iklan

Mengenal 9 Elemen Penting Dalam Implementasi Model Bisnis Kanvas

Anda pernah dengar wacana model bisnis kanvas?


Kalau Anda pengusaha retail, mungkin mengenal bisnis model kanvas yaitu dengan cara memperlihatkan produk secara door to door eksklusif ke pengecer. Tetapi bukan itu yang akan kita bahas, tapi bagaimana menjalankan sebuah bisnis melalui elemen-elemen penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha. Kita akan berikan elemen-elemen penting dalam model bisnis kanvas.


Model bisnis kanvas merupakan administrasi seni administrasi bisnis yang diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder. Dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation, Alexander memaparkan sembilan elemen penting yang menjadi kesatuan dalam sebuah bisnis.


Ulasan wacana elemen-elemen penting dalam model bisnis kanvas berikut ini tentu akan menambah wawasan Anda seputar bisnis:


Customer Segments


Elemen yang satu ini penting untuk menentukan sasaran bisnis Anda. Satu brand bisnis sanggup saja mengeluarkan lebih dari satu produk atau jasa dengan sasaran yang berbeda. Bila Anda sudah menentukan segmen pasar yang menjadi target, Anda akan lebih gampang menyiapkan produk atau jasa yang sesuai dengan sasaran tersebut.


Value Proportions


Value proportions mengacu pada manfaat yang sanggup diperoleh pelanggan jikalau menentukan bisnis Anda. Semua bisnis yang sukses bertahan dan mengungguli persaingan pasar niscaya sanggup memetakan value proportions yang tepat. Karena semua bisnis harus berorientasi pada kebutuhan atau selera pelanggan.


Channels


Anda butuh channel yang sempurna untuk memberikan value proportions kepada customer segments yang Anda inginkan. Dahulu, channels identik dengan media cetak dan media elektronik. Namun, sekarang media umum juga wajib dimanfaatkan untuk mempopulerkan bisnis dan membentuk personal branding.


Revenue Streams


Aliran pendapatan bisnis patut dikelola secara cermat. Sebaiknya Anda tak hanya mengambil laba besar dari bisnis. Karena pendapatan bisnis juga wajib dialokasikan untuk proses produksi, penambahan modal, dan banyak sekali perbaikan lainnya. Revenue streams yang efisien akan mendukung proses perluasan bisnis secara maksimal.


Customer Relationship


Anda pernah dengar wacana model bisnis kanvas Mengenal 9 Elemen Penting dalam Implementasi Model Bisnis Kanvas


Jangan mengabaikan hubungan dengan para pelanggan bisnis Anda. Karena hubungan yang terjalin dengan baik sanggup menciptakan pelanggan menjadi lebih loyal. Tak ada bisnis yang berjalan sukses tanpa pertolongan pelanggan yang jumlahnya terus bertambah. Bukan tidak mungkin jikalau para pelanggan setia Anda sering merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang terdekat.


Key Activities


Jika ingin memberikan manfaat maksimal bagi para pelanggan, Anda juga wajib menentukan key activities yang tepat. Key activities bersifat dinamis sebab sanggup berubah mengikuti perkembangan tren maupun situasi bisnis.


Key Resources


Key resources bukan sekadar materi baku yang Anda gunakan untuk menciptakan produk. Lebih dari itu, aset dan Sumber Daya Manusia (SDM) bisnis Anda juga tergolong dalam key resources. Penataan key resources yang efektif akan mendukung kelancaran proses operasional bisnis Anda. Sehingga Anda tinggal memadukannya dengan penemuan dan seni administrasi promosi yang efektif.


Key Partnership


Tak ada bisnis sukses yang sanggup bangkit secara mandiri. Anda bukan hanya membutuhkan pelanggan, melainkan juga harus bekerja sama dengan pihak lain menyerupai supplier, distributor, dan tim promosi. Hubungan antara pihak yang terlibat dalam bisnis harus berlangsung interaktif. Supaya setiap gosip terbaru atau perubahan bisnis sanggup disikapi secara cermat.


Cost Structure


Elemen kesembilan yang melengkapi model bisnis kanvas yaitu pengelolaan pembiayaan bisnis. Pengelolaan biaya dalam bisnis wajib dilakukan secara transparan dan teliti. Supaya efisiensi bisnis sanggup menghasilkan laba maksimal. Salah satu cara pengelolaan biaya modern yang sanggup Anda wujudkan dalam bisnis yaitu penggunaan software pembukuan, dengan software pembukuan, Anda sanggup dengan gampang dalam mengelola biaya bisnis yang Anda keluarkan.


Sekarang, Anda sanggup mengandalkan Accurate Online untuk urusan pengelolaan biaya bisnis, mengelola stok bisnis, serta menghasilkan laporan keuangan. Tak hanya sanggup melaksanakan update laporan keuangan secara mudah, Accurate Online juga sanggup diintegrasikan dengan aplikasi lain menyerupai internet banking dan e-faktur pajak sehingga Anda sanggup dengan gampang mengisi laporan pajak dan tinggal Anda upload. Mengurus laporan keuangan jadi lebih cepat, praktis, dan akurat jikalau Anda mengandalkan Accurate Online.


Model bisnis kanvas yang terdiri dari sembilan elemen penting tersebut tentu tak sulit diimplementasikan pada bisnis Anda. Mari membenahi struktur bisnis Anda biar tak kalah saing dengan kompetitor lain di masa sekarang dan masa mendatang.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal 9 Elemen Penting Dalam Implementasi Model Bisnis Kanvas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel