iklan

Pengertian Data Science Dan Data Scientist

Apa itu Data Science? Menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka, pengertian data science ialah ilmu pengetahuan interdisiplin wacana metode komputasi untuk mendapat wawasan berharga yang sanggup ditindaklanjuti dari kumpulan data yang meliputi tiga fase yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data. Sebagai ilmu interdisiplin, data science memiliki definisi yang berbeda-beda dari akademisi maupun praktisi yang berkecimpung di dalamnya.

Artikel terkait: Pengertian Data Informasi dan Pengetahuan

Data Science di Kehidupan Nyata

Data science atau ilmu data merupakan ilmu terapan gres yang perkembangannya dituntut oleh meningkatnya penggunaan teknologi secara signifikan. Data science dipakai oleh perusahaan maupun instansi tertentu untuk melaksanakan analisis data yang tidak bisa dilakukan dengan metode sederhana. Misalkan marketplace Tokopedia memerlukan suatu pengetahuan yang sanggup melaksanakan analisis data penjual dan pembeli di platform mereka. Tentunya, data yang mereka punyai setiap detiknya terus berubah atau bertambah. Sehingga diharapkan suatu metode komputasi untuk mengambil data tersebut serta melaksanakan perhitungan yang sanggup menganalisis isu pada data tersebut. Disinilah tugas data science dalam pemenuhan kebutuhan suatu perusahaan atau instansi.

Seperti pemaparan sebelumnya, data science ialah ilmu interdisiplin yang berarti data science terbentuk dari banyak sekali ilmu pengetahuan. Menurut Staven Geringer Raleigh (2014), pembentuk data science atau ilmu data sanggup diilustrasikan dalam diagram venn berikut,

 Menurut Chikio Hayashi dari Institut Statistika Matematika Sakuragaoka Pengertian Data Science dan Data Scientist
Data Science Venn Diagram v2.0

Data science meliputi disiplin ilmu yang luas, menurut diagram diatas terdapat 3 disiplin ilmu yang fokus pada data science,

  1. Machine Learning

    Machine learning merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan ilmu komputer. Machine Learning ialah cabang dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan memperlihatkan kemampuan kepada komputer untuk sanggup melaksanakan proses belajar. Banyak algoritma machine learning yang dipakai untuk melaksanakan analisis data dengan tingkat akurasi yang tinggi, yang paling terkenal ialah neural network. Dimana kita ketahui mendasar sebuah algoritma selalu memakai ilmu matematika. Salah satu penerapannya ialah Cortana atau yang lebih dikenal sebagai ajun dari pengguna Windows 10 merupakan salah satu penerapan machine learning.

    Baca juga: Apa itu Machine Learning dan Cara Kerjanya

  2. Traditional Software

    Traditional software merupakan irisan dari ilmu komputer dengan SME (Subject Matter Expertise), SME ialah pengetahuan mengenai proses dari suatu bisnis atau instansi untuk beroperasi sehingga sanggup dibentuk (develop) suatu sistem yang sanggup membantu bisnis atau instansi tersebut. Penerapan traditional software hampir dipakai oleh seluruh instansi pemerintahan maupun bisnis, misalnya e-learning, e-library, online banking, Point of Sales (PoS), dan lain-lain.

  3. Traditional Research

    Traditional research merupakan irisan dari ilmu matematika dan statistika dengan SME (Subject Matter Expertise). Traditional research hampir dipakai banyak sekali perusahaan, instansi serta universitas. Penelitian-penelitian yang dilakukan umumnya memakai traditional research.

Dari ketiga bidang ilmu tersebut, terbentuklah data science sebagai disiplin ilmu gres yang sanggup memenuhi kebutuhan analisis data memakai kecerdasan komputer.


Apa itu Data Scientist?

Berdasarkan diagram, data science ialah ilmu yang memuat disiplin ilmu-ilmu tersebut. Dalam perkembangan selanjutnya, seseorang yang berkecimpung dalam ilmu ini disebut Data Scientist. Namun terdapat pertimbangan antara data scientist dan unicorn pada diagram diatas. Dalam kenyataannya sangat susah untuk mencari seseorang yang expert di semua ilmu tersebut. Dalam diagram, orang ini ialah definisi dari unicorn pada diagram diatas. Sehingga unicorn ialah orang yang perfect di bidang data science.

Untuk mempermudah mengenal siapa itu data scientist, didefinisikan pengertian data scientist ialah adalah “A data scientist is someone who is better at statistics than any software engineer and better at software engineering than any statistician” – www.masterdatascience.org


Hal tersebut mengakibatkan Advernesia sebagai situs penyedia tutorial software komputer tertarik untuk turut serta dan berusaha menyediakan isu mengenai perkembangan data science baik di Indonesia maupun luar negeri.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Data Science

Terima kasih telah membaca artikel “Pengertian Data Science dan Data Scientist“.


Haider, Murtaza. Getting Started with Data Science. United States: IBM Press.

Hayashi, Chikio. Data Science, Classification, and Related Methods. Japan: Springer.


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Data Science Dan Data Scientist"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel