iklan

Peluang Bisnis Rental Kendaraan Beroda Empat Lengkap Dengan Analisa Usaha

Bisnis rental kendaraan beroda empat melesat dengan pesat seiring dengan kebutuhan transportasi yang mening Peluang Bisnis Rental Mobil Lengkap Dengan Analisa UsahaBisnis rental kendaraan beroda empat melesat dengan pesat seiring dengan kebutuhan transportasi yang meningkat tajam. Transportasi diakui memegang peranan dalam aneka macam aktifitas manusia, mulai dari sekolah, bekerja, berbisnis, sampai wisata, dan aneka macam keperluan lainnya. Mobilitas ini membutuhkan kendaraan yang salah satunya sanggup didapatkan dengan cara rental mobil.


Apalagi kondisi angkutan umum di Indonesia yang masih jauh dari harapan. Kurang rapi dan kurang nyamannya angkutan umum di Indonesia membuka peluang bisnis rental kendaraan beroda empat semakin terbuka lebar. Meskipun tersedia beberapa jenis moda transportasi, namun rental kendaraan beroda empat tetap akan menjadi pilihan alasannya yaitu flexibilitasnya, kenyamanan, dan juga privacy-nya.


Beberapa jenis produk yang sanggup ditawarkan dalam bisnis rental mobil, meliputi:



  • Sewa kendaraan saja (lepas setir). Penyewa hanya menyewa unit kendaraan beroda empat saja. Keuntungaannya, Anda sebagai pengusaha tidak perlu menyediakan driver dan tidak dibebani dengan biaya overhead honor driver tiap bulannya. Sisi negatifnya, kendaraan lebih rawan hilang dibawa kabur penyewa. Untuk itu Anda harus tetapkan syarat sewa kendaraan yang lebih ketat untuk meminimalisir resiko tersebut.

  • Carter kendaraan. Jenis produk ini meliputi sewa mobil, driver, dan termasuk BBM. Sisi negatifnya, Anda harus menyediakan driver dan dibebani biaya honor driver tiap bulannya. Namun hal ini sanggup disiasati dengan memakai driver panggilan, sehingga Anda hanya akan membayar honor driver dikala ada job, kalau tidak ada job, Anda tidak kena biaya overhead honor driver. Keuntungan jenis produk carter kendaraan, yaitu lebih aman, resiko kendaraan beroda empat dibawa kabur penyewa lebih sedikit. Keuntungan lain, dari segi marketing, driver ini sanggup merangkap sebagai penunjuk jalan atau guide untuk tempat wisata. Ini sanggup menjadi keunggulan produk Anda untuk menarik calon konsumen.

  • Pick up atau antar jemput. Anda sanggup menyediakan layanan antar maupun jemput dari dan ke bandara, stasiun, terminal, atau ke tempat lain.


Pada dasarnya perjuangan rental kendaraan beroda empat ini cocok untuk dijalankan oleh siapa saja. Namun ada beberapa entitas yang lebih cocok untuk membangun perjuangan rental kendaraan beroda empat ini. Jika Anda merupakan pemilik dari salah satu perjuangan berikut ini, maka akan sangat cocok bagi Anda untuk juga membuatkan bisnis rental kendaraan beroda empat sebagai anak perjuangan atau perjuangan sampingan. Dan kalau Anda sudah mempunyai perjuangan rental mobil, maka Anda harus menjalin korelasi baik dengan entitas-entitas berikut ini:



  1. Tour and Travel

    Bisnis rental kendaraan beroda empat mempunyai korelasi yang sangat bersahabat dengan bisnis tour and travel. Sehingga apalabila Anda mempunyai perjuangan tour and travel atau Anda mempunyai korelasi dengan pengusaha tour and travel, maka bisnis rental kendaraan beroda empat merupakan pilihan yang cocok sebagai bisnis yang Anda tekuni.

  2. Hotel

    Tamu hotel seringkali membutuhkan jasa rental kendaraan beroda empat baik untuk menjemput dan mengantar dari dan ke bandara, stasiun, atau terminal, maupun untuk keperluan mobiltas mereka selama berada di kota tersebut.

  3. Event Organizer

    Event organizer membutuhkan kendaraan sebagai sarana mobilitas tamu dan tim. Bisnis rental kendaraan beroda empat merupakan sahabat baik bagi bisnis event organizer.

