iklan

Pengertian Teknologi Simple Object Access Protocol (Soap)


Salah satu kegunaan perkembangan teknologi isu berbasis mobile adalah untuk memudahkan siapa saja dalam mengakses isu melalui perangkat mobile seperti handphone. Seperti teladan dalam bidang pendidikan para mahasiswa tidak perlu harus kekampus bila ingin melihat nilai ataupun isu yang bekerjasama dengan perkuliahan. Karena dengan memakai teknologi berbasis mobile kita sanggup memakai perangkat dan konektivitas apapun untuk bekerja. Dengan demikian teknologi berbasis mobile ini sanggup menjadi solusi bagi para mahasiswa yang tinggal di lingkungan perkotaan yang penuh kemacetan.

Begitu juga SOAP, yang didefinisikan sebagai Simple Object Access Protocol, yang merupakan spesifikasi protocol untuk bertukar isu yang terstruktur dalam pelaksanaan Layanan Web di jaringan komputer.
Extensible Markup Language (XML), SOAP dan Perangkat Mobile

Hal ini bergantung pada Extensible Markup Language (XML) sebagai format pesan, dan biasanya bergantung pada protocol lain yang menjadi Layer Aplikasi terutama Remote Procedure Call (RPC) dan HTTP untuk perundingan dan transmisi pesan. SOAP dapat membentuk lapisan dasar dari stack protocol layanan web, pesan menyediakan kerangka dasar atas mana layanan web sanggup dibangun. Protocol berbasis XML ini terdiri dari tiga bab amplop yang mendefinisikan apa yang ada dalam pesan dan bagaimana proses itu satu set hukum pengkodean untuk mengungkapkan kasus defined data types aplikasi, dan konvensi untuk mewakili panggilan mekanisme dan tanggapan. 

SOAP dibangun dengan memakai protocol komunikasi HTTP. Karena HTTP didukung oleh semua browser dan server, maka SOAP sanggup berkomunikasi dengan aneka macam aplikasi meskipun terdapat perbedaan sistem operasi, teknologi, dan bahasa pemrogramannya, dikarenakan protocol ini memanfaatkan aneka macam teknologi yang sudah ada sebelumnya dan sudah banyak digunakan. Misalnya untuk protocol transport, yang paling banyak dipakai ialah HTTP, walaupun dimungkinkan untuk memakai protocol transport lainnya. Sedangkan untuk format data atau message digunakan XML yang tidak diragukan lagi manfaat dan kiprahnya di dalam pertukaran data. 

SOAP membentuk lapisan dasar dari tumpukan layanan Web, pesan menyediakan kerangka kerja dasar yang lebih aneh lapisan sanggup membangun. SOAP bekerja dengan mengirimkan pesan usul oleh klien (simpul jaringan) ke server node dan kembali menerima pesan respon dari server dan pola ini biasanya disebut RPC (Remote Procedure Call) yang merupakan pola yang paling umum dipakai dalam SOAP.

Peran SOAP Dalam Teknologi Web Service
Peran SOAP di dalam teknologi web service adalah sebagai protocol pemaketan untuk pesan (messages) yang dipakai secara bersama oleh aplikasi-aplikasi penggunanya. Spesifikasi yang dipakai tidak lebih menyerupai sebuah amplop biasa berbasis XML untuk isu yang ditransfer, serta sekumpulan hukum bagi translasi aplikasi dan tipe-tipe data platform yang spesifik menjadi bentuk XML. Desain bentuk dari SOAP membuatnya cocok untuk aneka macam pertukaran pesan pada aplikasi.

SOAP ialah protocol untuk pertukaran isu dengan desentralisasi dan terdistribusi. SOAP dibangun dengan memakai protocol komunikasi HTTP. Karena HTTP didukung oleh semua browser dan server, maka SOAP sanggup berkomunikasi dengan aneka macam aplikasi meskipun terdapat perbedaan sistem operasi, teknologi, dan bahasa pemrogramannya. Peran SOAP di dalam teknologi web service adalah sebagai protocol pemaketan untuk pesan-pesan (messages) yang dipakai secara bersama oleh aplikasi-aplikasi penggunanya. Spesifikasi yang dipakai tidak lebih menyerupai sebuah amplop biasa berbasis XML untuk isu yang ditransfer, serta sekumpulan hukum bagi translasi aplikasi dan tipe-tipe data platform yang spesifik menjadi bentuk XML. Desain bentuk dari SOAP membuatnya cocok untuk aneka macam pertukaran pesan pada aplikasi.

Teknologi SOAP ( Simple Object Acces Protocol ) dan PHP
SOAP juga merupakan kumpulan class-class PHP yang memungkinkan  user untuk mengirim  dan mendapatkan pesan SOAP melalui protocol HTTP. Operasi-operasi pengiriman pesan SOAP dijalankan dengan melibatkan paramater nama operasi yang diinginkan melalui method call. Jika web service yang dituju menyediakan  sebuah file WSDL(Web Service Description Language), maka class “soapclient” akan mengacu pribadi pada URL file WSDL  tersebut dan memakai class “wsdl” untuk mem-parsing file WSDL dan mengekstrak seluruh datanya. Class “wsdl” menyediakan method-method untuk mengekstrak data per operasi dan per binding.

Class “soapclient” menggunakan data dari file WSDL untuk menerjemahkan  parameter-parameternya sekaligus menyusun SOAP envelope ketika user mengeksekusi suatu pemanggilan service. Ketika pemanggilan ini dieksekusi, class “soapclient” menggunakan “soap_transport_http” untuk mengirim pesan SOAP request dan mendapatkan pesan SOAP respons. Selanjutnya pesan SOAP respons yang diterima di parsing dengan memakai class “soap_parser”.

Jika web service yang dituju menyediakan file WSDL, pemanggilan service dilakukan dengan mengeksekusi method call pada class “soapclient” dengan melibatkan parameter argumen yang disediakan oleh file WSDL. Dalam membangun sebuah sistem aplikasi berbasis web dengan teknologi SOAP, diharapkan dua komponen utama yaitu, server sebagai provider entity dan client sebagai requester entity.


Sumber : http://artikel-teknologi-informasi.blogspot.com/

Sumber http://santekno.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Teknologi Simple Object Access Protocol (Soap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel