iklan

Peluang Perjuangan Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha cafe sederhana menjadi pilihan sebab mempunyai prospek yang menjanjikan Peluang Usaha Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa UsahanyaUsaha cafe sederhana menjadi pilihan sebab mempunyai prospek yang menjanjikan. Lihat saja, betapa banyak anak muda (tak sedikit juga yang sudah tidak muda lagi) yang hobi nongkrong di cafe. Entah itu untuk mengisi kebutuhan perut, mengadakan pertemua bisnis, atau sekedar nongkrong sambil ngobrol ngalor ngidul.


Usaha cafe ini merupakan salah satu pandangan gres perjuangan kreatif dan jadi makin menarik jikalau Anda tahu selera anak muda yang menjadi sasaran market Anda. Mendesain konsep cafe ialah satu hal yang mengasyikan. Misal dalam menghias ruangan cafe, dan akomodasi apa saja yang harus Anda lengkapi untuk menciptakan cafe sesuai dengan konsep yang telah Anda desain. Desain cafe yang unik bisa mengundang konsumen untuk mengunjungi cafe Anda.


Kali ini secara khusus kita akan membahas mengenai perjuangan cafe sederhana, perhatikan kata sederhana dibelakang kata perjuangan cafe. Kenapa yang sederhana? Jelas,karena modal yang dibutuhkan untuk menciptakan cafe sederhana akan jauh lebih sedikit. Sementara potensi pasarnya sama. Makara perjuangan cafe sederhana ini akan sangat menguntungkan. Apalagi jikalau Anda juga memperhatikan tips membuka perjuangan cafe yang pernah menjadi pembahasan hangat di sini.


Namun demikian ada beberapa kendala dalam perjuangan cafe yang harus Anda waspadai. Hambatan utama, jikalau makanan yang sudah Anda masak, ternyata tidak habis terjual, apalagi bila makanan tersebut hanya bisa bertahan satu hari. Hal ini sanggup menciptakan perjuangan rugi semenjak dini. Untuk mengantisipasinya, buatlah asumsi yang realistis, pada awal perjuangan mungkin Anda masih belum mendapat banyak pelanggan. Makara masak seperlunya saja, jangan terlalu banyak menyimpan stock makanan jadi yang cepat kadaluwarsa. Berikut ini beberapa langkah penting dalam memulai perjuangan cafe sederhana.


Langkah Memulai dan Membuka Usaha Cafe Sederhana



  1. Persiapan Tempat. Lokasi memegang peranan penting dalam perjuangan cafe. Pilih lokasi yang strategis sesuai dengan sasaran market Anda. Tidak harus di tengah kota. Beberapa cafe dengan konsep unik sukses mendatangkan banyak konsumen meskipun lokasinya berada di pedesaan, jauh dari kota. Bahkan seringkali bisnis cafe unik ibarat itu justru yang dicari-cari oleh konsumen.

  2. Strategi Pemasaran dan Promosi. Anda harus mempunyai pangsa pasar tertentu yang spesifik, sehingga sanggup menyusun taktik pemasaran yang sempurna sasaran. Termasuk desain interior juga diubahsuaikan dengan taktik pemasaran dan sasaran market yang Anda bidik.

  3. Persiapan SDM. Sumber daya insan yang menjadi kunci dalam perjuangan cafe ialah juru masak, atau barista jikalau Anda menciptakan bisnis cafe kopi. Juru masak atau barista, selain berakal memasak atau meracik kopi, juga harus paham dengan konsep cafe Anda, mempunyai visi dan misi yang sama, sehingga gampang untuk diajak kerjasama. Selain itu Anda juga akan membutuhkan waiters yang jumlahnya menyesuaikan perkembangan usaha. Beri pelayanan yang memuaskan pada konsumen semoga mereka mereferensikan perjuangan cafe Anda pada orang lain. Buat SOP (Standart Operating Procedure) semoga karyawan sanggup melakukan kiprah sesuai dengan standar yang telah Anda memutuskan dan sanggup memuaskan konsumen sesuai impian Anda.

  4. Persiapan Waktu. Bisnis cafe sederhana merupakan satu jenis perjuangan yang membutuhkan banyak waktu. Mulai dari berbelanja materi baku, aktivitas memasak, sampai waktu buka (jam operasional) menunggu konsumen berdatangan. Namun Anda tidak harus mengerjakan semua pekerjaan tersebut sendiri. Saat perjuangan sudah mulai tumbuh, bertahap tugas-tugas tersebut sanggup Anda delegasikan pada orang lain.

  5. Persiapan Modal. Persiapan modal merupakan salah satu tahap penting pada tahap persiapan membuka perjuangan cafe. Hitung modal yang dibutuhkan untuk memulai perjuangan dengan cermat, tambahkan dana cadangan untuk operasional selama beberapa bulan, selama perjuangan belum mendatangkan banyak pelanggan, akan akan merugi terlebih dahulu. Karena itu, jangan memulai perjuangan cafe sebelum modal yang dibutuhkan terkumpul semuanya. Atau perjuangan Anda akan melarat lebih dini. Jika tidak punya modal yang cukup, Anda sanggup mengajukan tawaran perjuangan cafe dan menjalin kerjasama dengan investor.


Analisa Usaha Cafe Sederhana


Modal Awal



  • Renovasi Tempat: Rp 15.000.000,-

  • Peralatan Memasak: Rp 3.000.000,-

  • Meja dan Kursi: Rp 5.000.000,-

  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-

  • JUMLAH: Rp 23.000.000,-


Biaya Operasional



  • Sewa Tempat: Rp 1.000.000,-

  • Gaji 2 karyawan @Rp1.000.000: Rp 2.000.000,-

  • Bahan-bahan Masakan: Rp 7.000.000,-

  • Listrik dan Telepon: Rp 300.000,-

  • Marketing dan Promosi: Rp 500.000,-

  • Lain-Lain: Rp 500.000,-

  • JUMLAH: Rp 11.300.000,-


Omset/Pendapatan


Asumsi pelanggan 50 orang per hari dengan profit per orang Rp 10.000,-


= 50 orang x 30 hari x Rp 10.000


= Rp 15.000.000,-


Keuntungan/Laba Bersih


= Pendapatan- Biaya Operasional


= Rp 15.000.000 – Rp 11.300.000


= Rp 3.700.000,-


Break Even Point


= Modal Awal / Keuntungan


= Rp 23.000.000 / Rp 3.700.000


= 6,2 bulan = 187 hari


Semoga goresan pena ini sanggup menjadi rujukan bagi Anda yang ingin membuka perjuangan cafe sederhana. Angka-angka bertujuan untuk memperlihatkan gambaran, dimana angka tersebut sanggup berbeda tergantung pada lokasi dan angka yang ditulis merupakan harga pada ketika artike ini ditulis, jadi sanggup berubah sesuai dengan waktu.


sumber gambar perjuangan cafe sederhana: alexkontraktor.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Perjuangan Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa Usahanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel