iklan

Pengertian Reportase Jurnalisme Gres (New Journalism)

Pengertian Reportase & Jurnalisme Baru (New Journalism) Reportase adalah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu  peristiwa atau insiden yang sedang berlangsung atau belum usang berlangsung untuk keperluan info di media massa. Untuk lebih detail nya yuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Reportase

Reportase adalah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu  peristiwa atau insiden yang sedang berlangsung atau belum usang berlangsung untuk keperluan info di media massa. Bersifat informasi aktual. Contoh reportase, yaitu info eksklusif wacana insiden musibah gempa jogja, atau  janjir di Jakarta.

karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu  Pengertian Reportase  Jurnalisme Baru (New Journalism)

Jurnalisme Baru (New Journalism)

Jurnalisme Baru (new journalism)  adalah semacam  berita  yang  dituliskan ke dalam bentuk novel atau dongeng pendek. Karena berbentuk cerita, unsur-unsur pembangun sebuah dongeng seperti, alur, tokohtokoh, latar, dan kon?ik, dipenuhi meskipun isinya merupakan fakta atau insiden yang sebenarnya.

Isi jurnalisme gres merupakan hal-hal insiden luar biasa  yang menghebohkan atau menggemparkan menyerupai kejahatan sadis, peperangan, dan musibah besar yang menarik perhatian masyarakat atau dunia.

Dalam jurnalisme baru, diungkapkan hal-hal dari insiden tersebut yang belum terungkap ialah pemberitaan media massa, menyerupai latar belakang, motif, tujuan, jalan pikiran, dan sebagainya.

Oleh alasannya itu, penulis jurnalisme gres harus berusaha mengumpulkan sebanyakbanyaknya data dari narasumber, tokoh yang terlibat atau para saksi dari insiden yang akan diungkapkan.

Contoh goresan pena jurnalisme baru, yaitu perang Vietnam, Perlharbour, In Cold Blood (peristiwa pembunuhan sadis�berdarah dingin�terhadap empat keluarga petani di Kansas Amerika Serikat), atau kisah Kusni Kasdut, penjahat besar di periode tahun 60-an di Indonesia, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan singkat wacana Reportase & Jurnalisme Baru (New Journalism). Semoga bermanfaat dan sanggup dijadikan pola dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Terima kasih.

Baca Juga : Pengertian Iklan, Ciri-ciri Bahasa Iklan & Contoh Iklan

Sumber : Bahasa Indonesia 3 Untuk SMK/MAK Semua Program Kejuruan Kelas XII
Sumber http://pustakauntuksemua.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Reportase Jurnalisme Gres (New Journalism)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel