Pengertian Sekretaris [Fungsi Dan Tujuannya]
Sekretaris [pengertian, fungsi, serta tujuan] | Dalam melakukan tugasnya seorang pimpinan sering mengalami kesulitan dalam membagi waktunya. Karena begitu banyaknya kiprah yang harus dikerjakan oleh pimpinan maka seorang pimpinan harus mempunyai seorang yang sanggup membantu kiprah tersebut dan juga sanggup membantu serta mengatur waktu dan kegiatannya dalam kantor. Yang demikian itu termasuk kiprah seorang sekretaris.
Isi Artikel
Pengertian Sekretaris Secara Umum
Tugas Sekretaris
Dalam kegiatannya sehari-hari, kiprah pokok sekretaris yaitu untuk membantu atasannya secara maksimal, oleh alasannya itu seorang sekretaris mempunyai jam kerja yang tidak menentu sesuai dengan kemauan atasannya.
Baca juga:
Fungsi Sekretaris
Adapun fungsi sekretaris organisasi atau perusahaan terhadap atasan dan bawahan yaitu sebagai berikut :
Fungsi Sekretaris Terhadap Atasan
- Sebagai penentua suatu kebijakan yang bersifat adil bagi pegawai bawahan, yang berkaitan dengan pengaturan penentuan posisinya sesuai dengan keahliannya masing-masing.
- Sebagai sumber yang diharapkan pimpinan dalam memenuhi kiprah dan fungsinya.
- Sebagai pelanjut impian pimpinan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas.
- Sebagai alternatif aliran ide-ide yang dikeluarkan oleh pimpinan.
- Sebagai faktor penunjang dalam keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dan cerminan pimpinan bagi bawahan.
Fungsi Sekretaris Terhadap Bawahan
- Sebagai sarana sumbangan motivasi kerja kepada pegawai bawahan sehingga pekerjaan yang dilakukan sanggup berjalan dengan baik dan lancar serta berhasil sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
- Memberikan rasa gembira terhadap pegawai bawahannya dalam menjalankan suatu pekerjaan diperusahaan atau organisasi.
- Menerima pendapat dan permintaan bawahan dalam aneka macam dilema yang dihadapi.
- Mengadakan pendekatan kepada pegawai bawahan supaya mengerahkan dan mengetahui kelemahan dan kehendak pegawai bawahan tersebut.
Tujuan Sekretaris
Adapun tujuan dibentuknya sekretaris dalam suatu organisasi atau perusahaan yaitu sebagai berikut :
- Menjamin kelancaran berlangsungnya kegiatan suatu organisasi maupun perusahaan dan bertanggung jawab dalam acara rutin yang dilakukan dalam perusahaan tersebut dengan menyalurkan pengetahuan yang dimilikinya ibarat ilmu ihwal hubungan antar manusia, perbankan, komunikasi, bisnis perusahaan, statistik dan keuangan serta ilmu-ilmu yang lainnya.
- Sekretaris sanggup menjadi pola pertama bagi pimpinannya yaitu daerah merundingkan hal-hal yang menjadi dilema dalam menjalankan pekerjaan perusahaan atau organisasi.
- Membantu kelancaran kegiatan pimpinan terutama pada hal kegiatan administrasi. Hal ini cukup sederhana, tetapi dalam prakteknya cukup sulit lantaran apapun pekerjaan atasan yang berafiliasi dengan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan ataupun organisasi.
- Meningkatkan gambaran atasan, dalam hal ini seorang sekretaris dituntut untuk menjaga nama baik atasan dalam hal apapun, baik dalam lingkungan perusahaan maupun di luar perusahaan tersebut seperi dalam lingkungan masyarakat sekitar perusahaan.
- Memperlancar kegiatan ketatausahaan di kantor ibarat mengetik,komputer, kearsipan, dan penggandaan suatu dokumen yang diharapkan oleh suatu perusahaan.
- Mempererat hubungan antara atasan dengan bawahan dalam hal komunikasi satu sama lin, lantaran hal itu sekretaris sanggup dikatakan sebagai media penghubung antara dunia luar dengan perusahaan dan perusahaan dengan perusahaan itu sendiri.
- Media perekam, penyimpan, pengingat kegiatan atasan dalam bentuk penyusunan jadwal kerja harian dalam suatu perusahaan ataupun organisasi.
Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Sekretaris [Pengertian, Fungsi, Serta Tujuan]. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi kalian yang membacanya dan terimakasih atas kunjungannya yaa^^
Kunjugi artikel terbaru:
Sumber http://www.akuntansilengkap.com
0 Response to "Pengertian Sekretaris [Fungsi Dan Tujuannya]"
Posting Komentar