  4. Pemilik Kendaraan

    Jika Anda mempunyai kendaraan beroda empat yang jarang dipakai, kenapa tidak mencoba untuk terjun ke bisnis rental mobil?! Atau kalau Anda tidak ingin repot mengelola bisnis, Anda sanggup menitipkannya pada perjuangan rental kendaraan beroda empat yang sanggup Anda percaya.


Langkah dan Cara Memulai Bisnis Rental Mobil



  1. Menentukan spesialisasi jenis produk. Sebagaimana sudah saya utarakan di atas ada tiga jenis produk yang sanggup Anda layani, meskipun Anda sanggup meliputi ketiga jenis layanan tersebut, namun sebaiknya Anda konsentrasi pada salah satu, sebagai jenis produk pilihan utama.

  2. Menentukan spesialisasi kendaraan. Apakah Anda akan mengatakan rental kendaraan beroda empat keluarga, mini bis, atau bis besar.

  3. Mendapatkan kendaraan. Setelah memilih kedua hal tersebut, langkah selanjutnya yaitu mendapat kendaraan. Saya tulis mendapatkan, bukan membeli, alasannya yaitu Anda tidak harus membeli kendaraan untuk memulai perjuangan rental mobil. Cara pertama untuk mendapat kendaraan yaitu dengan membeli baik secara tunai maupun kredit. Saran saya jangan membeli terlalu banyak kendaraan pada tahap awal. Jika modal Anda minim, satu kendaraan sebagai tahap sudah cukup. Cara kedua untuk mendapat kendaraan yaitu dari investor, atau orang yang telah mempunyai kendaraan dan bersedia menitipkan kendaraannya untuk Anda kelola dalam bisnis rental mobil. Silakan baca artikel terkait berjudul Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil.

  4. Menentukan standar harga. Sebaiknya Anda melaksanakan survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasaran jasa rental kendaraan beroda empat di tempat Anda. Tentukan harga sesuai dengan harga pasaran.

  5. Siapkan kantor. Anda sanggup memulai perjuangan dari rumah Anda sendiri, atau menyewa tempat di pinggir jalan yang lebih strategis.

  6. Siapkan SDM. Anda tidak mengelola bisnis ini seorang diri, Anda akan membutuhkan karyawan yang sanggup membantu Anda mengerjakan bermacam tugas. Anda harus merinci tugas-tugas yang akan dikerjakan karyawan tersebut, kemudian cari karyawan sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.

  7. Siapkan SOP dan Pendukungnya. SOP (standard operating procedure), selain untuk memudahkan karyawan, SOP ini sangat berkhasiat untuk menjaga kualitas produk dan layanan Anda. Sedang yang saya maksud dengan pendukung dalam SOP ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan tata administrasi, ibarat nota-nota, stempel, tempat yang kondusif untuk menyimpan jaminan penyewa, dan lain sebagainya.

  8. Siapkan alat tempur marketing. Siapkan seni manajemen dan perlengkapan marketing, diantaranya spanduk, papan nama, brosur, website, dan anjuran kerjasama. Mengingat potensi bisnis rental kendaraan beroda empat yang menjanjikan, maka tak heran bila banyak pemain, yang menyebabkan persaingan di bisnis ini menjadi ketat. Karena itu Anda harus menyaipkan seni manajemen marketing yang jitu.


Analisa Usaha Rental Mobil


Modal Awal



  • Uang Muka 3 unit kendaraan beroda empat SUV @ Rp 20.000.000: Rp 60.000.000,-

  • Meja-Kursi dan ATK: Rp 2.000.000,-

  • Pembuatan Website: Rp 1.500.000,-

  • JUMLAH: Rp 63.500.000,-


Biaya Operasional



  • Angsuran 3 unit kendaraan beroda empat @ Rp 3.000.000: Rp 9.000.000,-

  • Gaji Karyawan: Rp 1.000.000,-

  • Perawatan 3 unit mobil: Rp 1.500.000,-

  • JUMLAH: Rp 11.500.000,-


Omset/Pendapatan


20 hari rental kendaraan beroda empat @ Rp 300.000,- per hari


20 hari x Rp 300.000 x 3 unit = Rp 18.000.000,-


Keuntungan


Rp 18.000.000 – Rp 11.500.000 = Rp 6.500.000,-


BEP


Rp 63.500.000 / Rp 6.500.000 = 9,77 bulan = 293 hari


Semoga uraian saya tersebut sanggup memberi citra mengenai peluang perjuangan rental mobil. Dan tentu saja saya harapkan bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis rental mobil.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Rental Kendaraan Beroda Empat Lengkap Dengan Analisa Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel