggal mengetik di GOOGLE saja nama sekolahnya,jika ada layanan ini,maka didalam website biasanya akan tertulis.

Terahir,anda dapat melihat di papan pengumuman yang biasanya dipajang di dinding depan sekolah.Tidak semua sekolah memasan pemberitahuan ibarat ini,tetapi kebanyakan memasanganya.Silahkan lihat-lihat di mading depan sekolah apakah ada lowongan via bursa kerja khusus atau tidak.

Sebenarnya anda masih dapat melaksanakan langkah lain untuk mencari informasi,salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.Anda dapat bertanya disana atau menelusuri jejak sekolah yang anda ingin cari tau.


Apakah BKK Sekolah Aman dari Penipuan?


Sebenarnya dapat dikatakan kondusif alasannya yaitu semua pengelolanya yaitu guru dari sekolah yang bersangkutan.Jika mereka melaksanakan penipuan,akan sangat gampang untuk melacaknya dan reputasi mereka dipertaruhkan.

Kaprikornus kalau dari segi kondusif tidaknya,saya dapat kataklan kondusif TAPI tidak 100%.namanya juga manusia,kalau khilaf ya hilaf saja kan? Tetapi secara garis besar dapat dikatakan aman.Yang sering terjadi itu bukan penipuan,tetapi lebih kearah " banyak yang kecewa ".

Kekecewaan yang sering dialami mereka-mereka yang menentukan sistim bursa kerja khusus antara lain :
  • Sudah bayar registrasi tapi usang panggilanya
  • Selalu gagal dalam mengikuti tes seleksi
  • Tidak mendapat pemberitahuan pemanggilan padahal sudah bayar pendaftaran

Untuk menghindari kekecewaan diatas,anda dapat malakuka TRIK dari saya berikut ini :
  • Pastikan membayar registrasi JIKA SUDAH PASTI ada lowongan ( tidak perlu titip member dulu )
  • Belajar dengan baik aneka macam bentuk tes psikotes yang sering keluar ( saya sudah jelaskan di artikel yang lain )
  • Pastikan nomor telepon yang anda gunakan untuk mendaftar SELALU AKTIF dan jangan ditinggal

Setelah anda mengetahui semua hal diatas,sekarang waktunya untuk anda mengerti bagaimana proses yang berlangsung disana.


Alur Proses Seleksi Pendaftaran di BKK sekolah Bagaimana?


Untuk alur yang berlangsung didalam sebuah kursa kerja khusus yaitu sebagai berikut :


1. Pendaftaran


Alur yang pertama kali harus anda lalui yaitu proses registrasi diri.Disini,anda diberikan 2 pilihan yang dapat anda pilih :
  • Daftar dikala akan berlangsung tes ( sudah niscaya lowonganya ada )
  • Titip member terlebih dahulu ( anda sekedar daftar saja,selanjutnya tinggal menunggu pangilan tes bila ada lowongan nanti )
Dari kedua pilihan diatas,saya anjurkan untuk menentukan pilihan yang pertama.Hal ini dilakukan untuk menghindari " kekecewaan " ibarat yang saya katakan di awal.

Ketika proses pendaftara berlangsung,selain anda harus membayar,biasanya anda juga harus membawa beberapa persyaratan awal,seperti :
  • Fotokopi ijasah
  • Fotoko[pi SKHUN
  • Fotokopi KTP

Dan berkas atau dokumen lainya ibarat layaknya anda melamar pekerjaan.Berkas dan dokumen tersebut akan diseleksi,apakah anda memnuhi kriteria atau tidak.Jika anda memenuhi kriteria persyarataan perusahaan,maka berkas tersebut biasanya akan dititipkan disana.

Ketika anda menapatkan panggilan tes nanti,anda sudah tidak perlu untuk membawa dokumen lagi.Tinggal berangkat saja.


2. Seleksi Kesesuaian Persyaratan


Setelah anda melaksanakan pedaftaran khususnya bila anda menentukan yang " jadi member dulu ",langkah selanjutnya yaitu : Pihak sekolah melaksanakan proses seleksi kesesuaian antara pelamar kerja dengan  apa yang perusahaan minta.

Biasanya yang diseleksi itu yaitu :
  • Berkas atau dokumen ( orisinil atau tidak,benar atau tidak,sesuai atau tidak )
  • Tinggi badan
  • Lulusan ( jurusan sekolah )
  • Umur ( biasanya perusahaan " mematok " umur maksimal dari pelamar )
Dari aneka macam hal yang diseleksi,bagian UMUR dan TINGGI BADAN yaitu point yang paling banyak menciptakan pelamar GAGAL.Sebenarnya masih ada nilai dan yang lainya,tapi sepengalaman saya memang UMUR dan TB merupakan faktor utama banyak yang gagal seleksi awal.


3. Tes Psikotes


Jika dalam proses seleksi awal anda lulus,maka anda akan dipersilahkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya.Dalam hal ini yaitu : Psikotes.

Tes psikotes awal biasanya berlangsung di BKKnya,setelah itu gres dilanjutkan untuk test di perusahaanya.Jadi di sekolah hanya tes awal saja ( dapat dibilang untuk pemanasan saja,hehe ).Walaupun ibarat itu,anda dihentikan mengangap remeh ini alasannya yaitu proses ini berlaku sistem gugur.

Sistem gugur yaitu sistim dimana dikala seorang pelamar TIDAK mencapai nilai minimum,maka akan eksklusif gagal dan pulang.Silahkan anda pelajari :

BACA :




4. Pengumuan dan Tes Lanjutan


Setelah anda mengikuti tes psikotes nanti,ada yang karenanya LANGSUNG diumumkan tetapi ada juga yang harus menunggu beberapa hari.Semua itu tergantung dari kebijakan sekolah saja,jadi anda hanya perlu untu mengikutinya saja.

Apapun nanti hasilnya,jika anda dinyatakan lulus,anda akan dipersilahkan untuk mengikuti tes tahapan lanjutan di perusahaan langsung.Jadi mulai dari sini,pihak B-K-K sudah lepas tangan dan menyerahkan semuanya ke pihak perusahaan.

Adapun tes lanjutan yang biasanya diujikan antara lain :
  • Psikotes lanjutan ( kadang iya kadang tidak )
  • Wawancara/Interview
  • Training
Itu yaitu tahapana lanjutan yang biasanya berlangsung di PTnya nanti.Tapi dapat juga dilangsungkan di sekolah,tergantung akad antara sekolah dengan pihak perusahaan saja.

Mungkin itu semua yaitu alur prosesnya.Jika ada yang ingin anda tanyakan,silahkan tanyakan dikolom komentar.


Demikian pembahasan wacana sistem registrasi atau alur proses daftar kerjadi BKK sekolah mulai dari awal hingga bekerja.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Sistem Atau Cara Registrasi Kerja Di Bkk Sekolah ( Alur Lengkapnya )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel